7 Desain Teras Rumah Berbagai Tema, Ideal Banget untuk Bersantai Ria

desain teras rumah

Teras rumah merupakan sebuah bagian krusial dari sebuah hunian. Bayangkan saja, saat ada tamu datang atau justru penghuninya baru pulang dari bepergian maka bagian rumah yang satu ini akan langsung menyambut di langkah pertama setelah membuka pagar. Untuk itu sesempit apapun bagian rumah yang satu ini, kamu tetap perlu menatanya dengan menyenangkan sesuai selera, bisa dibuat rapi atau justru ramai dengan berbagai dekorasi.

Advertisement

Selain membiarkannya begitu saja, kamu bahkan juga bisa menggunakan area ini sebagai tempat untuk kegiatan yang lain lo, misalnya sekadar bersantai atau berjemur. Nah, intip yuk beberapa inspirasi desain teras rumah cantik berikut ini!

1. Alih-alih membiarkannya kosong, kamu bisa menyulap terasmu menjadi sebuah taman dengan berbagai pilihan tanaman menyegarkan

desain teras rumah

Taman/ Credit: Rumah123

Untuk membuat taman di terasmu, kamu bisa mulai menyiapkan beberapa hal misalnya melapisi bagian bawah dengan rumput sintetis atau memadukannya dengan batu alam. Elemen yang tak boleh ketinggalan adalah berbagai tanaman untuk menghiasi tamanmu. Jika terasmu berukuran tak terlalu luas, area bisa dimaksimalkan dengan menggantung pot untuk beberapa jenis tanaman. Selain menggunakan area ini sebagai pemandangan yang menyegarkan mata, kamu juga bisa menaruh karpet kecil untuk bersantai di sana.

2. Ingin duduk, ngeteh sambil melihat berbagai pemandangan di depan rumah? Area teras bisa kok dimanfaatkan untuk bersantai

teras rumah sederhana sekali

Bersantai/ Credit: countryliving via dekoruma

Melakukan terlalu banyak kegiatan di dalam ruangan mungkin seringkali membuatmu merasa bosan. Untuk itulah, teras akan menjadi spot yang cocok untuk melepas penat dengan menghirup udara segar sambil minum teh atau membaca buku. Kamu bisa menaruh sofa kecil yang nyaman dan meja minimalis di sana. Yang perlu diperhatikan adalah penataannya, usahakan supaya tak terkena tampias air saat hujan agar furnitur tersebut bisa tetap awet.

Advertisement

3. Jika ada si kecil di rumah namun kurang area bermain maka kamu bisa menyulap teras sebagai area bermainnya

desain teras rumah kecil

Area bermain/ Marian Kadlec311 on Deposit Photos

Untuk alasnya kamu bisa menaruh rumput sintetis, jika tidak kamu bisa juga memilih elemen kayu dan melapisinya dengan karpet untuk area main si kecil. Jika ruangan yang tersedia cukup luas maka mainan yang berukuran lebih besar seperti ayunan atau prosotan bisa ditaruh di sana, namun jika ruang yang tersedia sempit maka kamu bisa menaruh mainan-mainan dengan ukuran yang lebih kecil saja. Pastikan semua penataan memperhatikan keamanan si kecil ya.

4. Gemericik air berpadu dengan pemandangan ikan yang berwarna bisa membuat stresmu hilang seketika, teras dengan kolam hias akan mewujudkannya

teras rumah cantik sederhana

Kolam ikan/ Credit: Dekoruma

Jangan dikira kolam ikan hanya cocok dengan rumah mewah gaya jadul saja, bahkan kamu bisa memasukkannya ke dalam salah satu elemen model teras rumah masa kini kok. Kolam berbentuk kotak layaknya akuarium yang ditanam atau justru dibuat sejajar dengan jalan masuk menuju pintu dijamin bisa meredakan rasa stresmu setelah pulang bekerja. Pilih ikan berwarna cerah untuk menyegarkan mata yang lelah.

5. Jika rumahmu berkonsep minimalis maka mungkin kamu tak ingin menaruh banyak hal ke dalam teras tapi tetap ada triknya supaya nggak polosan

model teras rumah masa kini

Rumah minimalis/ Credit: Homeshabby

Jika kamu mencari desain teras rumah cantik sederhana maka konsep minimalis ini juga akan cocok untuk dipertimbabngkan. Ada macam-macam model teras rumah minimalis seperti ceiling berbentuk atap rumah segitiga yang tinggi atau justru membuatnya berbentuk kanopi dengan palet warna yang serupa dengan tembok yang akan membuat terasmu tampak bagus. Alih-alih kosongan, kamu juga bisa menaruh tumbuhan yang tak terlalu rimbun seperti kaktus atau lidah mertua untuk memberi kesegaran. Tanaman tersebut cocok untuk desain teras rumah kecil karena tak memakan terlalu banyak tempat.

Advertisement

6. Desain teras rumah depan bisa dibuat lebih terbuka jika ingin menggunakannya juga sebagai area untuk berjemur

desain teras rumah depan

Area berjemur/ Credit: Dekoruma

Kamu bisa saja tetap menggunakan material keramik atau rumput sintetis sebagai alasanya, namun bagian atasnya bisa kamu sisihkan sebagian supaya tetap terbuka. Nah, di bagian terbuka tersebut kamu bisa menaruh kursi malas atau bangku yang bisa digunakan untuk berjemur di pagi hari. Bisa dikatakan, konsep yang satu ini sebenarnya konsep teras rumah sederhana sekali. Namun, jika punya bujet lebih kamu juga bisa membuat kanopi yang bisa dibuka dan ditutup otomatis sesuai dengan kebutuhan.

7. Daripada terlalu sering ke kafe, kamu bisa menyulap terasmu dengan suasana tempat hang out tersebut saja lo

desain teras rumah jawa modern

Suasana kafe/ Credit: topntp26

Bagian depan rumahmu bisa disulap jadi teras rumah cantik unik berbentuk terrace cafe. Tak hanya rumah berkonsep industrial saja lo yang terasnya bisa diubah bak kafe kekinian. Bahkan, jika rumahmu bernuansa tradisional maka kamu mungkin bisa membuat desain teras rumah Jawa modern untuk memberikan sentuhan kafe-kafe dengan tema klasik. Jika konsep rumahmu lebih minimalis kamu tinggal menaruh tempat duduk dan meja saja di sana. Tak harus tempat yang luas, kamu bahkan bisa hanya menaruh dua kursi dan satu meja saja yang tak memakan banyak tempat.

Nah, itu dia beberapa desain teras rumah cantik sederhana dengan konsep yang berbeda-beda, semuanya bisa dicocokkan saja dengan kondisi yang ada dan juga selera~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE