Mie instan memang dikenal sebagai makanan terlezat, tapi juga cukup ditakuti karena alasan kurang sehat. Rasanya yang lembut dan kenyal mungkin menjadi alasan, kenapa orang-orang masih setia bahkan mengilai mie instan. Olahan dari tepung ini juga mudah ditemui di mana-mana, berikut kemudahannya untuk diolah menjadi berbagai masakan. Apakah kamu juga penggemar berat mie instan?

Uniknya, ternyata ada lho cara-cara gampang bikin mie sendiri, dan rasanya nggak kalah enak dengan mie instan. Apa saja sih kira-kira bahannya?

1. Nggak perlu ke resto Jepang atau Korea buat beli mie ramen, bisa bikin sendiri lebih keren!

Telurnya di taruh tengah ya guys via seriouseats.com

Mau bikin mie untuk ramen ala-ala Korea dan Jepang? Gampang banget kok caranya, cukup ikuti 7 langkah mudah ini!

Bahan:
3/4 cangkir tepung terigu
1 telur
3/4 sdt garam (atau sesuai selera)
1 sdm air (tergantung pada tepung dan kelembaban)

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan kering dan aduk dengan perlahan.
2. Uleni hingga adonan tidak lengket. Jika masih lengket kamu bisa menambahkan tepung.
3. Bentuk adonan jadi boal dan diamkan dalam kain basah selama 30 menit (agar mie bisa tipis).
4. Regangkan adonan dengan menggunakan roller (bisa dengan botol bekas) hingga ketebalannya 1 mm.
5. Taburkan tepung terigu di atas adonan yang sudah tipis dan lipat dua kali ke arah yang sama.
6. Potong serapi mungkin agar ukurannya sama.
7. Rebus air, setelah mendidih beri sedikit garam lalu campurkan mie yang sudah dipotong dan aduk menggunakan sumpit.

Advertisement

Rameeeeen via foodgawker.com

Setelah jadi mienya kamu bisa menyulapnya jadi ramen kayak gini 🙂

2. Buat kamu yang vegetarian sebaiknya emang nggak makan instan, mending bikin mie sendiri yang tanpa telur

bentuk sesukamu karena mie nggak harus panjang via hortuscuisine.com

Mie instan pasti mengandung bahan telur, jadi kamu yang vegetarian sebaiknya menghindarinya. Bisa banget kok bikin mie sendiri yang nggak pakai telor. Coba yuk!

Bahan:
2 cangkir tepung terigu
1 sdt garam
2 sdm minyak olive
1/2 – 3/4 cangkir air panas

Cara membuat:
1. Campurkan tepung dan garam dalam mangkuk adonan.
2. Tambahkan minyak olive di bagian tengah lalu tambahkan air panas.
3. Aduk dengan menggunakan garpu secara bertahap hingga merata.
4. Uleni selama 2-3 menit hingga adonan tidak lagi lengket. Kamu bisa menambahkan air atau tepung jika dibutuhkan.
5. Bentuk adonan menjadi bola dan bungkus dalam plastik selama 15 menit atau semalaman.
6. Regangkan adonan dengan roller dan potong menjadi bentuk yang kamu suka.
7. Rebus dalam air mendidih hingga mengambang.

Mie buat vegan via mayihavethatrecipe.com

BTW lebih murah juga ‘kan jadinya? Tampilan masakannya kalau udah jadi nggak akan kalah sama mie yang pakai telor bahannya. Sluuurrrrrp!

3. Biar nggak bosan pakai tepung terigu, kamu juga bisa bikin mie semacam kwetiau dan bihun pakai tepung beras

kwetiau homemade via tanpagluten.com

Buat kamu pecinta kwetiau dan bihun, sesekali harus coba bikin sendiri, ya! Dijamin lebih memuaskan daripada hanya membelinya.

Bahan:
4 cangkir tepung beras
3 1/2 cangkir air
3 sdm minyak bawang merah (atau minyak canola)
1 cangkir tepung tapioka

Cara membuat:

1. Kocok tepung beras dan air dalam wadah hingga merata. Tutup wadah dan biarkan terfermentasi sampai 4 hari.
2. Buang satu 1 1/2 cangkir air dari adonan tepung beras itu dan tambahkan 1/4 cangkir air segar. Aduk sampai rata.
3. Didihkan air yang sudah diberi garam sembari kamu menyiapkan adonan.
4. Panaskan minyak dalam panci dan tambahkan adonan. Kecilkan api. Aduk adonan menggunakan sendok kayu selama 5-8 menit.
5. Pindahkan adonan pada wadah dan campur dengan tepung tapioka. Aduk hingga kalis (boleh menggunakan mixer selama 10 menit).
6. Uleni adonan selama 5 menit. Regangkan dan potong.
7. Rebus mie selama 1-2 menit. Setelah diangkat masukkan dalam air es lalu tiriskan.

bihun udah mateng via relishingit.com

Makin enak kalau udah dimasak jadi kayak gini. Hmmm… yummy…. 🙂

4. Mie suun beda ya sama bihun, bahannya pun beda. Sebelum meraciknya, kamu harus siapin tepung pati kacang hijau dulu

Mie suun via cookingshooking.com

Siapa yang suka mie imut tipis ini? Suun dikenal gurih dan super enak dimasak dalam bentuk apapun. Apalagi kalau bisa bikin sendiri, dijamin makin enak deh!

Bahan:
2 cangkir pati kacang hijau
Garam

Cara membuat:
1. Campur tepung kacang hijau dengan 2 sdt garam dan 1 cangkir air.
2. Remas dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis dan merata. Kamu bisa menambahkan air atau tepung jika diperlukan.
3. Ratakan dengan tangan dan potong setipis mungkin.
4. Masukkan ke dalam air mendidih yang telah diberi garam dan masak selama 2 menit.
5. Gantung hingga kering. Kamu bisa menyimpannya di kulkas sampai kamu ingin memasaknya.

Enaknya suun via maangchi.com

Suunnya udah mateng siap dimasak dengan bumbu lezat lainnya 😀

Jadi, nggak cuma bisa makan sama menikmati mie saja, kamu pun harus bisa atau minimal paham bagaimana cara membuatnya. Hitung-hitung latihan jadi ibu rumah tangga yang baik lah ya…