Setelah sukses keluar dari kehidupan sekolah atau kuliah, kamu pun mendapat kerja pertama dan mulai bisa lepas dari sokongan finansial orangtua. Meskipun gajimu belum bisa menyaingi mereka yang punya pangkat dan sudah belasan tahun kerja, kebebasan baru ini tetap bikin kamu merasa punya dunia. Kamu muda, masih belum punya tanggungan, (mudah-mudahan) berwajah ganteng, dan sekarang bisa punya uang.

Tapi tahu nggak kalau punya uang justru bisa jadi jebakan?

Advertisement

Yeah, terutama kalau kamu gak tahu cara yang tepat buat menghabiskannya. Jangan sampai kebebasanmu yang baru membuatmu kebablasan.

Terus gimana caranya biar kamu bisa lebih bijak soal uang? Pengeluaran yang mana yang wajar dan mana yang harus kamu tekan? Untuk menjawabnya, Hipwee sudah menyiapkan saran di bawah ini untukmu. Jangan sampai terjebak, hei cowok yang (baru) mapan!

1. Jangan pernah ragu mengeluarkan uang demi meneruskan pendidikan

Jangan bosan belajar

Jangan bosan belajar via www.thedigestonline.com

Ada kebenaran di balik setiap klise: pendidikan memang salah satu bentuk investasi yang penting. Mungkin sebelum mapan seperti ini kamu pernah merelakan pendidikanmu terbengkalai demi menjalankan usaha atau bekerja. Nah, mumpung kini kamu udah punya dana sendiri, gak ada salahnya kalau kamu melanjutkan pendidikan yang sempat kamu “pause”.

Advertisement

Bagi kamu yang udah punya gelar S-1, jangan cepat puas dengan titel sarjana. Putar otak demi bisa meraih gelar pascasarjana. Namun jika kamu gak terlalu tertarik dengan pendidikan formal, kamu bisa mencari ilmu di mana aja. Lewat buku, video, kursus atau belajar online. Pokoknya jangan pernah capek belajar, deh.

2. Hidup dan kerja itu harus seimbang. Sisihkan uang yang kamu cari buat traveling.

20-an dan traveling

20-an dan traveling via www.askmen.com

Pernah dengar ungkapan “Traveling is the only thing you buy that makes you richer” ? Jika kamu cowok mapan berusia 20-an, ada baiknya kamu percaya pada kutipan di atas. Semua hasil kerja kerasmu akan terasa setimpal dengan perjalanan yang kamu lalui. Pergi berkelana akan memperkaya pengetahuanmu, memperkaya pemahamanmu soal manusia dan kebudayaannya.

Kenapa sekarang? Karena traveling akan jadi lebih sulit dilakukan saat kamu udah tua, serta jauh lebih mahal saat kamu udah berkeluarga. Jadi mumpung masih muda dan punya kemampuan buat traveling, tunggu apa lagi? Pergi sekarang! You deserve it.

3. Habiskan jatah bersenang-senangmu untuk membeli pengalaman baru

Selama bareng teman..

Selama bareng teman.. via jonnymetbird.com

Sekali-kali gunakan uangmu untuk mencoba pengalaman baru bersama orang-orang yang dekat dengan kamu, agar pengalaman tersebut jadi tak terlupakan. Pengalaman yang Hipwee maksud termasuk, namun gak terbatas pada: menonton konser, cliff jumping, olah raga outdoor atau apapun yang bisa kamu anggap seru dan menyenangkan apabila dilakukan bersama teman dan/atau keluarga tercinta.

Intinya kamu harus bersenang-senang, karena sekarang kamu sudah mapan. Tinggal gimana caranya supaya caramu bersenang-senang itu juga bermanfaat buat kamu.

4. Jangan pernah malu menggunakan uang buat makan makanan enak

Gak usah itung-itungan kalau soal perut

Gak usah itung-itungan kalau soal perut via www.squarespace.com

Gak ada yang lebih nikmat daripada mengeluarkan sejumlah uang yang banyak untuk memenuhi nafsu makanmu. Jangan pernah menyesal membayar mahal untuk sajian makanan yang nikmat. Sama seperti traveling, kamu pantas menghadiahi dirimu dengan makanan yang enak dan mengenyangkan. Dengan catatan: seenak apapun makanannya, kamu harus tetap memperhatikan pengaruhnya terhadap kesehatan. Nah, ini membawa kita ke…

5. Demi hidup yang bahagia, kamu wajib menghabiskan uang untuk kesehatan dan kebugaran

Jaga kesehatan selagi muda

Jaga kesehatan selagi muda via www.livincool.com

Uang yang diinvestasikan ke dalam kesehatan tubuh pasti akan memberi hasil, dalam jangka pendek maupun panjang. Kalau kamu tipe orang yang malas berolahraga, ikutlah keanggotaan gym dengan membayar di muka sehingga kamu merasa rugi kalau luput latihan seminggu sekali. Memiliki perlengkapan, sepatu, dan pakaian olahraga yang ciamik ala atlet akan memotivasi kamu untuk rutin berolahraga. Mengeluarkan uang yang lebih untuk makanan-minum yang sehat disertai vitamin akan memberi kualitas pada kehidupanmu. Ingat, kamu sekarang sudah punya uang. Kualitas hidup harus ikut maju, dong.

6. Jangan hambur-hamburkan uangmu untuk membeli mobil baru

Jangan habisin buat yang baru

Jangan habisin buat yang baru via www.carcheckcanada.ca

Mobil belum bisa dikategorikan sebagai investasi jika hanya dipakai buat pamer atau mejeng. Begitu kamu membeli mobil baru, nilai kendaraan tersebut akan segera turun teratur. Jika kamu benar-benar butuh mobil, beli saja mobil bekas yang baru dipakai pemilik aslinya selama setahun. Kalau ogah beli bekas, mending kamu cari mobil yang modelnya sudah agak lama. Kamu bisa menghemat beberapa juta, dan mobilmu pun masih bakal punya interior yang beraroma ‘toko’.

7. Siapkan hari tuamu dengan berinvestasi mulai dari sekarang

Memulai bisnis

Memulai bisnis via www.askmen.com

Menabung uang di bank memang memberi rasa aman dan stabilitas. Namun demi masa tua yang terjamin, kamu harus berani mengubah uangmu menjadi aset. Jika modalnya udah cukup, mulailah usaha yang kamu impikan selama ini. Kalau merasa diri terlalu sibuk buat jadi entrepreneur, bermainlah di pasar saham dan reksadana. Dengan hati-hati, tentunya.

Di atas tadi adalah pos-pos yang seharusnya jadi tempatmu menghabiskan uangmu. Gimana, sudah tepatkah caramu menghabiskan uang?

Jangan pernah ‘silau’ dengan status mapan yang baru kamu sandang. Di usia 20-an yang sekarang, kamu harus tetap bersemangat dan ‘lapar’. Manfaatkan kesempatan ini gak hanya untuk menyimpan uang, tapi juga menambah jumlahnya sekalian!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya