Bunga adalah lambang cinta.

Gak sedikit orang yang memanfaatkan bunga sebagai simbol rasa kasih sayang kepada orang yang dicintainya. Baik dalam bentuk setangkai, buket atau tanaman bunga segar. Dibandingkan memberikan bunga palsu, bunga asli yang masih segar justru lebih menyenangkan. Namun, biasanya kamu kurang perhatian dengan membiarkannya bunga yang kamu terima begitu saja di atas meja, hingga layu dan tak segar lagi.

Advertisement

Nah, sebagai rasa terima kasih, gak ada salahnya kamu coba manfaatkan bunga pemberian orang tercinta dengan cara yang benar. Tak melulu hanya diletakkan di vas bunga saja, cara-cara kreatif ini wajib kamu coba.

1. Bunga tak harus dipajang di atas meja, dibikin hiasan dinding justru bikin kamu makin betah di rumah.

Cara mengawetkan bunga dari pacar

Cara mengawetkan bunga dari pacar via v3.mercusuar.info

Gak sedikit orang yang hanya membiarkan bunga pemberian orang tercinta kering dan berakhir di tempat sampah. Dari pada layu tanpa kenangan, mengawetkannya menjadi penghias rumah justru membuat dia merasa senang dan puas telah memberimu bunga.

Caranya simple saja kok, kamu hanya perlu merentangkan tangkai bunga di dinding rumah dan menempelkannya dengan selotip transparan. Pastikan setiap tangkai tertata secara “berbaris” seperti tirai ya. Dengan cara ini, selain untuk mengenang pemberian orang, kamu juga bisa merasakan suasana asri dengan kehadiran hiasan dinding semacam ini. Gak heran, kamu juga pasti akan merasa betah seharian di rumah!

2. Kalau ingin menikmati sendiri bunga dari orang terkasih, pastikan kamu simpan dengan bak silika gel agar tetep segar sampai nanti.

Cara mengawetkan bunga dengan silika gel

Cara mengawetkan bunga dengan silika gel via kellyorzel.com

Advertisement

Bunga adalah salah satu tanda cinta. Agar cinta kalian tetap terjaga, simpanlah bunga pemberian orang tersayang dengan cara yang benar. Jika biasanya kamu membiarkannya dalam vas meja dan layu dalam hitungan hari. Sekarang kamu bisa mengawetkannya lebih lama lagi.

Pertama-tama masukkanlah silica gel pada wadah besar. Lalu masukkan bunga dan timbun secara merata agar silica gel bisa masuk ke sela-sela permukaan bunga. Lakukan dengan perlahan. Dan jangan lupa pilih silica gel yang halus ya. Kemudian tutup rapat dan simpan.

Kalau kamu masih tetap ingin memajangnya di vas, cukup simpan selama 3-5 hari. Setelah itu tatalah menata bunga keringmu di vas. Dengan cara ini, dijamin keindahan bunga tak lagi mudah pudar dalam waktu sekejap. Mudah ‘kan?

3. Keindahan bunga tak lengkap rasanya tanpa dedaunan yang mendampinginya. Jangan lupa jadikan tulang daun sebagai pajangan herbarium yang indah dipandang mata.

Cara mengawetkan daun

Cara mengawetkan daun via www.pinterest.com

Selama ini kita seringkali terpaku dengan keindahan bunga, padahal daun juga tak kalah menarik untuk dipajang lho. Sebelum kamu membiarkannya jadi kecoklatan, gak ada salahnya kamu coba bikin herbarium. Nah, agar lebih menarik, sisakan tulang daunnya saja.

Cara membuatnya cukup mudah kok. Pertama-tama, siapkan panci yang berisi 200 ml washing soda (atau kamu juga bisa gunakan baking soda) ke dalam 1 liter air. Lalu didihkan. Setelah itu, masukkan daun kedalamnya dan tetap biarkan mendidih selama 20 menit. Kemudian angkat dan bilas daun beberapa kali dengan air dingin. Lalu, bersihkan “daging” daun menggunakan kuas atau sikat dengan hati-hati. Jika kamu ingin warna yang lebih menarik, semprotkan cat. Nah, dengan menempelkannya pada bingkai figura, hadiah dari orang tercinta bisa awet dalam waktu lama.

4. Tak hanya pajangan, helaian daun bisa kamu kumpulkan jadi wadah antik yang hanya ada satu di dunia.

Kreasi cara memanfaatkan daun dan buket bunga pemeberian orang

Kreasi cara memanfaatkan daun dan buket bunga pemeberian orang via www.pinterest.com

Buket bunga pemberian orang tercinta tak melulu kudu dibuat pajangan kok, sekarang kamu juga bisa menyulapnya menjadi barang yang berguna, yaitu wadah. Gak cuma bisa untuk menyimpan kenangan, kreasi ini juga bisa membuat barang-barangmu tak lagi berantakan.

Siapkan balon, wadah mangkok sebagai patokan ukuran, kuas dari bahan foam, lalu lem mod podge. Pertama-tama tiup balon seukuran dengan diameter mangkok. Lalu lapisi setengah permukaan balon dengan lem. Kemudian tata daun diatasnya dengan rapi. Pastikan saling berhimpitan dan tak ada celah ya. Kemudian lapisi permukaan daun saja dengan lem lagi. Diamkan selama 2-3 jam hingga kering.

Setelah itu letuskan balon dengan jarum dan lepaskan dari permukaan daun. Lakukan secara hati-hati ya. Sim salabim, sekarang wadah unik nan nyentrik bisa kamu miliki.

5. Selain untuk menyimpan kenangan, kreasi kalung dari resin juga bisa membuat penampilanmu jadi lebih menawan.

Cara memanfaatkan bunga

Cara memanfaatkan dan mengawetkan bunga via www.aliexpress.com

Kamu mendapatkan kiriman bunga dari kekasih atau sahabat saat wisuda? Nah, sebelum bunga-bunga itu keburu layu, cobalah kamu bikin kreasi kalung dari resin yang gampang. Tak harus mengawetkan semuanya kok, cukup beberapa tangkai bunga saja sebagai simbolis kenangan itu pernah ada.

Yang kamu butuhkan untuk membuat kalung bunga, hanyalah resin, kalatis (bisa kamu beli di toko kimia), cetakan, dan pengait liontin. Langkah pertama, potong bunga yang kecil dengan rapi. Lalu campurkan cairan resin dan katalis dengan perbandingan 1:1. Aduk hingga rata dengan stick kayu kecil. Kemudian tuang ke dalam cetakan dan masukkan potongan bunga. Jangan lupa tancapkan lidi dibagian atas sebagai lubang pengait. Barulah diamkan selama 24 jam.

Setelah itu, pasangkan pengait liontin. Dengan langkah bunga dari orang tercinta akan awet sampai kamu tua dan penampilanmu dengan liontin resin juga terlihat lebih menawan. Menguntungkan ‘kan?

6. Kamu ingin tampil beda dengan gadget baru? Tata potongan kelopak bunga di belakang gadget case mu.

Gadget case bunga. Cara mengawetkan bunga

Gadget case bunga. Cara mengawetkan bunga via blog.etsy.com

Menyimpan kenangan sekaligus tampil gaya itu sgak mustahil kok. Selain membuat kalung, gelang atau perhiasaan dari bunga pemberian orang tercinta, sekarang gadget barumu juga bisa jadi media untuk menyimpannya. Caranya cukup mudah kok.

Pertama-tama, kamu pilih tempelkan potongan bunga kecil di belakang soft case yang datar menggunakan lem. Setelah itu, buatlah adonan resin dan katalis berbanding 1:1. Aduk rata. Kemudian gunakan stick es krim untuk melapisi permukaan bunga dengan resin. Jangan lupa bersihkan bagian pinggir dengan cotton bud ya. Diamkan beberapa jam, maka gadget barumu bisa tampil mewah dan tak ada duanya. Kamu berani coba?

Bunga adalah tanda cinta. Agar cinta tetap terjaga, gak ada salahnya kamu jaga agar bunga tak mudah layu begitu saja. Tak melulu kudu jadi hiasan diatas meja, dengan cara ini bunga-bunga itu justru lebih tahan lama dan berguna.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya