8 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri yang Aman Disebut saat Interview

Contoh kelebihan dan kekurangan diri

Siapa yang nggak grogi saat wawancara kerja? Dari fresh graduate sampai orang yang sudah berpengalaman, pasti tetap ada perasaan grogi saat akan wawancara kerja. Apalagi jika akan wawancara di perusahaan yang sudah lama kita impikan. Meskipun perasaan grogi tetap ada, kita bisa meyakinkan diri dengan mempersiapkan pertanyaan dan jawaban sebelumnya. Salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh rekruter adalah “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?”.

Advertisement

Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele, namun kita perlu hati-hati menjawabnya supaya tidak terkesan sombong atau justru terkesan tidak profesional. Untuk itu, kita perlu mengetahui contoh kelebihan dan kekurangan diri untuk interview. Berikut ini contoh deskripsi kelebihan dan kekurangan diri sendiri yang bisa kita sebutkan saat wawancara kerja.

Sebutkan kelebihan yang bermanfaat untuk pekerjaan, jangan sampai hiperbola

Sikap komunikatif membantu dalam pekerjaan | Photo by fauxels from Pexels

Cara menceritakan kelebihan dan kekurangan diri tentu perlu strategi tersendiri. Menjawab kelebihan dalam interview kerja misalnya, perlu disesuaikan dengan peran yang kita lamar. Kita perlu menunjukkan kelebihan yang relevan dan manfaatnya untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pekerjaan. Perlu digarisbawahi, saat menyebutkan kelebihan, jangan sampai kita terlalu hiperbola dan justru terkesan menyombongkan diri. Apa saja ya contoh kelebihan diri sendiri yang bisa disebut dalam wawancara kerja?

  1. Komunikatif
    Kemampuan berkomunikasi menjadi aspek yang penting dalam pekerjaan. Dengan komunikasi yang baik, hubungan antara rekan kerja bisa terjalin dengan baik dan koordinasi pekerjaan pun menjadi lancar. Saat interview, tunjukkan bahwa kamu bisa menggunakan kemampuan komunikasimu dengan baik. Kamu bisa mulai menjawabnya dengan mengatakan ‘contoh kelebihan dan kekurangan diri saya’, baru kemudian menyebutkan apa kelebihan dan kekuranganmu dengan gaya bercerita.
  2. Penuh motivasi
    Sikap penuh motivasi  dalam bekerja bisa meningkatkan semangat dalam bekerja, sehingga membuat produktivitas meningkat. Sifat ini bisa menunjukkan kalau kamu bisa terus memajukan diri dan juga bisa memajukan perusahaan tempat kamu bekerja.
  3. Dedikatif
    Kamu bisa menjawab bahwa kamu adalah orang yang berdedikasi pada pekerjaan dengan menjelaskan apa yang kamu maksud dengan dedikasi. Dedikasi yang diperlukan dalam pekerjaan berarti kamu siap mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan pekerjaan itu. Dengan sikap dedikasi para pekerjanya, target dan tujuan perusahaan akan mudah tercapai.
  4. Inisiatif
    Kemampuan inisiatif sangat penting dimiliki oleh orang yang bekerja. Inisiatif berarti melakukan sesuatu tanpa harus diberitahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan. Dengan kemampuan ini, kamu bisa terus berkembang dan memunculkan ide-ide yang bagus untuk perusahaan. Contoh cerita kelebihan dan kekurangan diri sendiri yang bisa menunjukkan sikap inisiatif adalah dengan bertanya tentang perusahaan yang kamu lamar.
Advertisement

Menjawab kekurangan dengan ekstra hati-hati, sebutkan kelemahan diri yang positif

Ekstra hati-hati sebutkan kekurangan diri | Photo by Laura Tancredi from Pexels

Menjawab kekurangan saat interview kerja perlu ekstra hati-hati. Kita perlu bersikap terbuka, jujur, solutif, dan inisiatif. Saat menyampaikan kelemahan diri dalam pekerjaan, sertakan dengan solusi dan tunjukkan sikap inisiatif kita untuk memperbaiki kelemahan itu. Contoh kekurangan dan cara mengatasinya ini bisa kamu sebutkan.

  1. Perfeksionis
    Sikap perfeksionis terkadang menjadi hambatan saat perlu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Untuk itu, kamu bisa menjelaskan bahwa dengan kekurangan itu, kamu menyadarinya dan bisa pelan-pelan memperbaikinya. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menanamkan mindset tidak ada pekerjaan yang sempurna.
  2. Belum memiliki pengalaman yang memadai
    Kekurangan ini biasa disampaikan, terutama oleh para fresh graduate. Untuk memperbaiki kelemahan ini, kamu perlu menunjukkan usaha yang sudah kamu lakukan untuk menunjang pekerjaanmu, misalnya mengikuti kursus atau seminar. Kamu juga perlu menegaskan keinginan untuk belajar di tempat kerja yang kamu tuju.
  3. Sulit menyeimbangkan work-life-balance
    Menghabiskan energi dan waktu untuk bekerja merupakan etos kerja yang baik. Namun, pekerja tetap memerlukan istirahat dan berlibur. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjelaskan kepada rekruter bagaimana usahamu menyeimbangkan antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi.
  4. Tidak sabaran
    Kita bisa mengubah kekurangan ini menjadi kelebihan dengan menggambarkan sisi positif dari tidak sabar. Meskipun tidak baik, kamu bisa menegaskan bahwa sikap ini muncul karena keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan ritme yang cepat. Untuk mengatasinya, kamu bisa berempati dengan partner kerja lainnya dan juga melihat perspektif dari sudut pandang mereka. Pada akhirnya, terciptalah solusi masalahnya.
Advertisement

Itu dia beberapa contoh cara menjawab interview kekurangan dan kelebihan diri sendiri yang bisa kita sebutkan saat interview kerja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri dalam wawancara organisasi. Namun perlu diingat bahwa saat menjawab interview, berikan contoh kelebihan dan kekurangan diri kamu sendiri yang bersifat personal, sehingga jawaban yang kamu berikan tidak terkesan hanya template saja.

Jangan bingung jika interview yang kamu ikuti ternyata dalam bahasa Inggris, ya. Kamu bisa melihat contoh kelebihan dan kekurangan diri di atas, kemudian mengubahnya dalam bahasa Inggris. Semoga membantu menemukan ide jawaban pertanyaan interview ya, Sohip. Sukses selalu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE