Kalau kamu pecinta pedas, bentuk dan rasa cabai rawit pasti sudah tak asing lagi. Yup, cabai rawit emang tergolong dalam cabai yang punya tingkat kepedasan cukup tinggi. Rasanya yang pedas dan wanginya yang khas emang bikin kamu ketagihan. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat bersahabat dengan salah satu jenis cabai ini.

Tahukah kamu, ternyata cabai rawit ini nggak cuma bikin kamu huh hah kepedasan, tapi punya segudang manfaat bagi kesehatan. Kamu yang suka cabai satu ini mungkin nggak akan nyangka dengan khasiat-khasiat yang diberikannya untuk tubuhmu. Penasaran?

1. Jagoan satu ini bakal membantumu untuk menangkal kanker yang ingin menggerogoti tubuhmu

penangkal kanker via commons-wikimedia.org

Dalam satu buah cabai rawit, terkandung sejenis zat yang bernama capsaicin. Zat inilah yang mampu mengurangi atau bahkan merusak sel-sel kanker yang ada di tubuh manusia.

Sebuah penelitian yang berjudul Capsaicin, a Component of Red Peppers, Inhibits the Growth of Androgen-Independent, p53 Mutant Prostate Cancer Cells menyatakan bahwa capsaicin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Nggak cuma itu, capsaicin juga berfungsi untuk menangkal sel-sel bahaya yang ada dalam paru-parumu.

2. Nggak cuma menambah selera makan, cabai rawit juga membantumu untuk nurunin berat badan!

Advertisement

nurunin berat badan via scoopwhoop.com

Dilansir oleh Daily Mail, mengkonsumsi cabai rawit dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, cabai rawit juga bisa menurunkan berat badan dan mengurangi kemungkinan obesitas. Hal ini dikarenakan saat kamu mengkonsumsi cabai rawit, akan terjadi proses termogenesis, dimana lemak yang ada ditubuhmu terbakar.

Jadi, semakin sering kamu mengonsumsinya, tentu lemak yang ada di tubuhmu juga semakin berkurang. Hmm, buat kamu yang pengen nurunin berat badan bisa coba yang satu ini nih 🙂

3. Siapa sangka kecil-kecil cabai rawit ini bisa memperlambat penuaan, apalagi dikonsumsi secara beraturan

mencegah penuaan via medicaldaily.com

Cabai rawit mengandung antioksidan yang tinggi. Yup, vitamin C dan vitamin A yang dikandungnya, berfungsi uuntuk menangkal dampak dari radikal bebas yang ada di tubuhmu.

Untuk itu, zat ini juga besar peranannya untuk mencegah terjadinya penyakit. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas. Hal inilah yang membuat sel kulitmu senantiasa awet muda.

4. Kandungannya juga diyakini bisa mengurangi resiko stroke dan penyumbatan pembuluh darah

mencegah stroke via authoritynutrition.com

Kandungan yang terdapat dalam cabai rawit ini juga bisa menangkal penyakit stroke, lho. Karena cabai rawit mengandung zat-zat yang mampu mencegah pembentukan gumpalan-gumpalan darah. Sehingga, risiko terkena penyakit stroke juga semakin kecil. Makin seneng ‘kan mengonsumsi si jagoan pedas satu ini?

5. Dengan lancarnya aliran darahmu karena mengonsumsi cabai rawit, tentu kamu juga bakal jauh dari penyakit jantung

mencegah penyakit jantung via beritadaerah.co.id

Cabai rawit emang terkenal dengan tingginya kandungan vitamin, seperti vitamin C, B, B6, asam folat, dan lain sebagainya. Dan tahukah kamu, bahwa vitamin B yang ada pada cabai rawit ini membantu mengurangi kadar homocysteine dalam tubuh.

Homocysteine adalah senyawa asam amino yang jika kadarnya melebihi normal, bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan serangan jantung. Jadi, dengan mengonsumsi cabai rawit, setidaknya kamu bisa mengurangi peluang terkena penyakit ini.

6.  Khasiatnya juga dipercaya untuk mengatasi nyeri sendi yang mungkin sering kamu alami

mengatasi nyeri sendi via listtop10s.com

Pernah dengar koyo cabai? Kalau kamu suka nyeri sendi atau pegel, kamu pasti sering menggunakan produk ini. Ternyata, koyo cabai mengandung senyawa capsaicin, yang berfungsi untuk menghilangkan pegal-pegal atau nyeri sendi.

Dalam buku “Mengatasi Permasalahan Bertanam Cabai” dijelaskan bahwa, senyawa ini juga sering dijadikan bahan pembuatan krim gosok untuk anti reumatik.

7. Buat kamu yang gampang lelah, cabai rawit ini bakal bikin kamu kembali bergairah

biar bergairah via prowomenpowder.com

Kenapa cabai rawit bisa bikin kamu kembali bergairah? Karena ia dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu. Selain itu dia juga mengandung zat-zat yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Beta karoten yang ada dalam cabai ini juga bakal menjaga kekebalan tubuhmu. Jadi, semakin sering kamu mengonsumsi si pedas satu ini, maka rasa lelah dan nggak bergairah pasti bakalan menjauhimu 🙂

So, kalau kamu ingin mendapatkan manfaat dari cabai rawit ini, jangan lupa untuk mengonsumsinya sesuai porsi, ya! Jangan berlebihan, biar nggak mengganggu kesehatan 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!