Rumah adalah tempat paling nyaman untuk pulang setelah bekerja keras membanting tulang seharian. Jadi, alangkah baiknya jika kamu mau meluangkan waktu untuk mendesain rumah menjadi indah. Tapi tenang, melakukan renovasi rumah itu gak harus mengeluarkan banyak uang kok. Dengan sedikit kemampuan berkreasi, rumahmu bisa terlihat lebih manis dengan tirai jendela buatan sendiri.

Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut ini Hipwee berikan bocoran metodenya.

1. Tirai jendela gak hanya dari kain saja. Burung kertas yang terpajang di jendela juga bisa membuat kamarmu lebih indah.

Tirai jendela yang indah

Tirai jendela yang indah via rebloggy.com

Advertisement

Banyak orang memilih memasang tirai di jendela agar matahari yang masuk tak terlalu menyengat. Namun, ada juga yang menyukai sinar matahari masuk langsung ke kamarnya. Nah, jika kamu termasuk yang kedua, pasang saja tirai jendela berupa burung kertas ini. Pertama-tama, buatlah beberapa burung kertas dengan cara di bawah ini. Setelah itu, kamu rangkai menggunakan tali sepanjang tinggi jendela. Lalu pasang dan biarkan tirai origami menjuntai. Dengan hiasan ini, matahari yang masuk ke kamar tak hanya bikin kamarmu jadi terang, pantulan dari burung kertas juga bikin suasana kamar jadi indah.

Cara membuat tirai jendela

Cara membuat tirai jendela via origamivoorkinderen.eu

2. Tanpa perlu banyak pajangan, memasang tirai jendela dari botol selai yang berisi bunga segar ampuh membuat rumahmu lebih megah.

Cara membuat tirai jendela yang indah

Cara membuat tirai jendela yang indah via maggiez.loveitsomuch.com

Rumah yang megah dan indah identik dengan banyaknya pajangan. Namun, itu tak berlaku lagi jika kamu mau memasak tirai jendela yang unik dan cantik, misalnya dari botol selai.

Cara membuatnya tak terlalu sulit. Langkah awal, kamu harus mencuci bersih botol selai bekas. Lalu masukkan air setengah botol dan dua tangkai bunga asli. Kemudian pasang tali dan ikat pada gagang di atas jendela. Tanpa banyak pajangan tambahan, rumahmu bisa terlihat lebih asri dan unik dengan tirai jendela seperti ini.

3. Cahaya yang masuk ke kamar tak lagi menyengat saat kamu menutup beberapa sisi jendela dengan tali macrame.

Cara membuat tirai jendela

Cara membuat tirai jendela via www.etsy.com

Advertisement

Cahaya matahari yang masuk melalui jendela seringkali bikin kamu kepanasan. Dan tirai jendela bisa penyelamat yang handal. Namun, tak melulu harus beli di toko kok, bikin tirai handmade justru terlihat lebih unik kok. Kamu bisa beli beberapa tali macrame warna-warni. Lalu ikat menjuntai seperti tirai pada satu tali atau kayu dengan teknik dasar macrame seperti ini. Sekarang tirai macrame bisa melindungimu dari terlalu panasnya matahari tanpa harus membuat ruangan jadi pengap lagi.

4. Cahaya terang di dekat jendela bisa membuat klise foto jaman lampau jadi lebih terlihat jelas. Dengan begitu, kenangan indah tetap bisa dilihat.

Tips membuat tirai jendela

Tips membuat tirai jendela via gccwebsites.com

Bagi kamu yang lahir di tahun 90-an pasti kenal dengan klise foto tustel yang berwarna hitam. Negatif film ini biasanya tergeletak begitu saja saat kamu sudah punya simpanan foto cetak di album. Gak jarang hal ini justru bikin klise foto jadi rusak.

Nah, agar kenangan tak mudah lenyap, manfaatkan saja klise foto menjadi tirai jendela. Cukup gunting paket klise menjadi satu-satu, lalu menyambungnya dengan klip kertas, tirai kenangan siap dipasang. Cahaya terang di dekat jendela justru membuat gambar hitam pada negatif film menjadi lebih terlihat. Jadi kamu juga bisa tetap mengingat kenangan indah masa lampau.

5. Orang yang bertandang ke rumah pasti akan terkesima dengan tirai jendela dari bohlam yang dicat ulang.

Cara membat tirai jendela yang unik

Cara membat tirai jendela yang unik via www.pinterest.com

Memasang tirai jendela yang unik itu gak harus mahal, cukup memanfaatkan barang-barang bekas seperti bohlam, kamu sudah bisa mewujudkannya. Cara pembuatnya juga tak butuh keahlian khusus. Kamu hanya perlu mengecat permukaan bohlam dengan warna-warna terang dan memasang kawat pada bagain dasar, tirai bohlam siap menghias jendela rumah. Dengan hiasan seperti ini, dijamin para tamu yang berkunjung pasti heran dan terkesima dengan karya yang kamu buat sendiri.

6. Datangkan ubur-ubur di jendela kamar, dijamin kamu takkan lagi galau dan selalu terhibur.

Cara membuat tirai jendela

Cara membuat tirai jendela via www.cathyvanhoang.com

Kamu ingin punya tirai kamar yang beda dari yang lainnya? Pasang saja ubur-ubur palsu di jendela. Cara membuatnya juga tak susah lho. Pertama-tama, kamu cari cangkang bulu babi yang sudah mati. Biasanya cangkang ini banyak berserakan di pantai.

Kemudian siapkan tanaman jenis sukulen sebagai tentakel palsu. Lalu ikat menggunakan kawat dan masukkan ke dalam lubang cangkang. Setelah itu, pasang beberapa ikat ubur-ubur palsu pada ketinggian yang berbeda di bingkai jendela. Tirai lucu ini tak hanya unik, tapi juga menghibur sewaktu-waktu kamu sedih.

Membuat tirai jendela yang indah

Membuat tirai jendela yang indah via 700experience.com

7. Benang wol tak cuma bermanfaat untuk bikin pakaian kok. Menyulapnya jadi bola pompom, jendela rumah bisa tampak berbeda.

Tips membuat tirai jendela indah sendiri

Tips membuat tirai jendela indah sendiri via crafternooncabaretclub.com

Mengubah suasana rumah menjadi berbeda itu mudah kok. Salah satunya adalah menghiasi jendela dengan tirai pompom. Kamu juga tak perlu beli di toko, karena hiasan ini sangat mudah untuk dibikin.

Pertam-tama, siapkan beberapa warna benang wol yang berbeda. Lalu buatlah gulungan pada 4 jadi tangan yang ditempelkan hingga agak tebal. Setelah itu, ikat bagian tengah menggunakan tali tirai dan gunting kedua tepi, maka pompom sudah jadi. Lakukan hal yang sama hingga beberapa pompom bisa terangkai seperti tirai. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang dan tenaga banyak besar, rumahmu bisa terlihat berbeda dari biasanya.

8. Bunga pemberian orang tercinta tak boleh layu begitu saja, rangkai menjadi tirai jendela membuatnya awet lebih lama.

Tips membuat tirai jendela yang indah

Tips membuat tirai jendela yang indah via ruffledblog.com

Bunga-bunga pemberian orang tercinta seringkali kering begitu saja lalu membuangnya ke tempat sampah. Nah, sebagai rasa terima kasih, gak ada salahnya kamu pasang menjadi tirai jendela agar bisa terjaga.

Caranya, potong bagian kuncup bunga dan celupkan pada silika gel agar lebih tahan lama. Lalu ikat bagian pangkal daun menggunakan tali panjang hingga menjadi tirai. Kemudian pasang di bingkai jendela kamar. Selain membuat bunga jadi lebih awet lagi, kamarmu juga lebih indah dan wangi.

Rumah yang indah adalah surga. Tapi membuat rumah menjadi indah juga gak harus menghabiskan banyak uang. Karena 8 cara membuat tirai jendela ini, kantongmu tetap aman dan rumahmupun jadi lebih menawan.

Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya