Resep Es Nangka Gula Aren ala Rumahan yang Manis dan Segar

Kamu merupakan salah satu penggemar buah nangka dan mau membuat olahan segar dari buah favoritmu? Yuk, coba buat es nangka gula aren ala rumahan! Penasaran dengan resepnya? Simak lebih lanjut di artikel ini!

Advertisement

Siapa sih yang nggak suka olahan es nangka gula aren yang segar ini? Selain menjadi dessert, es nangka gula aren juga ramai masyarakat pilih sebagai salah satu menu takjil segar.

Es nangka gula aren juga dapat kamu kreasikan. Mulai dari es nangka gula aren campur cincau, es nangka gula aren susu, hingga es nangka gula aren dengan sirup.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuat olahan segar ini di rumah, yuk simak resep es nangka gula aren ala rumahan berikut!

Advertisement

Resep Es Nangka Gula Aren

es nangka gula aren

resep es nangka gula aren via cookpad

Sebelum kita lanjut ke cara membuat es nangka gula aren, kamu harus menyiapkan beberapa bahan di bawah ini terlebih dahulu.

Bahan-bahan Es Nangka Gula Aren

Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan.

Advertisement
  • Dua ratus gram gula merah aren
  • Enam ratus mililiter air
  • Dua ratus gram buah nangka
  • Es batu secukupnya

Nah, jika bahan-bahan di atas sudah kamu siapkan, yuk kita lanjut ke cara pembuatan es nangka gula aren!

Cara Membuat Es Nangka Gula Aren

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat es nangka gula aren!

  1. Pertama, kamu harus memotong daging buah nangka menjadi dadu-dadu kecil.
  2. Setelahnya, ambil sekitar seratus gram gula merah aren. Selanjutnya, haluskanlah dengan blender. Haluskan dengan cara kering, jangan tambahkan air sedikit pun.
  3. Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan dengan api sedang. Lalu, masukkan seratus gram gula aren lainnya ke dalam wajan. Aduklah hingga meleleh dan menjadi karamel gula merah aren.
  4. Berikutnya, kamu dapat menyiapkan gelas saji. Kemudian, masukkan buah nangka yang telah kamu potong dadu tadi ke dalam gelas saji. Jika sudah, tambahkan gula aren yang telah kamu haluskan tadi ke dalam gelas dan tuangkan dua ratus mililiter air hangat. Aduk-aduklah hingga gula merah aren halus larut dan merata.
  5. Selanjutnya, tambahkanlah empat ratus mililiter air dingin. Lalu, masukkan karamel yang telah kamu buat tadi ke dalam gelas selagi hangat. Aduklah campuran tadi itu hingga karamel menjadi bola-bola butiran yang legit.
  6. Terakhir, kamu dapat menambahkan es batu sesuai dengan seleramu. Dan, es nangka gula aren pun siap untuk kamu hidangkan!

Nah, bagaimana, ternyata membuat es nangka gula aren itu sangat mudah, kan? Sudah siap untuk mencobanya di rumah?

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE