Sama-sama Mi Putih, Tapi Bihun dan Soun itu Beda! Jangan Terkecoh, Kenali 5 Ciri Khasnya ini

Perbedaan bihun dan soun

Rasanya kurang lengkap kalau bakso nggak disajikan dengan mi putih. Ya, banyak yang menduga bahwa mi putih yang ada di bakso ialah bihun. Tapi ternyata nggak selalu gitu lo! Soalnya, beberapa penjual bakso kadang pakai soun sebagai mi putihnya. Bentuk dan warnanya memang hampir sama, tapi sebenarnya bihun dan soun merupakan mi yang berbeda.

Advertisement

Biar nggak salah sebut, ketahui perbedaan kedua mi putih ini. Sebab, masih banyak yang terkecoh karena nggak tahu.

1. Perbedaan mendasar antara bihun dengan soun terletak pada bahan bakunya

bahan membuat via nl.pinterest.com

Mulanya, bihun memang terbuat dari tepung beras dari Cina tapi sekarang banyak orang membuatnya dengan menggunakan tepung jagung. Berbeda dengan bihun, soun justru terbuat dari pati kacang hijau, kentang, dan bahkan singkong.

2. Bahan yang beda membuat rasa, tekstur, dan warna dua jenis mi ini juga nggak sama

rasa, tekstur, dan warna via my-best.id

Bihun cenderung memiliki warna yang lebih putih namun sedikit kusam. Kalau masih kering, biasanya bihun mudah sekali patah. Tapi setelah dimasak teksturnya akan berubah lebih kenyal, lembut, dan nggak mudah putus.

Advertisement

Sedangkan soun punya warna yang cenderung transparan, bahkan ketika dimasak pun ia mudah sekali putus. Nah, kalau dari segi rasa, bihun jauh lebih gurih daripada soun.

3. Waktu memasak bihun dan soun ternyata juga beda lo!

Sebelum dimasak, rendam kedua mi ini dalam air panas. Bihun bisa kamu rendam lebih singkat, yakni sekitar tiga sampai lima menit, sedangkan soun yang lebih kuat mesti direndam selama lima sampai 15 menit. Tapi, biasanya setelah direndam soun jadi lebih mudah lengket, apalagi kalau didiamkan dulu.

4. Baik bihun maupun soun memiliki kandungan gizi yang beda

kandungan gizi via www.bang-isman.com

Bihun mengandung 192 kalori di tiap 180 gramnya, juga 44 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, dan 33 mg natrium (garam). Sedang, di jumlah yang sama, soun mengandung 121 gram karbohidrat, 291 kalori, dan 14 mg natrium. Keduanya juga tinggi kandungan vitamin B kompleks dan mineral lo!

5. Biar awet, simpan bihun dan soun dengan cara yang beda, ya!

cara menyimpan via www.hipwee.com

Bihun yang sudah dimasak cuma tahan satu hari kalau disimpan di wadah terbuka. Tapi, kalau dimasukkan ke dalam kulkas bihun bisa tahan sampai 4-5 hari jika ditaruh dalam wadah kedap udara. Berbeda dengan bihun, soun justru harus disimpan pada keadaan kering. Soalnya, soun basah akan lengket dan nggak awet kalau disimpan.

Meski harga keduanya hampir sama, tapi bihun dan soun punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau bingung mau pilih yang mana, mending cek perbedaan di atas supaya bisa jadi bahan pertimbangan. Biar nggak galau lagi waktu nanya ke ibu-ibu di pasar, kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE