8 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana & Mungil

Punya rumah sendiri walau lahannya sempit adalah impian semua orang. Apalagi ketika sudah punya keluarga kecil. Tapi, keterbatasan lahan kadang jadi ragu, cukup nggak ya buat satu keluarga?

Advertisement

Sebenarnya, keterbatasan lahan bisa kok dicari solusinya, salah satunya dengan membangun rumah 2 lantai. Konsep bangunan minimalis juga bisa jadi ide untuk membangun rumah meski lahannya sempit.

Pilihan desain rumah 2 lantai juga cukup beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kuncinya sih, semua ruangan harus fungsional dan nggak boleh ada tempat yang kosong dibiarkan percuma.

Gimana caranya? Supaya lebih ada gambaran, yuk simak kumpulan model desain rumah minimalis 2 lantai mungil dan sederhana yang sudah Hipwee rangkum berikut!

Advertisement

1. Rumah minimalis 2 lantai di lahan sempit

Desain Rumah Minimalis mungil 2 Lantai lahan sempit

Desain rumah 2 lantai minimalis | Credit by harmonivilla.com

Buat kamu yang punya impian rumah 2 lantai, tapi lahannya sempit, desain rumah 2 lantai mungil ini mungkin bisa menginspirasimu untuk mewujudkan impian tersebut. Desain rumah 2 lantai di lahan sempit ini tetap terasa lega, karena setiap ruangan cukup fungsional.

Begitu masuk dari pintu utama terdapat ruang makan, kamar mandi, dan dapur yang bisa dijadikan ruang tamu, kemudian masuk lagi ada ruang keluarga dan tangga. Nah, di lantai 2 hanya terdapat 2 kamar tidur yang luar dan 1 kamar mandi.

2. Desain rumah 2 lantai dengan ruang tamu terbuka dan memanfaatkan halaman yang sempit supaya lebih fungsional

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah 2 lantai ruang terbuka | Credit on pinhome.id

Advertisement

Buat kamu yang lebih nyaman dengan privasi di rumah, desain rumah 2 lantai minimalis ini bisa jadi inspirasi untuk membuat ruang tamu yang terbuka. Bahkan, di lahan yang sempit seperti ini pun bisa dijadikan ruang tamu.

Sementara itu, bagian dalam rumah bisa dijadikan ruangan untuk berkumpul dengan keluarga seperti ruang televisi, dapur, ruang makan, tempat ibadah. Nah, untuk lantai 2 hanya dimanfaatkan untuk kamar tidur saja. Cocok banget untuk keluarga kecil nih.

3. Rumah 2 lantai dengan desain minimalis modern

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai minimalis modern

Desain rumah 2 lantai denga teras belakang | Credit by lakeewoodvillas.com

Desain rumah 2 lantai dengan gaya minimalis modern ini cocok banget buat kamu yang suka rumah mungil tapi punya banyak ruang yang fungsional. Bahkan di desain ini, kamu bisa punya 2 halaman, yakni halaman depan bisa muat untuk parkir motor dan halaman belakang yang bisa dijadikan teran untuk bersantai.

Kamu juga punya ruang tamu segaligus ruang keluarga yang menyatu dengan dapur dan ruang makan, area baca atau ruang kerja dekat tangga, 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi.

4. Rumah minimalis dan sederhana dengan 2 lantai dan 3 kamar tidur, serta 3 kamar mandi

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai sederhana

Desain rumah 2 lantai dengan 3 kamar tidur | Credit by orlando .com

Coba perhatikan denah rumah 2 lantai di atas. Di sini kamu bisa mewujudkan rumah minimalis dengan 3 kamar tidur. Desain ruamah 2 lantai ini memiliki teras kecil di pintu utama dan teras yang cukup luas di sebelah ruang keluarga.

Di lantai 1 memiliki konsep ruang terbuka tanpa sekat, jadi ruang keluarga sekaligus ruang tamu, ruang makan dan dapur jadi 1. Kamar tidurnya ada 1 di lantai bawah dan 2 kamar di lantai atas.

5. Desain rumah 2 lantai tapi tampak 1 lantai dari depan

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai tampak depan

Desain rumah 2 lantai tambak 1 lantai | Credit by plano.com

Rumah dengan siling tinggi seperti ini bisa dijadikan 2 laintai, karena loteng rumah jadi bisa dimanfaatkan untuk kamar atau ruang lainnya. Di desain rumah mungil 2 lantai sederhana ini, kamu bisa memanfaatkan lantai 1 untuk ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang bersebelahan dengan dapur dan ruang makan tanpa sekat, ada gudang, kamar mandi dan 1 kamar.

Di area bawah tangga kamu bisa memanfaatkan untuk storage, kemudian di lantai 2 bisa dimanfaatkan untuk kamar.

6. Desain rumah 2 lantai sederhana dengan opsi ruangan yang bisa dijadikan balkon

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai sederhana

Desain rumah 2 lantai dengan opsi balkon | Credit by greystoneapts.com

Desain rumah 2 lantai dengan 3 kamar tidur ini bisa dijadikan inspirasi buat kamu yang ingin ada balkon di lantai 2. Di lantai bawah bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang bergabung dengan area dapur dan ruang makan.

Ada kamar tidur dan kamar mandi juga. Nah di lantai atas ada 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Di area sebelah tangga sebenarnya bukan ruangan hanya space terbuka ke lantai bawah. Namun, area ini bisa kamu jadikan untuk balkon.

7. Rumah 2 lantai dengan rooftop minimalis, solusi buat rumah di lahan yang sempit

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah 2 lantai dengan rooftop | Credit by mikesteward.com

Desain rumah 2 lantai dengan rooftop ini cocok banget buat rumah keluarga kecil. Sekilas desain ini seperti rumah 3 lantai, padahal di lantai 3 hanya berupa rooftop, karena seling di lantai 2 sengaja dibuat tinggi. Nah, di lantai 2 hanya terdapat 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Di lantai 1 adalah area tanpa sekat berupa dapur, ruang makan dan ruang tamu. Sehingga ruangan terasa lebih luas.

8. Desain ruko 2 lantai yang atasnya jadi rumah super nyaman untuk ditinggali

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Denah ruko 2 lantai | Credit by 99.co

Denah rumah 2 lantai bawah toko ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin tinggal ruko. Lantai 1 bisa digunakan untuk area toko, teras kamar mandi dan taman belakang. Nah, area taman ini sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk gudang. Sementara itu, untuk area rumah di lantai 2. Di sini kamu bisa membuat kamar, dapur mini dan manfaatkan balkon yang luas untuk tempat bersantai.

Nah, itulah inspirasi desain rumah 2 lantai dengan desain minimalis mungil dan cocok banget buat kamu yang ingin membangun rumah di lahan terbatas. Kuncinya buat ruangan yang fungsional alias sesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, meski lahannya terbatas, kamu tetap memiliki ruangan yang lega.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE