3 Contoh Doa Makan Kristen untuk Berbagai Acara

Simpel dan bermakna

SoHip, pernah kamu diminta membawakan doa sebelum makan di sebuah acara? Tidak perlu khawatir, karena kamu dapat memanjatkan doa makan Kristen sesuai dengan acara yang kamu hadiri tersebut. Pada dasarnya, berdoa sebelum makan adalah cara kamu bersyukur karena Tuhan sudah memberkatimu. 

Advertisement

Oleh sebab itu, ada banyak cara untuk memanjatkan doa makan Kristen orang dewasa, baik yang panjang maupun singkat. Namun, sebaiknya kamu memilih kata-kata yang baik, mudah dimengerti, dan tidak bertele-tele. Alhasil, doa kamu bisa blending dengan acara dan para tamu yang hadir. 

Inspirasi dan contoh doa makan berikut dapat kamu pertimbangkan ketika kamu mendapat kehormatan menaikkan doa sebelum makan. Yuk simak lengkapnya!

Doa makan bersama keluarga

Doa makan Kristen orang dewasa

Momen bersama keluarga / Credit by Pexels

“Bapa kami bersyukur dan terima kasih untuk setiap berkat yang Engkau karuniakan bagi kami hari ini. Sucikan dan kuduskan makanan yang terhidang sehingga dapat menguatkan dan menyehatkan jasmani kami.

Advertisement

Berkati saudara kami yang sudah berlelah-lelah dalam menyiapkan makanan ini. Berkati juga mereka yang kekurangan agar mereka juga dapat merasakan berkat jasmani dari Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Penebus dan Juruselamat kami, kami sudah berdoa dan bersyukur. Haleluya, Amin.” 

Berkumpul bersama teman

Doa makan Kristen pendek

Momen bersama teman / Credit by Pexels

“Kami bersyukur ya Bapa di Surga atas hidangan yang tersedia di hadapan kami. Sucikan makanan yang terhidang agar dapat memberkati kesehatan jasmani kami. Terima kasih untuk teman-teman terkasih yang sudah hadir. Biarlah Engkau senantiasa hadir dalam hidup kami agar kasihmu menuntun, menyatukan dan mengikat erat kami. Dalam nama Yesus kami sudah berdoa. Amin.” 

Dalam persekutuan doa

Kumpulan doa makan Kristen

Kumpulan doa / Credit by Pexels

Advertisement

“Syukur kami naikkan ke hadiratmu Bapa karena berkat, kasih setia, dan penyertaanmu di sepanjang hidup kami. Terima kasih untuk kesempatan yang indah ini karena kami dapat ber-fellowship dan bersekutu; memuji namaMu dan merenungkan firmanmu.

Saatnya bagi kami untuk menyantap berkat jasmani yang tersedia, berkati makanan ini agar dapat membuat tubuh jasmani kami kuat dan sehat. Berkati keluarga _________ yang sudah menyiapkannya. Kembalikan berkatmu berkali-kali lipat ya, Bapa sehingga namamu semakin dimuliakan dalam keluarga ini.

Terima kasih Bapa, kami siap menikmati hidangan lezat ini di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Haleluya, Amin.”

Karena doa adalah ucapan syukurmu kepada Tuhan, maka kamu bisa mengungkapkan doa kamu sesuai dengan apa yang ada di hati. Tidak ada salahnya jika kamu memilih doa makan Kristen pendek dan singkat yang penuh kuasa. Namun, kamu juga bisa memilih untuk menaikkan doa dengan struktur bahasa yang baik. 

Intinya, setiap doa makan Kristen yang kamu ucapkan tulus dan sungguh-sungguh dari dalam hati karena Tuhan sudah menyediakan yang terbaik bagi kamu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE