Logikanya, kamu akan tambah PD untuk memantaskan diri dan  mencari jodoh kalau mukamu itu bersih dan terawat. Iya nggak?

Siapa sih yang nggak pengen punya wajah mulus, bersih dan nggak jadi ‘sarang’ jerawat? Ya, semua orang pasti menginginkannya demikian. Apalagi jika membahas soal jerawat, atau akibat jika mukamu itu jarang dirawat. Berbagai cara mungkin sudah ditempuh, demi mendapatkan tipe wajah tak bermasalah. Karenanya, cara-cara instan dan konyol pun otomatis dijalankan.

Tapi kini, sudah saatnya kita sadar dan berpikir logis. Bukan hanya seberapa cepat kita menghilangkannya tapi juga bagaimana mencegah jerawat agar tidak muncul lagi di wajah bersihmu. Gimana ya caranya?

1. Jangan sekali-kali percaya cara menghilangkan jerawat dengan instan, sulitnya sama kayak ngelupain mantan

Nggak ada yang instan via bustle.com

INGAT! Tidak ada cara ajaib atau satu langkah cepat untuk menghilangkan jerawat.

Advertisement

Cara instan tak mungkin dapat menghilangkan jerawat secara sempurna. Namanya juga cara cepat, hasilnya nggak mungkin hebat. Kalau kamu berniat ingin menghilangkannya secara permanen, sebaiknya kamu jangan lagi tergoda menggunakan cara instan. Nikmatilah proses dan hasil yang tak mengkhianati usaha.

Kamu bisa mengatur dulu pola hidupmu sehari-hari. Rajin membersihkan muka dan nggak makan atau minum sembarangan, misalnya.

2. Meski prosesnya cukup lama, untuk menghilangkan jerawat sebenarnya cukup hanya dengan dua cara

Olahraga salah satunya via lookfordiagnosis.com

Proses untuk menghilangkan jerawat secara benar dan sempurna mungkin tak mudah. Tapi sebenarnya hanya ada dua cara saja lho yang harus kamu lakukan. Pertama kamu harus memperbaiki kondisi hormon dalam tubuhmu dengan melakukan aktivitas yang menyehatkan. Kedua, kamu harus memperbaiki pola makanmu.

Mulai sekarang kamu harus rajin makan ikan, sayuran, dan makanan yang mengandung lemak baik, probiotik, vitamin A, protein dan zinc.

3. Selain berfokus pada makanan sehat yang harus kamu makan, jangan lupakan makanan mana saja yang harus kamu abaikan

Selektif memilih makanan via wellsquad.wordpress.com

Selain memperbaiki pola makan dengan makan makanan yang menyehatkan, kamu juga harus memperhatikan beberapa makanan yang jadi pantangan. Cukup banyak sih, jadi sabar-sabar aja.

Sebaiknya, JANGAN DIKONSUMSI makanan ini: produk susu, gula, alkohol, gluten, oat, kacang-kacangan, dan makanan berlemak seperti gorengan, keripik dan kue-kue dengan mentega.

4. Pesona kosmetik memang tak terkalahkan, tapi jangan lupakan perawatan alami yang akan menyeimbangkan

Jangan sering pakai kosmetik via today.com

Di satu sisi, kosmetik dapat menyamarkan jerawatmu dan wajahmu bisa terlihat mulus untuk sementara waktu. Sementara itu di sisi lain, kosmetik juga akan memperburuk kondisi kulitmu dan menyebabkan jerawat makin betah. Lebih baik kamu coba perawatan-perawatan alami aja.

Bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat: kayu manis dan madu, lemon, teh hijau, kulit jeruk.

Baca juga: 6 Racikan Alami Pembasmi Jerawat. Tanpa Krim Macam-macam, Wajahmu Pasti Terawat

5. Semua usahamu akan percuma kalau hanya mencobanya sekali saja, yang penting itu konsisten tanpa jeda

Harus rutin merawatnya via howacnewash.com

Apapun cara yang kamu pilih untuk menghilankan jerawat, yang penting itu seberapa rutin dan konsisten kamu menjalaninya. Jangan sampai kamu angin-anginan melakukannya alias kalau niat doang baru dijalanin. Berikut ada trik mudah agar kamu tetap konsisten pada setiap tahapan penyembuhan jerawat :

  • catat kandungan bahan-bahan apa saja yang membuatmu alergi. Ini akan memudahkan pencarianmu terhadap produk apa saja yang akan dipakai
  • tanamkan pada dirimu; mencuci muka 2-3 kali sehari itu perlu!
  • hitung-hitung porsi makanmu dalam seminggu; sudah berapa kali makan seafood, junk food, minuman bersoda atau camilan-camilan kecil seperti keripik dan kue-kue
  • kalau sudah cocok pakai produk atau bahan alami A, jangan berniat untuk menggantinya. Ini bisa bahaya, jerawat bisa datang kapan saja

Tidak sesulit yang dibayangkan kok, girls. Asal kamu punya niat sungguh-sungguh, semanya takkan mustahil lagi!

Kalau jerawat sudah hilang, apapun akan bisa kamu lakukan. Bagi yang belum punya jodoh mungkin akan disegerakan. Bagi yang sudah akan menikah pasti akan semakin dilancarkan prosesnya. :)) Yuk aminkan bersama…