Cat tembok sudah jadi syarat yang wajib dipikirin sebelum bikin rumah atau renovasi rumah. Biasanya sih yang dipikirin cuma seputar warna.

Warna apa ya yang kira-kira cocok sama bentuk bangunannya?

Kamar kita besok mau dicat warna apa?

Biasanya sih pertanyaannya gitu-gitu aja. Sekali-kali perlu dong dibicarakan tentang “Nanti tembok rumah kita mau dicat dengan gaya apa ya?” Nah, ternyata saat mengecat tembok ada juga lho gaya-gaya yang bisa kamu terapkan untuk rumah masa depan kamu. Yang dimaksud dengan gaya adalah tentang bagaimana teknik mengecatnya, lalu tekstur catnya akan dibikin seperti apa. Nah, daripada penasaran dengan gaya, mari kita tilik teknik-teknik mengecat tembok inspiratif biar rumah masa depan kamu lebih oke.

1. Kebayang nggak mengecat tembok dengan cara mengguyur tembok kamu dengan berbagai macam warna cat? Hasilnya seperti ini. Abstrak tapi cakep

hasil guyuran cat di tembok, abstrak tapi cakep via www.johncarne.co.uk

Nggak perlu bikin cat yang harus rata, komposisinya harus gini-gitu, kalau kamu bingung, lemparkan aja kaleng cat atau guyurkan begitu saja ke arah tembok kamu. Tentunya dengan berbagai warna cat, jangan putih doang. Hasilnya pasti cakep dan kalaupun ada yang mencoba teknik yang sama, hasilnya nggak akan pernah beda.

2. Bikin pattern atau pola saat mengecat tembok, sekarang sudah ada teknologi semacam ini. Kamu bikin berbagai pola untuk finishing tembok kamu agar lebih bergambar

Advertisement

roller cat berpola dan hasilnya via www.lushome.com

Bikin pola di tembok emang nggak gampang, perlu keahlian. Tapi, kalau nggak punya keahlian, bisa dong mengandalkan alat. Biar tembok kamu terlihat lebih bergambar, kamu bisa pakai alat semacam ini untuk mempermudah kamu mendapat pola bergambar. Daripada tembok kamu hanya polos-polos aja, pakai finishing semacam ini bikin tembok kamu lebih bercerita.

3. Mengecat tembok dengan kain atau gulungan kain bisa bikin tembok kamu makin kaya tekstur. Contohnya seperti ini nih …

memperoleh tekstur tembok dengan kain via www.socreativethings.com

Kebayang nggak, sebelum cat tembok mengering, pakai kain yang dibasahi untuk menghapus sebagian cat bisa bikin tekstur yang nggak kalah kelihatan mahal. Dengan menekan kain ke cat basah, kamu bisa dapat tekstur sesuai lipatan kainnya.

4. Biar tembokmu terlihat lebih artistik, bikin jejak kehidupan kamu, keluarga, dan teman-teman kamu dengan bikin cap tangan kalian di tembok

cap tangan kamu, keluarga, dan teman-teman kamu dalam rumahmu via pandce.proboards.com

Biar rumah kamu terasa lebih hidup, kamu bisa gunakan tangan kamu atau ajak orang-orang terdekatmu untuk bikin cap tangan mereka di tembok rumah kamu. Selain sebagai kenangan, tembok kamu bakal kelihatan lebih unik. Kalau kamu kangen, kamu bisa lihat telapak tangan orang-orang terdekatmu. Betewe, ada tapak kaki juga tuh di gambar.

5. Bikin stencil di tembok? Lumayan juga sih. Selain hasilnya pasti rapi, nggak perlu bayar pelukis handal

bikin stencil di tembok via www.socreativethings.com

Bikin pola-pola artistik nggak harus pakai tenaga ahli ataupun alat yang susah dicari. Bikin stencil aja di tembok kamu. Dijamin hasilnya nggak main-main, dan nggak kalah dibanding tenaga para ahli.

6. Pakai sikat yang dipipihkan bisa memperkaya tembokmu dengan tekstur yang bakal kerasa banget saat kamu menyentuhnya

kelihatan kan teksturnya? via www.diyadvice.com

Biasanya tembok kalau diraba rasanya halus, tapi dengan teknik ini, tembok kamu nggak bakal terasa datar. Hanya dengan berkali-kali menekan cat yang masih basah dengan sikat yang dipipihkan, kamu bisa dapat tekstur seperti di gambar.

7. Yang satu ini bukan tandanya males mengecat. Mengibaskan cat dengan kuas ke arah tembok bisa membuat tembokmu lebih bernilai seni

padahal cuma memercikkan cat dengan kuas, hasilnya jadi out of oridinary via www.artyculstudio.com

Kebayang nggak mengecat tembok tanpa menempelkan kuas ke tembok? Kamu bisa dapatkan tekstur tembok ini dengan mengibaskan kuas ke arah tembok. Hasilnya juga nggak kalah artistik. Kelihatannya mudah bukan? Tapi ternyata teknik ini butuh kesabaran, keahlian tangan, dan ketelitian. Namanya juga seni.

8. Kamu bisa bikin tekstur vertikal ini hanya dengan sapu ijuk yang sudah kamu punya di rumah, membuatnya lebih elegan

modal sapu doang nih, Bro and Bra via www.amazinginteriordesign.com

Sapi ijuk yang bentuknya aneh kayak gitu ternyata bisa menciptakan tekstur bergaris yang luar biasa megah. Saat cat masih basah, kamu bisa sapu tembok kamu secara vertikal seperti di gambar. Alhasil, kamu bakal merasa berada di hotel bintang sekian. Kamu juga bisa bikin garis horizontal, sesuai selera kamu.

9. Sebelum mengecat, lapisi dulu sebagian tembokmu dengan selotip, setelah kering, lepas, hasilnya gini deh …

Kelihatannya sih susah, padahal nggak juga sih. Daripada harus detail mengecat dengan pola garis-garis bertabrakan, kamu perlu coba teknik curang satu ini. Kamu hanya perlu menempelkan selotip dengan pola semau kamu sebelum mengecatnya. Kamu bisa kreasikan apakah mau membentuk garis lurus, zig-zag, meliuk-liuk atau apapun yang kamu mau. Setelah itu baru lakukan pengecatan.Setelah cat dirasa kering, coba deh kelupas semua selotipnya, hasilnya pasti wow!

Mau coba? Kenapa tidak?