Resep Es Kolang Kaling Santan Gula Merah, Manis nan Segar!

Kolang-kaling adalah satu dari sekian bahan yang paling umum digunakan sebagai isian olahan minuman es. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuatnya cocok jadi isian minuman, salah satunya es kolang-kaling. Intip resep es kolang-kaling simple hanya di sini!

Resep Es Kolang-kaling Santan Gula Merah, Manis Gurih!

es kolang kaling

resep es kolang kaling via cookpad

Advertisement

Es kolang-kaling santan memiliki rasa yang gurih menyegarkan. Apabila ditambahkan gula merah, rasanya akan makin nikmat. Simak proses pembuatannya di bawah ini!

Bahan Penting

Untuk mendapatkan hasil es yang mantap, kamu perlu menyediakan bahan berikut:

  • 130 ml santanĀ 
  • 8 gelas sedang air
  • 500 gram kolang-kaling, iris tipis
  • 2 bungkus vanili bubuk
  • 10 sdm gula merah sisir
  • garam
Advertisement

Cara Pembuatan

Jika seluruh bahan telah kamu sediakan, saatnya meracik minuman super segar ini dengan langkah di bawah:

  1. Tuang air ke dalam panci dan masukkan gula merah sekaligus garam ke dalamnya. Larutkan campuran tersebut lalu angkat dan saring larutan agar bebas dari tekstur yang menggumpal.
  2. Lalu, menggunakan panci yang sama, didihkan kembali air larutan gula merah tersebut dan berikan tambahan vanili. Ketika larutan telah cukup bergejolak, tuangkan santan perlahan lalu aduk sampai rata dan diamkan hingga benar-benar matang.
  3. Sembari menunggu mendidihnya kuah di atas, siapkan panci lain dan masukkan irisan tipis kolang-kaling ke dalamnya. Selanjutnya, tuang air ke panci tersebut dan panaskan kolang-kaling sebentar saja agar benar-benar matang. Setelah itu, sisihkan rebusan kolang-kaling lalu buang airnya.
  4. Apabila kuah santan gula merah telah mendidih sekaligus matang sempurna, matikan api lalu sisihkan. Tunggu hingga suhu kuah menurun lalu tambahkan es batu ke dalamnya. Namun, kamu juga bisa menyediakan es batu di tempat terpisah tanpa perlu menambahkannya ke dalam kuah.
  5. Siapkan kedua panci yang masing-masing berisi kolang-kaling dan kuah santan gula merah di atas meja.
  6. Untuk penyajiannya, ambil gelas lalu ambil kolang-kaling secukupnya. Setelahnya, siram kolang-kaling dengan kuah santan gula merah ke dalam gelasmu.

Es kolang kaling gula merah dan santan ini sudah pasti bisa membantu melepas dahaga setelah haus seharian. Rasanya yang manis dan tambahan es batunya membuat sajian minuman es kolang-kaling jadi makin menyegarkan. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE