Bagi sebagian orang, laptop adalah barang berharga yang layak diperlakukan sebagai nyawa kedua. Dengan menggunakan laptop, tugas dan tanggung jawab bisa diselesaikan dengan lebih mudah di mana saja. Karena kepraktisan yang ditawarkan, menjaga laptop adalah keharusan — salah satunya dengan melindungi laptop menggunakan soft case agar tak mudah lecet.

Tak melulu harus beli di gerai aksesoris laptop kok, kamu bisa membuatnya sendiri agar terlihat lebih uni kdan berbeda dari yang lain. Nah, penasaran bagaimanya caranya? Berikut ini Hipwee berikan bocoran 5 langkah praktis untuk membuat soft case unik. Simak baik-baik ya.

1.Tanpa perlu repot-repot berburu soft case laptop elegan di toko terdekat, sekarang kamu bisa buat sendiri kulit sintesis polosan.

Bikin soft case laptop sendiri

Bikin soft case laptop sendiri via ohhappyday.com

Advertisement

Kamu ingin punya soft case laptop yang berbeda dari kebanyakan orang? Buat sendiri saja dari bahan leather polosan. Bahan dan caranya cukup mudah di ikuti kok.

Bahan yang dibutuhan :

  • Kain leather polosan
  • Paku keling
  • Paku atau rivet setter
  • Palu  dan
  • Gunting
Advertisement

Caranya, pertama-tama letakkan laptop diatas kain dan jiplak. Lalu buatlah pola memanjang misalnya 70 cm x 25 cm (untuk laptop ukuran 14 inci) dan gunting rapi. Setelah itu, kamu lipat dan buat lubang dibagian pinggirnya dengan paku dan palu. Kemudian pasang keling sebagai perekatnya. Jadi deh. Nah, mudah ‘kan? Sekarang soft case laptop unik bisa kamu buat sendiri di rumah. Selangkapnya, kamu bisa cari tahu di sini.

2. Demi nyawa kedua tetap ada kapan saja, buatlah laptop case dari kain lembut yang biasa digunakan sebagai karpet.

Bikin soft case laptop sendiri

Bikin soft case laptop sendiri via ohsolovelyvintage.blogspot.com

Laptop itu layaknya nyawa kedua, apalagi jika kamu mahasiswa atau bekerja menggunakan media ini. Nah, agar nyawamu tetap ada dan baik-baik saja, maka menggunakan soft case adalah kewajibab agar laptopmu tak mudah lecet atau terbentur. Tak melulu harus beli di toko kok, sekarang kamu bisa bikin sendiri dengan memanfaatkan kain karpet lho.

Pertama-tama kamu buat pola seperti ini, dengan ukuran 35 cm x 42 cm untuk laptop berukuran 14 inci. Lalu buatlah pola bergelombang di salah satu sisinya sebagai tutup soft case. Kemudian lipat sesuai ukuran laptop dan jahit rapi bagian pinggirnya. Nah, agar tutup tidak mudah lepas, kamu bisa pasang dua kancing – pada bagian penutup dan badann soft case- dan gunakan benang wool sebagai pengikatnya. Simsalabim, soft case  yang tiada duanya bisa kamu buat sendiri.

3. Mencari laptop case berbentuk amplop bukanlah hal yang mudah. Tapi tenang, hanya bermodal kain dan benang, kamu bisa membuatnya sendiri rumah.

Bikin soft case laptop sendiri

Bikin soft case laptop sendiri via acupofsparkle.blogspot.com

Kamu mengidam-idamkan laptop case  berbentuk amplop yang unik? Daripada pusing mencari di semua toko, jauh lebih mudah menyenangkan jika kamu membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya juga gak susah kok.

Bahan yang kamu butuhkan :

  • Bahan creme leather
  • Gunting
  • Benang suede
  • Alat pelubang

Cara membuatnya mudah kok, pertama-tama buatlah pola soft case di atas kain dengan ukuran 34 cm x 32 cm. Lalu gunting dan lipat sesuai seperti bentuk amplop. Jangan lupa sisakan untuk tutup ya. Kemudian buat beberapa lubang dengan alat di bagian pinggir badan soft case. Pasang benang suede sebagai perekatnya. Lalu tempelkan sisa kain berbentuk bulat yang ditumpuk-tumpuk sebagai hiasan. Jadi deh, mudah ‘kan? Tanpa harus punya skill menjahit, soft case lucu juga bisa kamu bikin sendiri.

4. Tak bisa menjahit bukan alasan untuk menyerah buat laptop case sendiri — karena lem kain juga bisa jadi solusi.

Bikin softcase laptop sendiri

Bikin softcase laptop sendiri via ispydiy.com

Kamu gak bisa menjahit? Tenang, bikin laptop case itu gak melulu harus menggunakan benang sebagai perekat kok. Kamu juga bisa mengandalkan lem kain.  Penasaran? Berikut ini cara kerjanya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Pensil
  • Lem kain
  • Kain kanvas bermotif
  • Kain felt atau flanel
  • Pita
  • Buckle atau kepala gesper

Pertama-tama kamu buat pola di atas kain kanvas seperti pola membuat amplop ini. Setelah itu lapisi dengan kain felt agar lebih tebal. Lipat bagian pinggir dan gunakan lem agar lebih rapi.

Letakkan laptop di bagian tengah dan lipat kain layaknya amplop. Nah, agar tak mudah lepas dan terlihat lebih manis, tempelkan pita pada soft case bagian belakang, lalu tambahkan buckle agar mudah dibuka. Mudah ‘kan? Tanpa benang dan jahit menjahit, soft case unik bisa kamu buat sendiri.

5. Selain bikin laptopmu aman dari goresan, soft case dari kulit sintetis berwarna kecoklatan bikin gadgetmu lebih eksklusif.

Bikin soft case laptop sendiri

Bikin soft case laptop sendiri via sweet-verbena.blogspot.sg

Agar laptopmu terlihat lebih eksklusif, maka soft case dari kulit yang berwarna kecoklatan bisa jadi solusi. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, bikin sendiri bisa lebih hemat. Caranya membuatnya mudah kok,

Bahan yang dibutuhkan :

  • Kain kulit sintetis
  • Kain flanel
  • Lem kain
  • Benang rajut berwarna kuning
  • Jarum
  • Kancing batok

Langkahny cukup mudah, buat pola kantong laptop yang sesuai ukuran, misalnya 40 cm x 40 cm (untuk laptop 14 inci). Pastikan ukuran yang dibuat lebih 2 cm dari ukuran laptop yang sebenarnya ya.

Setelah itu, tempelkan kain flanel sebagai lapisan dalam. Kemudian jahit bagian atas laptop dengan jahit dengan pola blanket stitch.

Jahit jelujur seperti biasa untuk bagian kanan dan kiri. Nah, agar gak mudah lepas, pasang kancing dan sisa kain kulit. Jadi deh. Soft case kulit nan eksklusif tak mustahil lagi untuk dibuat sendiri. Jika ingin tahu lebih detail, kamu bisa lihat di sini.

Jika kamu ingin laptopmu lebih awet dan terhindar dari lecet, maka kamu harus menggunakan soft case setiap hari. Agar soft casemu terlihat lebih eksklusif dan berbeda dari lainnya, 5 tutorial ini bisa kamu ikuti.

Selamat mencoba! Kabari Hipwee ya kalau berhasil!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya