Sebagai orang Indonesia, kamu pasti pernah menyantap mie instan, ‘kan? Baik yang goreng ataupun yang rebus, hampir seluruh variasi rasanya mungkin pernah kamu cicipi. Tapi, pernah nggak sih berharap bisa menyantap mie instan sesuai dengan gambar di bungkusnya?

Harapan itu nggak salah, kok. Menyantap mie instan sesuai dengan saran penyajian memang lebih banyak memiliki nilai gizi. Penampilannya juga cantik, membuat kita semangat dan juga merasa sayang untuk menyantapnya. Ingin mencobanya? Nih, Hipwee kasih tahu resep rahasianya!

1. Ditambah Telur dan Tumisan Ayam, Mie Kuah Rasa Soto Mie yang Sempurna Bisa Kamu Dapatkan

Rasa soto mie

Rasa soto mie via www.santaisantaijapan.com

Advertisement

Mie kuah dengan rasa soto mie adalah salah satu rasa yang diproduksi sejak awal. Mengadaptasi dari cita rasa soto mie khas Bogor, rasa ini langsung menjadi favorit dan legendaris sampai saat ini.

Untuk bisa menyantapnya sesuai saran penyajian, bahan-bahan ini yang kamu butuhkan:

  • Mie instan rasa soto mie
  • 1 butir telur, rebus dan belah menjadi 2
  • 1 buah tomat
  • Daun bawang secukupnya
  • ½ buah jeruk nipis
  • 2 cabai rawit merah, potong bulat tipis-tipis

Untuk tumisan ayam

  • 100 gram dada ayam, potong dadu
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 butir bawang merah, iris bulat
  • 2 cabai merah keriting
  • 1 gelas air
  • Kecap, garam, gula, dan saus tiram secukupnya
Advertisement

Pertama, kamu perlu untuk membuat tumisan ayam seperti yang ada di bungkus. Cara membuatnya:

  • Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai sampai harum.
  • Masukkan dada ayam. Aduk-aduk sampai rata.
  • Tambahkan kecap, garam, gula, dan saus tiram sesuai selera. Aduk rata. Tambahkan 1 gelas air, aduk-aduk, dan biarkan sampai airnya asat (terserap dan tinggal sedikit).

Setelah tumisan ayamnya matang, sisihkan sampai suhunya menurun. Sambil menunggu, rebuslah mie instan sesuai petunjuk sampai matang. Tuangkan ke dalam mangkuk, lalu hias deh mie kuah itu sesuai dengan apa yang ada di bungkusnya. Lebih bagus lagi kalau kamu punya mangkuk yang warnanya hitam juga. Biar semakin persis! Hehehe.

2. Kuah Kental + Kari Ayam Asli = Nggak Bisa Berhenti Makan Mi Kuah Rasa Kari Ayam

Mie kuah rasa kari ayam

Mie kuah rasa kari ayam via pisaudeadline.blogspot.com

Nggak hanya rasa soto mie, kari ayam juga merupakan salah satu rasa mie kuah yang paling digemari. Kuahnya yang kental itu, lho, selalu bikin kita ingin menyantapnya terus tanpa henti. Kebayang nggak kalau kita menyantapnya sesuai saran penyajian? Lezatnya pasti bisa kebawa sampai mimpi.

Untuk membuatnya jadi persis seperti bungkus, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan ini:

  • Mie instan rasa kari ayam
  • 1 butir telur, rebus dan belah jadi 2
  • 1 buah tomat
  • ¼ buah wortel, potong dadu dan rebus
  • ¼ buah kentang, potong dadu dan goreng
  • 1 buah cabai merah keriting, iris bulat tipis-tipis
  • 2 lembar daun jeruk

Untuk kari ayam

  • Paha bawah ayam secukupnya
  • 750 ml air
  • 250 ml santan
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun jeruk
  • 4 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 3 cabai merah besar
  • 4 butir kemiri dan 2 cm kunyit
  • Garam, merica, dan gula secukupnya

Banyak, ‘kan? Membuatnya juga cukup rumit. Jadi, Hipwee sarankan, kamu beli kari ayam di warung masakan Padang saja. Pilih yang bagian paha bawah dan bayar deh 6.000 rupiah. Hehehe.

Langkah selanjutnya, rebuslah mie instan sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Sambil menunggu matang, siapkan bahan-bahan pelengkap dan garnish yang dibutuhkan. Belah telur rebus menjadi 2, iris bulat tipis cabai merah keriting, dan memotong dadu kentang goreng juga wortel rebus. Kemudian, tuang mie yang telah matang ke dalam mangkuk dan hiaslah secantik serta semirip mungkin dengan bungkusnya.

3. Cuma Perlu Telur dan Nugget Ayam, Mie Goreng Pedasmu Jadi Sesuai Dengan Saran Penyajian

Mie goreng pedas

Mie goreng pedas via husnimuarif.wordpress.com

Dibandingkan dengan mie goreng biasa, mie goreng rasa pedas ini memang belum terlalu banyak penggemarnya. Merk yang menyediakan rasanya pun baru ada 1 saja. Tapi, rasa ini cocok banget untuk kamu yang memang penggemar pedas dan cabai sejati.

Menyajikannya supaya serupa dengan yang ada di bungkus nggak terlalu sulit, kok. Bahkan tergolong cukup mudah. Ini bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Mie goreng pedas
  • Acar timun dan bawang; kamu bisa beli di warung makan
  • 2 cabai rawit merah, iris serong tipis
  • 1 cabai merah keriting, iris bulat tipis
  • 3 buah jamur kancing, potong memanjang dan rebus
  • 2 lembar daun selada, cuci bersih
  • 1 butir telur
  • 2 buah nugget ayam

Cara membuatnya:

  • Rebuslah mie sesuai dengan petunjuk sampai matang. Tiriskan dan campur dengan bumbunya.
  • Rebus jamur sampai matang, tiriskan.
  • Campur jamur, irisan cabai merah keriting, dan mie instan jadi satu.
  • Goreng nugget ayam sampai kecokelatan. Iris tipis dan memanjang.

Untuk menggoreng telur mata sapi, ada trik supaya hasilnya cantik seperti di bungkusnya:

  • Panaskan wajan anti lengket dengan 2 sendok makan minyak. Apinya yang kecil saja.
  • Pecahkan telur dan biarkan saja, jangan diutak-utik. Kamu nggak perlu memberi garam atau merica sebagai bumbu, karena itu akan merusak tekstur telur gorengmu.
  • Setelah bagian putihnya mengeras, angkat dan tiriskan di atas piring.

Kalau semuanya sudah siap dan matang, kamu tinggal menghiasnya saja sesuai bungkusnya dan jadi, deh, mie goreng pedas yang mirip dengan bungkusnya!

4. Cuma Perlu Tambah Bakso, Mie Kuah Rasa Baso Sapi Favoritmu Sudah Mirip Dengan Bungkusnya

Mie kuah rasa baso sapi

Mie kuah rasa baso sapi via twitter.com

Selain telur, bakso juga bisa jadi teman makan mie instan yang nikmat. Mungkin alasan itulah yang menjadikan mie kuah rasa baso sapi ini ada dan cukup digemari.

Membuat mie kuah baso sapi sesuai dengan bungkusnya itu termasuk mudah, karena bahan-bahan utamanya hanya perlu direbus saja. Ini nih bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • Mie instan rasa baso sapi
  • 3 butir bakso sapi, kerat bunga
  • Daun bawang secukupnya, iris bulat tipis
  • 1 buah cabai merah keriting, iris bulat tipis
  • Wortel berpotongan dadu sedikit saja, kira-kira 3 sampai 4 buah
  • 1 buah tomat, ambil 2 iris saja
  • 3 lembar daun pokcoy, buang batangnya
  • 1 tangkai kecil daun seledri

Cara membuatnya:

  • Rebus mie instan bersamaan dengan bakso sapi sampai mekar. Tuang ke dalam mangkuk.
  • Taburi mie instan dengan irisan cabai, potongan wortel, dan daun bawang secukupnya.
  • Hias dengan garnish yang sudah disiapkan sesuai bungkusnya.

Mudah banget, ‘kan? Serasa membuat mie kuah biasa saja.

5. Mie Goreng dengan Rendang Asli, Bikin Anak Minang yang Merantau Kangen Rumah

Mie goreng rasa rendang

Mie goreng rasa rendang via wisatakita.web.id

Mie goreng rasa yang satu ini memang belum lama dikeluarkan oleh salah satu produsen mie instan. Tapi, penggemarnya sudah di mana-mana. Maklum, rasa ini bisa mengobati rasa kangen kamu, anak rantau yang berasal dari Tanah Minang. Lagipula, siapa sih yang nggak suka rendang?

Menyantap mie goreng rasa rendang jelas paling enak kalau sesuai dengan bungkusnya, karena ada daging rendang yang aslinya. Hehehe. Mau buat? Siapin bahan-bahan ini, ya:

  • Mie instan rasa rendang
  • 1 cabai merah keriting, iris bulat tipis
  • Acar timun dan bawang secukupnya; kamu bisa beli di warung makan
  • 1 buah tomat, ambil 2 iris saja
  • 2 lembar daun selada
  • Dan pastinya, 2 iris daging rendang.

Daging rendang ini bisa kamu dapatkan dengan 2 cara, yaitu yang susah dan yang mudah. Cara yang susah, kamu membuatnya sendiri selama ± 4 jam dengan resep ini. Sedangkan yang mudah, kamu tinggal beli saja di warung masakan Padang seharga 10.000 rupiah.

Untuk menyantapnya sesuai dengan bungkusan, rebus terlebih dahulu mie instan sampai matang. Kemudian, tiriskan dan campurlah dengan bumbu yang tersedia. Setelah itu, beri sedikit kuah rendang dan campur sampai rata. Terakhir, baru deh kamu hias dan tata sesuai dengan bungkusnya.

6. Membuat Mie Kuah Rasa Ayam Bawang Sesuai Bungkusnya? Cuma Perlu Dilengkapi Telur dan Ayam Goreng, Kok!

Mie kuah rasa ayam bawang

Mie kuah rasa ayam bawang via id.openrice.com

Mie instan kuah dengan rasa ayam bawang adalah yang paling terkenal. Hampir semua merk memiliki rasa ini dan tentunya, mudah untuk kamu temukan. Bahkan, di warung kopi atau angkringan saja, rasa ini yang paling banyak tersedia. Kesukaan semua orang, sih.

Menyajikan mie kuah rasa ayam bawang sesuai dengan bungkusan juga termasuk mudah. Yang kamu perlukan hanya:

  • Mie instan rasa ayam bawang
  • 1 butir telur, rebus dan belah jadi 2
  • 1 paha ayam goreng
  • 1 buah tomat, iris menjadi 6 bagian dan ambil 4 saja
  • 1 butir bawang merah, cuci bersih dan biarkan bulat begitu saja
  • Irisan daun bawang secukupnya dan 1 tangkai kecil daun seledri

Pertama, goreng paha ayam sampai matang. Kalau ingin praktis saja, silakan kamu membelinya di warung makan. Kemudian, rebus mie instan sampai matang, tuang ke mangkuk, dan campur dengan bumbunya. Setelah itu, baru deh kamu tata garnish-nya sesuai dengan saran penyajian yang ada di bungkusan. Kamu bisa juga menambahkan bawang goreng untuk memantapkan rasanya.

7. Dengan Menyantap Sesuai Saran Penyajian, Kelezatan The Almighty Mie Goreng Nggak Bisa Lagi Kamu Elakkan

Kelezatan tak terkira, dari mie goreng favorit kita

Kelezatan tak terkira, dari mie goreng favorit kita via indo.wsj.com

Mie instan goreng dengan rasa original ini memang nggak ada duanya. Apapun merknya, rasa lezatnya sudah benar-benar nggak perlu lagi diragukan. Bahkan mencium aromanya saja, kita pasti langsung tergoda untuk menyantapnya. Selain itu, mie goreng ini adalah sahabat setianya para anak kost, baik saat lapar tengah malam maupun saat akhir bulan.

Nah, supaya mie goreng favoritmu ini lebih nikmat, cantik, dan bergizi, mengapa nggak coba dibuat sesuai saran penyajian saja? Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Mie instan goreng
  • 2 buah udang; buang kepalanya, cuci bersih, dan ambil kotoran di bagian tengahnya
  • 1 butir telur
  • 2 buah irisan tomat
  • 1 lembar selada
  • 1 cabai merah keriting, iris bulat tipis
  • Acar dan daun seledri
  • Kacang polong rebus; ini pilihan karena harganya cukup mahal.

Cara membuatnya:

  • Pertama, goreng telur menjadi bentuk mata sapi. Supaya terlihat cantik, kamu bisa melihat caranya di poin nomor 3.
  • Rebus udang yang sudah dibersihkan. Nggak perlu lama-lama, sampai warnanya berubah dan bentuknya menjadi meringkuk saja.
  • Rebus mie instan sesuai petunjuk sampai matang. Tiriskan dan campur dengan bumbu yang rasanya dahsyat itu.
  • Tata mie instan, udang, dan telur mata sapi di atas piring. Lalu, hiaslah dengan selada, tomat, acar, dan daun seledri yang sudah disediakan; pastinya sesuai dengan bungkusnya, ya.

VoilàThe almighty mie goreng favoritmu ini sudah naik level! Gizinya jadi lebih seimbang, karena ada protein, karbohidrat, dan juga sayuran. Tapi tenang, rasanya tetap selezat biasanya, kok!

Menyantap mie instan sesuai dengan 7 resep di atas nggak hanya memanjakan matamu saja, tetapi juga lidahmu, karena rasanya menjadi lebih enak. Dan pastinya, jadi lebih sehat, dong! Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya