7 Resep Minuman Buka Puasa Ala Anak Rantau, Segar dan Gampang Bikinnya

Resep minuman buka puasa

Menjalani ibadah puasa ketika sedang berada jauh dari keluarga memang rasanya ada yang kurang. Kalau di rumah, ada orangtua yang menyiapkan variasi takjil untuk berbuka, mulai dari kolak pisang hingga es campur yang menyegarkan. Meski begitu, kamu juga bisa, lho, membuat minuman buka puasa sendiri dengan resep yang menarik dan unik.

Advertisement

Nah, ketimbang jajan beli minuman untuk buka puasa di luar, Hipwee punya rekomendasi beberapa minuman segar yang bisa kamu buat sendiri, nih, di kos. Intip dulu deh resepnya di sini. Kalau tertarik, bisa langsung praktikkan buat buka puasa nanti.

1. Es blewah sirop melon

resep minuman buka puasa

es blewah sirop melon | Photo by sayurbox.com

Sajian es blewah kerapkali menyegarkan dahaga setelah menjalani puasa. Nah, kamu bisa, nih, membuat es blewah sendiri dengan sentuhan sirop melon. Mampir pasar sebentar, beli blewah, lalu olah menjadi es blewah sirop melon yang siap segarkan momen buka puasamu.

Bahan-bahannya:

Advertisement
  • 1/2 buah blewah, dikerok panjang
  • 1/2 buah melon, dikerok panjang
  • Selasih untuk mempercantik tampilan
  • Sirup melon secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Campur blewah dan melon ke dalam gelas saji.
  2. Tuangkan air, tambahkan sirup melon secukupnya.
  3. Sajikan Es Blewah Sirop Melon dengan es batu sesuai selera.

2. Es kopyor

Es Kopyor Agar-agar | Photo by hd-resep-makanan-indonesia.blogspot.com

Nggak perlu lagi repot-repot cari kelapa kopyor untuk bikin es kopyor. Kamu bisa menggantinya dengan olahan agar-agar yang cita rasanya mirip dengan kelapa kopyor versi aslinya. Dijamin, resep minuman buka puasa yang satu ini akan melengkapi menu buka puasa di kos.

Bahan-bahannya:

  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 500 ml santan
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • Sirup coco pandan secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Bongkahan es batu secukupnya
  • Air es secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masak santan, agar-agar, gula pasir dan garam hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat dan biarkan hingga agar-agar nggak begitu panas.
  2. Siapkan bongkahan es batu, ambil satu sendok sayur agar-agar dan tuangkan ke atas bongkahan es batu tadi. Agar-agar akan menggumpal dan membentuk lembaran agar-agar yang lumer mirip kelapa muda. Pindahkan lembaran agar-agar pada wadah yang berisi air es. Lakukan hingga agar-agar habis.
  3. Siapkan gelas saji. Tuang sirup coco pandan, lembaran agar-agar dan es batu dan sedikit air es. Siram dengan susu kental manis.
  4. Es Kopyor Agar-agar pun siap disajikan untuk segarkan buka puasamu.

3. Es Dalimun

resep minuman buka puasa

Es Dalimun | Photo by www.saribundo.biz

Minuman pakai cincau hitam sudah, sekarang giliran bikin minuman segar yang berbahan cincau hijau alias es dalimun. Nggak kalah mudah dan enak kok! Bahan-bahannya bisa kamu cari di supermarket, pasar, ataupun warung terdekat.

Bahan-bahannya:

  • 1/2 kotak cincau hijau
  • 50 gr kolang-kaling, rebus dan tiriskan
  • 250 ml santan
  • Gula merah yang dicairkan secukupnya
  • Es serut secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masak santan di atas api kecil sambil terus diaduk sampai matang.
  2. Tuang santan dan sebagian gula merah ke dalam wadah saji. Aduk rata. Lalu masukkan potongan cincau, kolang-kaling, dan es serut.
  3. Es Dalimun pun siap dinikmati sebagai takjilan!

4.  Es teh tarik cincau

resep minuman buka puasa

Es teh tarik cincau | Photo by streetfood.co.id

Daripada cuma membatalkan puasa dengan es teh doang, coba deh bikin es teh tarik cincau yang lebih kaya rasa. Resep membuat minuman es teh tarik cincau untuk buka puasa pun tidak terlalu sulit. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara membuatnya:

Bahan-bahannya:

  • 1/2 kotak cincau hitam
  • 3 kantong teh celup
  • 2 saset susu kental manis
  • Gula pasir secukupnya
  • 800 ml air panas
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Seduh teh dengan air panas, masukkan gula pasir dan aduk sampai larut. Tambahkan susu kental manis dan aduk rata. Lalu diamkan sampai panasnya hilang.
  2. Serut cincau dan masukkan ke dalam teh susu. Lalu tambahkan es batu.
  3. Tadaaaa, Es Teh Tarik Cincau pun siap dihidangkan.

5. Es kuwut

resep minuman buka puasa

es kuwut | Photo by inews.id

Minuman segar khas Bali alias es kuwut bisa banget dijadikan alternatif kalau kamu bosan dengan es kelapa muda yang rasanya gitu-gitu aja. Beruntungnya, kamu bisa membuatnya sendiri, lho, di kos dengan resep-resep di bawah ini:

Bahan-bahannya:

  • 1 mangkok kelapa muda yang sudah diserut
  • Air kelapa muda secukupnya
  • Buah melon secukupnya, kerok bulat
  • 2 sdm selasih, rendam dengan air hangat, biarkan mekar
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • Gula pasir secukupnya, larutkan dengan sedikit air hangat
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Tata kelapa muda dan buah melon di mangkok. Tambahkan selasih sesuai selera dan tata es batu di atasnya.
  2. Campur air kelapa muda dengan gula cair. Tuang ke atas mangkuk. Beri perasan jeruk nipis.
  3. Es Kuwut khas Bali pun siap dinikmati.

6. Es buah naga

resep minuman puasa

Es Buah Naga | Photo by www.vebma.com

Buah naga nggak hanya bisa dinikmati jusnya saja, tapi juga bisa diolah jadi minuman segar dengan resep yang cocok dan dijadikan sebagai santapan saat buka puasa.

Bahan-bahannya:

  • 2 buah naga merah, kupas dan ambil dagingnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air putih secukupnya
  • Es serut secukupnya
  • Buah mangga atau alpukat (optional)

Cara membuatnya:

  1. Blender satu buah naga, tambahkan dengan air dan gula jika kamu suka manis. Sisihkan. Potong dadu sisa buah naga lainnya.
  2. Tuang jus buah naga dalam gelas saji, lalu tambahkan es serut secukupnya.
  3. Tata buah naga merah yang sudah dipotong-potong, sekalian buah lain sebagai tambahan. Siramkan kembali sisa buah naga yang sudah diblender.
  4. Tambahkan susu kental manis di atasnya, daaaan Es Buah Naga pun siap dihidangkan.

7. Mojito leci

Mojito Leci | Photo by www.nyonyacooking.com

Tertarik untuk coba minuman yang unik saat buka puasa? Mojito leci sepertinya bisa jadi jawaban yang tepat untuk kamu. Resep mojito leci ini nggak mengandung alkohol sehingga bisa kamu siapkan sesaat sebelum waktu berbuka, lho.

Bahan-bahannya:

  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 buah leci kalengan
  • 2 sdt gula pasir
  • Air soda secukupnya
  • 5-10 lembar daun mint
  • Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Iris jeruk nipis, peras, lalu letakkan jeruk nipis dalam gelas.
  2. Beri gula pasir dan es batu, aduk rata dengan air jeruk nipis.
  3. Letakkan daun mint pada telapak tangan lalu hancurkan dengan menggosok kedua tangan. Masukkan potongan daun mint ke dalam gelas.
  4. Tambahkan 3 buah leci dan air soda secukupnya, aduk rata. Tambahkan kembali es batu secukupnya.
  5. Mojito Leci pun siap disajikan.

Itu dia 7 resep minuman buka puasa yang bisa kamu sajikan sebagai anak rantau yang jauh dari keluarga. Meski anak rantau, bukan berarti kamu hanya bisa buka puasa dengan menu es teh terus setiap harinya. Tanpa perlu beli mahal-mahal, kamu bisa bikin sendiri minuman segar ala anak rantau dengan panduan resep di atas. Takjil buka puasa pun serasa naik kelas!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE