Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan (Arab, Latin & Artinya)

Ketahui doa dan artinya untuk dapat mengamalkannya

Tahukah kamu, dalam Islam, makan bukan sekadar aktivitas mengenyangkan perut lho! Lebih dari itu, ini bisa jadi kegiatan yang menjadi sebab datangnya keberkahan dan pahala. Caranya, dengan membaca doa sebelum makan dan sesudahnya.

Advertisement

Tentu saja, sangat disayangkan jika kamu melewatkan membacanya. Padahal, doa ini merupakan kegiatan sederhana, tidak memakan banyak waktu, dan mudah kamu lakukan. Setelah menghafalkan doa sebelum makan dan sesudah di bawah ini, mudah-mudahan kamu bisa rutin melafalkannya ya!

Doa sebelum makan

makanan enak

Doa sebelum makan | Credit: Pixabay

Sebelum melafalkan doanya, kamu harus pastikan bahwa makanan yang akan kamu santap terjamin kehalalannya. Baik dari jenis makanannya, maupun cara mendapatkannya. Dua hal ini juga memengaruhi keberkahan dari makanan yang kamu makan.

Apabila sudah dipastikan, kamu bisa melafalkan doa doa sebelum makan arab, latin, dan artinya berikut ini.

Advertisement

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ 

Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, bismillâh 

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillâh (atas nama Allah).”

Setelah membacanya, kamu bisa mulai makan dengan memperhatikan adab-adabnya, seperti makan dengan tangan kanan dan tidak sambil berdiri.

Doa setelah makan

piring dan sendok

Doa setelah makan | Credit: Pixabay

Advertisement

Di antara adab makan Rasul SAW adalah menjilati jari-jari tangan hingga bersih dan memakan makanan yang tersisa dan berjatuhan. Tidak menyisakan sedikit pun makanan yang ada dalam piring adalah wujud syukur atas nikmat Allah. 

Sebaliknya, membiarkannya tersisa adalah wujud menyia-nyiakan karunia-Nya. Tentu, seorang muslim mestinya tak membiarkan ada makanan yang terbuang.

Lalu, bagaimana doa sesudah makan yang perlu kamu baca setelah makan benar-benar selesai? Berikut lafaznya.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ 

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn. 

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh.”

Penutup

Doa sebelum makan dan sesudahnya tergolong pendek jika kamu bandingkan dengan doa-doa lainnya. Kamu pasti sangat mudah menghafalkan dan mengamalkannya. Hanya saja, butuh konsistensi agar ini dapat menjadi kebiasaan baik yang selalu kamu lakukan.

Semoga setelah ini kita bisa mengamalkannya secara konsisten ya, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE