Desain Ruang Tamu Ukuran 2×2 yang Jauh dari Kata Sesak. Dikunjungi Tamu Sekeluarga Bisa Muat

Desain ruang tamu ukuran 2x2

Selain fungsinya untuk menyambut tamu, ruang tamu juga menjadi ruangan pertama yang diakses ketika masuk ke dalam rumah. Bisa jadi, ruang tamu adalah layer kedua setelah teras yang menjadi representasi muka sebuah rumah. Itulah kenapa keberadaan ruang tamu menjadi penting, sekalipun ukurannya minim. Karena kadang tinggal di hunian dengan luas area terbatas nggak terhindarkan bagi beberapa orang. Namun hal ini jangan dijadikan masalah, punya ruang tamu sempit seluas 2×2 misalnya, nggak berarti ruangan jadi terasa sesak, kurang nyaman, dan nggak menyenangkan.

Advertisement

Desain ruang tamu ukuran 2×2 meter memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ruang tamu yang ukurannya lebih besar. Kamu harus tetap bisa menampilkan sisi estetisnya selain dari sisi fungsi agar ruang tamu sempit ini punya identitas minimalis. Dalam hal ini, kreativitas dan efektivitas dalam mendesain sangatlah diperlukan. Berikut Hipwee Tips berikan beberapa kiat untuk mendesain ruang tamu berukuran 2×2 meter.

Kiat mendesain ruang tamu ukuran 2×2 yang mengutamakan tampilan dan efektivitas ruangan

Perlu diingat bahwa ruang tamu yang bagus nggak melulu soal komposisi perabotan yang mahal dan mewah, tapi bagaimana menciptakan kombinasi desain yang pas memanfaatkan ruang tamu yang minim luasnya.

1. Memilih warna cat dinding yang tepat

cat dinding warna cerah via id.pinterest.com

Aplikasikan warna-warna yang netral, cerah, dan lembut pada dinding untuk desain ruang tamu ukuran 2×2 meter. Kamu bisa memilih warna-warna seperti merah muda, putih, krem, hijau atau warna-warna natural dan pastel lainnya. Warna-warna yang cerah seperti ini akan memberikan ilusi ruangan tampak lebih luas.

2. Membatasi furnitur yang masuk

Advertisement

membatasi furnitur via www.dekoruma.com

Masalah utama dalam mendesain ruang tamu sempit adalah mengelola furnitur atau perabot. Untuk desain ruang tamu minimalis ukuran 2×2, sebaiknya cukup dengan memasukkan perabotan yang fungsinya betul-betul dibutuhkan seperti sofa, dan meja kecil. Kamu bisa menambahkan televisi atau barang dekorasi lainnya asalkan pintar menatanya, jangan sampai malah bikin tampilan ruangan makin sesak.

3. Pemilihan sofa jadi hal yang penting

sofa single via www.wayfair.com

Untuk desain ruang tamu ukuran 2×2 meter, hindarilah menggunakan sofa yang ukurannya terlalu besar. Untuk mendapatkan kesan minimalis, kamu bisa memilih sofa single dengan dua atau tiga dudukan saja. Sofa yang desainnya rendah juga bisa dipilih untuk menciptakan efek visual dari langit-langit yang lebih tinggi. Tambahkan bantal agar terasa lebih nyaman dan menciptakan atmosfer ruang yang santai.

4. Menggunakan kursi lesehan bergaya Jepang

ruang tamu lesehan via www.kanazawa-machiya-inn.com

Ruang tamu model lesehan yang menggunakan satu meja dan beberapa alas bantal untuk duduk serta lampu gantung yang tepat berada di atas meja memang nggak lazim diterapkan di Indonesia. Tapi nggak ada salahnya diterapkan untuk desain ruang tamu ukuran 2×2 meter tanpa kursi yang bakal membuat suasana akrab dan hangat dengan tamu. Desain ruang tamu lesehan seperti ini juga bikin ruanganmu tampak lebih eksotis.

5. Menggunakan coffee table

pakai coffee table via themerrythought.com

Kamu bisa padukan sofa single atau sofa dudukan rendah dengan coffee table berukuran kecil, baik yang terbuat dari kaca atau motif kayu. Menggunakan dua coffee table kecil yang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan lebih baik dari pada satu meja besar yang makan tempat dan nggak cukup fleksibel.

6. Pasang karpet besar tanpa corak

Nggak seperti karpet berukuran kecil, karpet ukuran besar polos tanpa corak secara visual nggak akan memecah lantai. Pemasangan karpet seperti ini pada desain ruang tamu ukuran 2×2 meter dapat menyiasati ruangan agar terasa lega namun tetap hangat. Tapi jangan coba-coba melapisi seluruh ruang tamu sempit dengan karpet karena justru bakal mengurangi estetika ruang.

7. Elemen kayu memberi kesan bersih pada ruangan

elemen kayu via arsitex1203.blogspot.com

Meskipun elemen kayu sering menjadi material yang identik digunakan pada rumah bergaya klasik atau jadul, material satu ini juga bisa jadi perpaduan sempurna untuk rumah minimalis yang lahannya sempit. Penggunaan furniture seperti sofa dan rak bermotif kayu menambah kesan ruang tamu yang bersih dan hangat.

8. Penataan furnitur yang pas

penataan furnitur yang pas via www.pinterest.com

Setelah memilih perabotan yang perlu untuk dimasukkan ke dalam ruang tamu, langkah selanjutnya adalah menata perabotan tersebut agar keberadaannya nggak terkesan memenuhi ruangan. Untuk desain ruang tamu ukuran 2×2, usahakan penempatan sofa sedekat mungkin menempel ke dinding untuk memaksimalkan space yang ada.

9. Menambahkan jendela ukuran besar untuk memaksimalkan cahaya alami dalam ruangan

jendela ukuran besar via ruangarsitek.id

Selain pemilihan warna cat dinding netral atau pastel, ukuran jendela besar juga bisa menciptakan efek luas untuk ruang tamu kecil. Sesuaikan desain jendela dengan furnitur di dalam ruang tamu, seperti sofa, rak TV, ataupun meja ruang tamu. Dengan adanya jendela besar, maka kamu bisa menghemat listrik karena nggak akan terlalu bergantung pada lampu di pagi, siang, atau bahkan di sore hari.

10. Pasang cermin untuk memberi kesan luas pada ruang tamu

pasang cermin via id.pinterest.com

Memasang cermin pada ruang tamu bisa merefleksikan cahaya aami dari luar — yang bakal memberikan kesan luas pada ruangan. Kalau memungkinkan, pilihlah dinding yang berhadapan langsung dengan jendela yang ada di ruang tamu. Selain cermin, kamu juga bisa bereksperimen dengan lampu-lampu yang ditata di ruang tamu.

11. Aturan sepertiga untuk rumah plafon tinggi

plafon tinggi via www.pinterest.es

Plafon tinggi sudah otomatis memberikan kesan luas dan lega pada rumah tanpa banyak usaha. Gunakan aturan sepertiga pada dinding. Isi dasar dinding dengan ornamen menarik seperti sofa yang warnanya berbeda dari warna dinding. Lalu bagian tengah dinding bisa diisi lukisan. Sisakan bagian teratas dinding tanpa ornamen apa pun untuk memberikan kesan bebas dan nggak menumpuk.

12. Tanaman indoor untuk kesan asri pada ruangan

tanaman indoor via www.99.co

Pilihlah tanaman hijau yang daya tahan hidupnya nggak terlalu bergantung pada sinar matahari, biar kamu nggak terlalu repot membawa tanaman tersebut ke luar setiap hari. Selain jenisnya, kamu juga harus memperhatikan ukuran yang pas dan cocok untuk diletakan di ruang tamu mungilmu.

13. Memaksimalkan pemanfaatan dinding

memanfaatkan dinding via nimvo.com

Salah satu cara mengatasi terbatasnya penempatan furnitur di ruang tamu ukuran 2×2 adalah dengan memanfaatkan dinding sebagai alternatifnya. Kamu bisa memanfaatkan dinding untuk memasang foto kolase atau lukisan. Atau kamu juga bisa menambahkan rak buku cantik menempel di dinding. Selain fungsi penyimpanan, pemanfaatan dinding ini juga menambah dekorasi ruangan.

14. Menambahkan batas antar ruang

pakai sekat via www.larantukagypsum.com

Untuk desain ruang tamu ukuran 2×2 meter, baiknya memang jangan tambahkan dekorasi secara berlebihan. Hiaslah ruang tamu dengan dekorasi secukupnya saja. Menambahkan sekat ruangan juga bisa memberikan kesan luas pada ruang tamu yang sempit. Misalnya dengan menambahkan tirai sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruangan di sebelahnya.

15. Menjaga kebersihan dan kerapian ruangan

jaga kebersihan via blog.modsy.com

Ruangan sekecil apa pun, kalau kebersihan dan kerapiannya selalu dijaga, niscaya tampilannya akan selalu segar dan enak dipandang mata.

Melakukan desain ruang tamu ukuran 2×2 meter nggak begitu sulit meskipun kita nggak punya dasar tentang desain interior rumah. Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan di atas, niscaya ruang tamumu bakal terlihat lebih lega dan bikin betah meskipun mungil ukurannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE