Alis yang indah adalah idaman banyak cewek. Apalagi saat ini, di mana bentuk alis sudah makin beragam. Tahu sendiri ‘kan, kalau bentuk alis sangat bisa memengaruhi bentuk kecantikan wajah seseorang? Untuk itulah berbagai cara untuk menghias alis banyak dilakukan. Termasuk pakai pensil alis, sulam alis, dan berbagai cara lainnya.

Tapi, bagaimana kalau nasib sial sedang ingin dekat-dekat kamu? Seperti yang dialami Tylah Durie (16) yang mengalami ‘kecelakaan’ saat memakai pewarna rambut untuk alis dan bulu matanya. Harapan untuk memperoleh alis yang menawan sirna sudah saat 30 menit setelah pemakaian. Tylah merasa gatal di bagian alis dan bulu mata. Kedua bola matanya pun mengalami luka bakar yang cukup parah sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan. Saat terbangun keesokan harinya, ia merasa hampir buta karena mata yang sangat bengkak.

Dalam segala macam kemasan jenis pewarna untuk rambut, bulu mata maupun alis, sudah ada peringatan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu

Luka bakar :(

Luka bakar 🙁 via style.tribunnews.com

Advertisement

Peringatan untuk melakukan tes alergi sudah dipastikan selalu ada pada setiap produk pewarna. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika ternyata kulit pemakai alergi terhadap bahan pembuatnya. Walaupun kasus seperti ini memang jarang sekali terjadi, tapi himbauan dibuat bukanlah untuk dihiraukan. Nyatanya, Tylah Durie mengalami sendiri. Ia tak melakukan tes alergi lebih dulu dan langsung digunakan pada alis dan bulu matanya. Di luar dugaan, ternyata kulitnya tak cocok dengan pewarna alis dan bulu mata yang dibelinya.

Bukan alergi biasa. Jika tak segera ditangani, kasus seperti Tylah Durie ini dapat menyebabkan kebutaan bahkan kematian

Bisa menyebabkan kebutaan bahkan kematian

Bisa menyebabkan kebutaan bahkan kematian via lampung.tribunnews.com

Begitu merasa bahwa apa yang dialami sangat serius, Tylah kemudian dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis terkena alergi terhadap paraphenylenediamine (PPD), bahan kimia yang sering ditemukan dalam pewarna rambut dan tato henna warna gelap. Karena alergi tersebut, ia harus mengenakan sarung tangan untuk mengantisipasi apabila ia menyentuh sesuatu yang mengandung PPD lagi.

Alergi Tylah kini telah tertangani oleh dokter dengan baik. Ia pun harus melakukan pengecekan mata secara teratur untuk memonitor pengaruh dari sisa luka bakar yang ia alami. Dokter pun melarang Tylah untuk memakai pewarna lagi karena nantinya dapat memberikan efek lebih parah, seperti kebutaan dan bahkan kematian.

Tak harus dengan pewarna khusus, alismu bisa juga tampak menawan dengan beberapa tips ini

Cara natural

Cara natural via www.hipwee.com

Menggunakan brow powder bisa menjadi solusi jitu untuk memberikan warna pada alismu. Meski tak permanen, tentunya ini jauh lebih aman untuk terhindar dari alergi, ‘kan?

products_img_127

bedak alis via www.ardelllashes.com

Untuk memberikan kesan natural, pilih warna alis yang sesuai dengan warna rambut

mte1oda0otu3njgxmtu3njq1

sesuaikan dengan warna rambut via www.xovain.com

Kemiri juga bisa jadi cara tradisional yang ampuh untuk menebalkan dan menghitamkan alis serta mencegah alis dari kerontokan. Merawat alis pastinya akan lebih baik daripada sekadar memberikannya perlakuan dengan zat kimia

Atau, kamu bisa juga menggunakan eyeshadow dengan pilihan warna alis (cokelat/hitam)

maxresdefault

pakai eyeshadow via www.youtube.com

Advertisement

Paling baik adalah mensyukuri dengan apa yang sudah kita punya. Meski tak dipungkiri sebagai cewek ada kalanya kita membutuhkan alis yang lebih rapi dari biasanya. Namun perlu diingat untuk menjaga agar semuanya tetap pada koridornya. Memang ada istilah beauty is pain, tapi nggak mau ‘kan kalau cuma urusan alis sampai merasakan luka seperti Tylah Durie?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya