Ibarat kebutuhan primer lainnya, sandal jepit sudah jadi item khusus yang wajib kamu punya, bukan? Selain simpel, sandal jepit juga multifungsi yang bisa digunakan kapanpun di manapun. Tapi nggak di kondangan juga lho, ya!

Nah, jika kamu punya sandal jepit yang nggak terpakai karena bosan dengan tampilannya yang terlalu standar, Hipwee Tips punya solusi nih buat kamu. Kreasi mudah dan nggak merepotkan ini bakal merombak sandal jepitmu jadi lebih gaya. Cekidot!

1. Sandal jepitmu akan 10 kali lebih nyaman jika kamu mengganti pengaitnya dengan lilitan kain rajut elastis

jarimu bakal terlihat manis via cdn.diys.com

Nah, kamu hanya membutuhkan sepasang sandal jepit warna hitam, kain rajut elastis warna hitam juga, dan gunting. Untuk kainnya, kamu bisa menggunakan kain spandex yang melar, biar dipakainya juga nyaman. Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa lihat di tutorial berikut ini:

Mudah ‘kan?

2. Hanya dengan benang, kamu bisa mengulap sandal jepitmu jadi lebih catchy, apalagi ditambah dengan aksen rumbai yang simpel

Advertisement

lucunya sandal benang rumbai 🙂 via 4.bp.blogspot.com

Biar jauh dari kesan biasa dan nggak sedap dipandang mata, sudah saatnya kamu menyulap sandal jepit menjadi sandal yang lebih gaya. Gimana caranya? Yuk, simak!

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit
  • Benang warna-warni
  • Kertas karton
  • Gunting
  • Lem bakar

Cara berkreasi:

  1. Petama-tama buatlah rumbai terlebih dahulu. Potong selembar kertas karton dan lilit dengan benang (kertas karton hanya sebagai alat bantu). Potong bagian bawah benang, lalu ikat rumbai supaya menyatu. Kemudian simpulkan dengan benang yang panjang. Buatlah rumbai ini dengan beberapa warna, ya!
  2. Mulailah untuk melilitkan benang rumbai dengan mengoleskan lem terlebih dahulu ke tali sandalmu, jangan lupa selipkan rumbainya sembari melanjutkan melilit talu sandal.
  3. Ketika ingin mengganti warna benang, jangan lupa untuk menyimpulkannya dengan benang sebelumnya supaya lilitanmu tetap kuat.
  4. Lakukan sampai semua bagian tali sandal tertutup benang.

Jangan lupa untuk menambahkan lem pada lilitan terakhir supaya benang terlilit dengan kencang, ya!

3. Sandal jepit dengan hiasan payet berkilauan ini cocok banget buat hangout atau kencan. Kamu yang suka payet bakal terkesan

bling bling! via www.trinketsinbloom.com

Kalau harga sandal jepit di toko tergolong mahal, kamu bisa aplikasikan payetnya sendiri ke sandal jepit yang sudah kamu punya. Beginilah caranya…

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit
  • Tali pita, usahakan warnanya sama dengan sandal jepit
  • Payet
  • Jarum dan benang
  • Lem bakar

Cara berkreasi:

  1. Oleskan tali sandal dengan lem, lalu gulung dengan menggunakan tali pita hingga seluruh bagian tali sandal terbungkus rata.
  2. Untuk tatakan payet, lilitkan pita di bagian tengah tali sandal secara menyilang, hingga membentuk huruf V.
  3. Jahit payet di area tatakan tersebut dengan menggunakan benang, lakukan sampai area tatakan tertutup rata dengan payet.

Kamu perlu ketelitian dan kesabaran di sini, karena jika kamu terburu-buru maka pita akan meleset dan payet akan terlepas.

4. Akali tali sandalmu dengan membuat kepangan dari kain. How cute they are!

cuma dikepang aja via cdn.diys.com

Selain terlihat simpel dan elegan, sandal jepit dengan tali yang dikepang ini sangat lucu dan menarik untuk dipandang!

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit
  • Kain rajut elastis
  • Gunting

Cara berkreasi:

  1. Potong kedua tali sandal menggunakan gunting.
  2. Kikis karet tepat pada lubang belakang sandal, jangan terlalu dalam, area ini akan digunakan untuk mengikat kain kepang.
  3. Ukur kain memanjang, pastikan cukup untuk mengikat kakimu dari betis hingga jari. Kepang lalu ikat biar nggak berantakan.
  4. Lingkarkan kain kepangan mulai dari betis hingga sela antara jempol dan telunjuk kaki, jika sudah sesuai, masukkan kedua ujung kain kepang ke dalam lubang alas sandal bagian atas. Simpul keduanya, lalu rapikan dengan gunting.
  5. Ambil kain memanjang lainnya, kaitkan kain kepangan supaya menyatu, masukkan ujung kain ke masing-masing lubang kanan dan kiri sandal, lalu simpul dan rapikan.

Jika perlu, kamu bisa lem ketiga simpul kain yang dimasukkan ke dalam lubang sandal tadi, supaya nggak gampang lepas. Jadi deh, sandal kepang kecemu!

5. Manfaatkan balon karet untuk melengkapi kelucuan sandal jepit kreasimu. Tenang, yang ini anti air!

gemesin banget nih.. via i.ytimg.com

Untuk membuat kreasi sandal jepit dengan balon ini, kamu hanya membutuhkan sepasang sandal jepit dan balon karet warna-warni. Cara membuatnya mudah banget! Tinggal ikatkan balon warna-warnimu di sekeliling tali sandal hingga tertutup rapat. Dan.. sandal balonmu siap dipakai basah-basahaan. Sombong dong, anti air.. hehe.

6. Sandal jepitmu yang murah itu sekejap berubah jadi fancy dengan hiasan manik-manik. Kalau yang ini bisa banget dipakai kondangan

kondangan? siapa takut? via 1.bp.blogspot.com

Karena terhiasi oleh manik-manik, sandal jepit yang satu ini bisa banget kamu pakai ke acara-acara formal seperti kondangan atau pesta ulang tahun teman.

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit warna putih
  • Tali pita warna putih
  • Manik-manik berbagai ukuran
  • Kerang-kerangan
  • Lem bakar
  • Jarum dan benang

Cara berkreasi:

  1. Oleskan lem pada tali sandal, bungkus tali sandal dengan pita, mulai dari pangkal sampai kedua ujungnya. Pastikan nggak ada bagian dari tali sandal yang tidak terbalut pita.
  2. Rekatkan ujung-ujung pita dengan lem. Setelah itu balut lagi ujung tali sandal bagian tengah hingga membentuk huruf V. Jangan terlalu ketat agar tidak menyakiti sela-sela jari saat dipakai.
  3. Oleskan lem pada manik-manik, kemudian pasang manik-manik pada pita yang telah dibentuk huruf V tadi.
  4. Begitu lem kering, satukan manik-manik dengan menjahitnya. Flip-flops manik-manik siap mempercantik kaki.

Selesai….! Kamu sudah siap pergi kondangan dengan sandal jepit fancy!

7. Gladiator Style bisa dibuat dengan sandal jepit asalkan kamu pintar mengikat kain di area yang tepat

gladiator style via www.missbizibee.com

Sudah siap dengan gaya gladiator yang unik dan anti mainstream?

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit
  • Kain bermotif lucu
  • Gunting

Cara berkreasi:

  1. Potong tali kedua sandal jepit.
  2. Beri dua lubang tambahan persis di bawah kedua lubang bawah.
  3. Ambil dua helai kain memanjang, satukan ujungnya lalu masukkan ke dalam lubang bagian atas sandal. Gunakan ujung gunting atau pulpen untuk membantu.
  4. Kemudian masukkan kedua ujung lainnya di masing-masing lubang bagian bawah, lalu simpul.
  5. Masukkan sisa kain dari bawah ke atas, di masing-masing lubang yang kamu buat tadi.
  6. Masih ada sisa kain kan? ikatkan kaki bawah ke atas ya, bisa kamu silangkan untuk mempermanis tampilannya.

Sandal gladiator kamu siap untuk dipakai jalan-jalan. Jangan lupa rapikan benang-benang yang tersisa di guntingan kain ya, supaya lebih rapi.

8. Kamu bisa juga gunakan glitter untuk memberi kesan bling-bling pada sandal jepit sederhanamu, kayak gini..

apaan tuh nyala-nyala :p via fashionprovocateur.files.wordpress.com

Seperti kreasi lainnya, sandal jepit bling-bling satu ini juga sangat mudah dipraktekkan. Kamu hanya membutuhkan sepasang sandal jepit, lem dan glitter. Caranya, oleskan lem di sekitar tali sandalmu, lalu taburkan glitter hingga menutupi seluruh bagian tali. tunggu kering, lalu sandalmu siap pakai, deh.

9.  Untuk menampilkan kesan ‘lawas’, kamu bisa gunakan tali tambang sebagai pengait kakimu. Awas jangan sampai gatal, ya!

berasa di zaman batu, nih.. via www.missbizibee.com

  • Kamu hanya memerlukan sepasang sandal jepit dan tali tambang.
  • Potong tali sandal dan buat dua lubang tepat di bawah lubang bagian bawah.
  • Kaitkan tali tambang seukuran jempol, masukkan lubang atas lalu simpul bagian belakangnya.
  • Kaitkan dua tali tambang di bagian telapak kaki, lalu masukkan ke kedua lubang samping lalu simpul bagian belakangnya.

Selesai! Dengan sandal model seperti ini kamu bisa ikut parade ‘barang lawas’ hehehe.. Cukup keren, kan?

10. Lalu, kamu juga bisa sulap sandal jepitmu menjadi lebih girly dengan teknik criss cross sandal

yang ini juga lucu, kan? via cdn.diys.com

Yang jelas, kreasi yang satu ini memang jauh lebih cantik sih 🙂

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Kain dari kaos
  • Penggaris

Cara berkreasi:

  1. Potong kedua tali sandal.
  2. Potong 2 helai panjang kain. Masukkan ke dalam setiap lubang (yang sebelumnya memegang tali karet ) dan ikat menjadi simpul. Rekatkan dengan lem.
  3. Buatlah celah horizontal pada sisi setiap sol karet, sekitar 10 cm. Potong 2 strip kain yang berukuran lebih lebar untuk bagian depan. Ukur sesuai dengan ukuran kakimu.
  4. Gunakan penggaris untuk mengisi kain yang lebih lebar ke setiap sisi celah horizontal. Rekatkan dengan lem.
  5. Atur sandalmu agar diam di tempat dengan jepitan atau sesuatu yang berat selama 1 jam atau sampai mereka sepenuhnya kering.

tutorial singkatnya begini.. via bahasa.aquila-style.com

11. Bisa juga dihias dengan menggunakan kain perca yang dibentuk mirip kipas. Usahakan pilih warna-warna yang cerah

mirip kipas, ya! via 2.bp.blogspot.com

Bukannya lebay, desain sandal jepit menyerupai kipas ini justru lebih manis dan feminin ketika kamu kenakan.

Kamu membutuhkan:

  • Sepasang sandal jepit
  • Kain perca berwarna cerah dan berbahan tebal
  • Gunting

Cara berkreasi:

  1. Potong kain perca sepanjang telunjuk.
  2. Ikat dan simpulkan kain perca di tali bagian depan sampai tengah, rekatkan supaya rapih.

Nah, biar lebih menarik, cari warna sandal dan kain perca yang kontras, ya!

12. Atau, kamu bisa kok bikin sandal rumahan dengan menambahkan renda, kurang santai apa coba?

sekilas kaya daleman, ya! via www.trinketsinbloom.com

Nah, yang satu ini simpel banget bikinnya. Kamu cukup siapkan kain renda, lalu tempelkan pada tali sandalmu dengan menggunakan lem bakar. Dan.. jadi deh sandal rumahan kamu.

Gimana? Tertarik untuk mencoba kreasi sandal jepitnya? Yuk, kapan lagi punya sandal kece bikinan sendiri, murah di ongkos lagi 🙂