Cegukan Saat Puasa? 6 Cara ini Bisa Mengatasinya tanpa Membuat Kamu Batal!

Cegukan saat puasa

Saat kamu mengalami cegukan, salah satu cara yang paling manjur untuk mengatasinya adalah dengan minum air. Fenomena ini bisa terjadi kapan saja, tanpa mengenal waktu dan tempat. Tentunya cegukan juga bisa muncul ketika kamu sedang menjalankan ibadah puasa. Sayangnya ketika kamu cegukan saat berpuasa, kamu nggak akan bisa mengatasinya dengan metode tradisional yang mengharuskan kamu untuk minum air.

Advertisement

Tapi jangan risau SoHip, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengalami cegukan saat puasa. Cara-cara ini bisa kamu lakukan tanpa membatalkan puasa karena nggak mengharuskan kamu memasukkan cairan atau makanan ke dalam mulut kamu seperti yang disarankan oleh metode-metode tradisional untuk mengatasi cegukan.

Kenapa ya orang-orang bisa cegukan saat puasa? Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Hayoo coba tebak, kira-kira hal apa yang menyebabkan kamu cegukan saat puasa? | Credit Ben White via unsplash.com

Cegukan adalah sebuah fenomena ketika otot diafragma mengalami kejang. Otot diafragma yang berkontraksi ini memaksa udara untuk masuk ke dalam tenggorokan. Udara yang dipaksa masuk ini akan terkena kotak suara dan membuat pita suara menutup, hal inilah yang menyebabkan cegukan terjadi dan mengeluarkan suara “hik”.

Ada banyak hal yang dapat membuat seseorang cegukan, tetapi cegukan saat puasa biasanya terjadi karena beberapa hal. Yang pertama adalah ketika kamu makan terlalu cepat saat sahur, makan terlalu kenyang saat sahur juga bisa menyebabkan cegukan saat puasa, meminum minuman bersoda juga dapat menyebabkan kejang otot perut yang berakibat pada cegukan, perubahan suhu secara mendadak dan terlalu banyak menelan udara juga bisa menjadi penyebab cegukan saat berpuasa.

Advertisement

Jika kamu mengalami cegukan saat berpuasa, kamu bisa memakai cara-cara ini tanpa takut membatalkan puasa yang sedang kamu jalani!

Salah satu cara untuk mengatasi cegukan adalah dengan minum air. Tetapi hal ini akan menjadi masalah ketika kamu mengalami cegukan saat p!asa. Tentunya ada hal yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan cegukan yang kamu alami ketika berpuasa tanpa harus minum air. Berikut ini adalah caranya:

1. Ambil napas dalam-dalam lalu tahan napas!

Mungkin kedengarannya seperti permainan bocah, tapi dengan manahan napas kamu bisa mengatasi cegukan saat puasa lho! | Credit: Greg Borenstein via www.flickr.com

Selain minum air, cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan saat puasa adalah dengan metode menahan nafas. Cara sederhana dan mudah ini menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi cegukan ketika kamu sedang nggak bisa minum karena berbagai hal atau alasan. Metode ini adalah salah satu cara yang populer dan manjur!

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika menggunakan metode ini adalah dengan menarik napas dalam-dalam, lalu tahan sekitar sepuluh detik, kemudian hembuskan napas tersebut pelan-pelan. Ulangi cara tadi sebanyak 3 atau 4 kali. Jika kamu masih mengalami cegukan, lakukan kembali cara di atas dengan selang waktu 20 menit agar kamu tidak sesak dan kekurangan oksigen.

2. Bernapas menggunakan alat bantu berupa kantong kertas atau plastik

Bernapas menggunakan bantuan kantung kertas atau plastik bisa membantu kamu untuk menghilangkan cegukan saat puasa | Credit: AndrewLozovyi via depositphotos.com

Metode bernapas dengan menggunakan kantong juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi cegukan saat puasa tanpa membuat kamu minum air. Metode ini sebenarnya sama dengan metode menahan napas, yaitu membuat badan kamu memproduksi dan menyerap sedikit karbon dioksida untuk membuat otot perut menjadi lemas dan menghentikan kontraksi.

Untuk melakukan metode ini, tutupi area mulut serta hidungmu dengan kantong, kemudian bernafaslah di dalam kantong tersebut selama beberapa detik. Dengan bernafas di dalam kantong, kamu akan mengumpulkan karbon dioksida yang nantinya akan kamu hirup kembali dan bisa berguna untuk melemaskan otot perut kamu.

3. Memijat ulu hati untuk membuat lemas otot perut

Letakkan tanga kamu seperti yang terlihat di gambar untuk melakukan pijatan pada ulu hati guna menghilangkan cegukan saat puasa | Credit: Jeanette.Dietl via depositphotos.com

Cara ketiga untuk mengatasi cegukan saat puasa adalah dengan melakukan pijatan pada area ulu hati. Cobalah pijat bagian atas perutmu dan otot diafragma yang berada di sekitar area tersebut. Berikanlah tekanan pada bagian tersebut dengan pijatan lembut selama 20 sampai 30 detik.

Dengan memberikan tekanan dan pijatan pada area tersebut, kamu akan membuat otot-otot perut serta diafragma yang tegang menjadi lebih rileks dan santai. Dengan begini kamu bisa mengehentikan cegukan yang kamu alami. Jika diperlukan kamu juga bisa mengaplikasikan pijatan ini sembari ditambah dengan minyak angin atau body lotion untuk memberikan efek wangi aroma terapi.

4. Kamu bisa mencoba untuk bernafas sambil memeluk lutut agar cegukan kamu berhenti

Bernapaslah dengan posisi meringkuk seperti gambar ini untuk meredakan cegukan saat puasa | Credit: Alex Green via www.pexels.com

Cara selanjutnya untuk memberhentikan cegukan saat puasa adalah dengan mengambil posisi duduk sambil memeluk lutut. Ambillah posisi duduk dengan kedua kaki menekuk ke atas, kemudian peluklah lutut kamu seperti posisi orang sedang meringkuk. Kemudian cobalah bernapas secara perlahan-lahan dalam posisi tersebut.

Dengan melakukan posisi ini, kamu akan menekan dan menahan otot perut serta diafragma yang berkontraksi. Hal ini mengakibatkan gerakan otot perut dan diafragma kamu menjadi terbatas atau terhalang. Jika dilakukan selama beberapa detik, otot yang terhalang gerakannya ini akan berhenti berkontraksi dengan sendirinya dan cegukan yang kamu alami akan hilang.

5. Memijat telapak tangan juga bisa jadi alternatif untuk membuat lemas otot perut

jika cegukan saat puasa dan nggak bisa minum, coba lakukan pijatan pada telapak tangan untuk meredakan syaraf yang menyebabkan cegukan | Credit: Conscious Design via unsplash.com

Memijat telapak tangan juga bisa kamu coba sebagai salah satu cara untuk menghentikan cegukan saat puasa tanpa harus minum. Cara ini akan membuat saraf yang mengontrol otot perut kamu mengirimkan sinyal kepada otot tersebut untuk lebih rileks dan menghentikan kontraksi yang menyebabkan cegukan.

Untuk melakukan metode ini, tekanlah area di antara jari telunjuk dan ibu jari. Berikan tekanan pada area tersebut hingga kamu merasakan sedikit sakit. Tekanlah dengan menggunakan ibu jari serta telunjuk tanga kamu yang satu lagi, lakukan hal ini beberapa kali hingga cegukan yang kamu rasakan hilang sepenuhnya.

6. Menarik Lidah bisa menjadi pilihan unik untuk mengatasi cegukan saat puasa

Cara ini adalah cara paling unik yang kamu bisa gunakan sebagai pengobatan untuk cegukan saat puasa! | Credit: Alena Darmel via www.pexels.com

Metode terakhir untuk menghentikan cegukan saat puasa ini seikit unik! Kamu nggak harus melakukan hal-hal yang repot, cukup tarik lidah kamu sampai keluar. Dengan begini kamu akan merangsang otot yang ada pada tenggorokan untuk berkontraksi. Kontraksi tenggorokan tersebut akan membuat kontraksi yang terjadi di perut kamu melemah dan berangsur menghilang.

Cara melakukan metode ini sangat mudah. Cucilah tangan kamu terlebih dahulu hingga bersih, bukalah mulutmu, lalu julurkan lidah kamu, setelah itu tariklah lidah tersebut ke arah depan sebanyak satu atau dua kali. Jangan terlalu semangat ya menariknya nanti malah lidah kamu yang sakit, tariklah dengan tenaga secukupnya ya SoHip!

Cara-cara diatas cukup ampuh kamu lakukan untuk mengatasi cegukan ketika puasa. Selain itu kamu juga nggak perlu takut puasa yang kamu jalani batal karena metode yang ada di atas nggak mengharuskan kamu untuk minum. Nah untuk mencegah terjadinya cegukan saat puasa, sebaiknya kamu tidak makan terlalu banyak dan cepat saat sahur atau minum minuman bersoda saat sahur ya! Semoga tipsnya membantu kamu SoHip!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE