Jika kamu dan pasangan sudah berniat serius dalam hubungan, bayangan tentang pernikahan dan pesta resepsi pasti sudah berkelebat di kepala kalian. Hari pernikahan memang bukan hari sembarangan. Setelah bertahun-tahun saling mengenal, pada hari itulah cinta kalian resmi halal menurut negara dan agama. Tentu kalian ingin merayakannya dengan cara yang memorable dan istimewa.

Tapi untuk membuat resepsimu tak terlupakan, konsep acara di mana mempelai dan orangtua duduk tenang di atas pelaminan tidak cukup lagi. Kamu harus bisa menemukan konsep seru yang belum banyak diaplikasikan pasangan-pasangan di Indonesia. Di sisi lain, kamu juga harus memikirkan biaya yang ditimbulkan agar anggaran tak sampai membengkak. Nah, sekarang tak usah bingung-bingung lagi, karena Hipwee sudah merangkum di sini ide apa saja yang akan membuat resepsimu tak terlupakan di mata para tamu undangan!

1. Daripada jalan kalem seperti ribuan pasangan lainnya, masuklah ke dalam gedung resepsi sambil berdansa.

Menghibur sejak dimulai! via www.gelinolmus.com

Bukan hanya wedding singer atau live band yang bisa menghibur tamu undanganmu. Hiburan tak terlupakan juga bisa dipersembahkan oleh kalian yang pengantin baru. Caranya? Kamu cukup memasuki gedung resepsi dengan berdansa atau menari berdua. Kalau selama ini para mempelai hanya berjalan dengan kalem dari pintu utama menuju pelaminan, kamu dan suami atau istrimu harus menyajikan pemandangan yang berbeda. Kalian bisa memilih salah satu lagu Top 40 sebagai musik pengiring saat memasuki gedung. Atau setel saja musik seperti The Beatles yang dijamin disukai banyak orang. Berlatihlah berbagai gaya dansa sederhana 2-3 kali sebelum beraksi di pesta resepsi. Wah, kalau pembukaan resepsinya saja sudah seru begini, pasti teman-temanmu dan tamu yang lainnya akan bersemangat mengikuti keseluruhan acara.

2. Susun foto kalian dari kecil hingga dewasa dalam bingkai bekas jendela. Dengan ini, para tamu bisa lebih mengenal kalian berdua.

Foto-foto di bingkai bekas jendela via www.weddingobsession.com

Advertisement

Di Indonesia, acara resepsi sering digelar besar-besaran. Artinya, tak semua tamu pesta sebenarnya kenal dekat dengan mempelai. Mungkin saja ada yang datang sebagai tamu orangtua kedua mempelai. Nah, foto-foto mempelai yang dijadikan dekorasi ruangan bisa membantu mereka mengenal kamu dan pasangan.

Jangan hanya memajang foto pre-wedding saja, tampilkan juga foto-foto dari zaman masih balita hingga remaja. Sertakan juga keterangan pada setiap foto. Misalnya, “Andy ikut lomba nyanyi dalam rangka 17 Agustusan. Dapat juara II, lho!” “Senyum Irma di sini lebar sekali. Maklum, baru lepas kawat gigi :D” Dengan ini, bukan hanya ruangan yang apik saja yang kalian dapatkan, tamu undangan pun bisa mengenal kalian dengan lebih dekat dan akrab.

3. Dengan asyik membuat dessert mereka sendiri, biarkan tamumu jadi anak kecil lagi.

Bikin sendiri dessert-mu via tabledecorgallery.com

Banyak orang sangat menggemari kue-kue manis seperti cupcakes dan brownies. Nah, kamu bisa membuat mereka tak menyesal hadir ke pestamu dengan dessert buffet sederhana ini. Sediakan saja baki-baki berisi kue cupcake aneka rasa dan berbagai warna. Sediakan juga baki lain berisi pilihan topping yang menarik, seperti remah-remah Oreo dan meises warna-warni. Tamumu bebas membuat kreasi mereka sendiri dari berbagai cupcake dan topping ini. Seru ‘kan?

4. Jangan cuma melempar buket bunga. Sediakan tarot booth untuk teman-temanmu yang berminat konsultasi cinta.

Tarot booth via www.tumblr.com

Yang sekarang semakin umum ditemui di pesta-pesta resepsi adalah mempelai yang melempar buket bunga kepada tamu perempuan. Nah, selain melakukan ini di resepsimu nanti, kamu juga bisa menambahkan sesuatu yang lebih tak biasa untuk tamumu. Misalnya, menyediakan tarot booth atau sudut ramalan di salah satu pojok ruangan. Dengan begini, teman-temanmu yang berminat konsultasi cinta bisa melakukannya langsung di resepsimu. Tepat-tidaknya hasil ramalannya, yang penting fun!

5. Undanglah tukang bakso atau mie ayam favoritmu, supaya para tamu tahu betapa dahsyatnya sajian sederhana mereka

Angkringan pun boleh kamu undang (kredit: Nanang Diyanto) via m.kompasiana.com

Resepsi pernikahan kalian tak akan lengkap jika tak menghadirkan gerobak bakso atau mie ayam favoritmu dan pacar. Yah, tidak harus mie ayam atau bakso sih, undang saja gerobak makanan kaki lima yang selama ini sering disambangi oleh kamu dan pacar untuk mengisi perut. Soalnya, katering paling mewah sekalipun tak akan bisa menyaingi kenangan masa-masa pacaran kalian yang terekam di warung sederhana ini. Selain itu, para tamumu pun jadi tahu kenikmatan rahasia yang ada di balik kesederhanaan sajian mereka. Semuanya senang, deh!

6. Sekarang buku tamu tak melulu harus ditulis tangan. Kamu juga bisa membuat buku kenangan itu dari kumpulan foto tamumu.

Buku tamu non-mainstream via r.lover.ly

Daripada menyuruh teman-temanmu menulis tangan di buku tamu, berikan saja mereka sebuah papan tulis mungil yang bisa mereka corat-coret dengan pesan apa saja. Kemudian, instruksikan salah satu anggota keluargamu untuk mengambil foto teman-temanmu dengan papan berpesan itu. Buku tamumu nanti tak akan berbentuk kertas folio dengan berbagai tulisan tangan, namun semacam scrapbook ukuran besar dengan kumpulan foto seru teman-temanmu.

7. Kembang api biasa bisa jadi pemeriah pesta yang ekonomis tapi fantastis!

Jika resepsimu dilangsungkan pada malam hari, jangan buang kesempatan untuk bermain dengan kembang api bersama para tamumu. Ya, bagikan saja kembang api-kembang api ini kepada teman-temanmu, kemudian undang mereka ke luar gedung dan persilakan fotografer acara untuk mengambil fotomu dengan mereka. Cara ini ekonomis tapi tetap seru, bukan? Semoga saja resepsimu nanti tidak diiringi hujan, ya.

8. Resepsimu akan luar biasa jika kamu mau turun dari pelaminan dan ikut menyambut tamu

Turun dari pelaminan via www.lovebirdweddings.com.au

Ini adalah salah satu hal yang belum lazim dilakukan pasangan-pasangan di Indonesia. Namun, bukan berarti kamu dan suami/istrimu nanti tak boleh melakukannya. Justru dengan turun dari pelaminan dan ikut menyambut tamu, resepsi kalian akan jadi benar-benar unik dan diingat oleh teman-temanmu yang datang.

Misalnya, kamu dan suami/istri bisa ikut menyambut para tamu yang datang dengan berdiri di pintu utama. Dengan begini, acara salaman akan diadakan di awal, bukan di akhir acara. Persilakan mereka untuk menikmati hiburan dan makanan yang tersedia. Kamu dan pasangan juga bisa berkeliling dari tamu ke tamu sepanjang acara berjalan. Dengan begitu, kamu tak akan lagi bosan karena harus terus duduk di pelaminan. Lebih lagi, dijamin resepsimu tak akan bisa dilupakan oleh para tamu dan teman-temanmu.

Nah, itu tadi ide-ide yang bisa kamu coba untuk pesta pernikahan yang lebih dari biasa. Semoga cukup membantumu, ya. Apapun yang akhirnya akan kamu hadirkan, semoga pestamu dilancarkan dan kamu serta pasangan diberi kebahagiaan. Selamat menempuh hidup baru!