Resep Es Sarang Burung, Minuman Manis Mengenyangkan

Es sarang burung adalah salah satu minuman dingin yang menjadi andalan banyak orang. Tapi, memangnya bisa menjadikan sarang burung minuman segar? Tenang saja, es sarang burung ternyata tak memakai sarang burung asli, kok!

Advertisement

Faktanya, nama ‘sarang burung’ diambil dari bahan inti yang digunakan, yaitu agar-agar. Jadi, es sarang burung berasal dari serutan memanjang agar-agar tersebut. Nah, menu ini mudah untuk kamu racik di rumah, lo. Simak selengkapnya!

Resep Es Sarang Burung Agar-agar

es sarang burung

es sarang burung via cookpad

Kamu tertarik untuk membuat menu minuman segar ini? Tenang saja, simak proses pembuatannnya mulai awal hingga akhir hanya di sini!

Bahan Penting

Sebelum dapat meracik minuman ini, kamu perlu menyediakan sejumlah bahan berikut:

Advertisement
  • 2 sachet agar-agar bubuk warna merah
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 L air
  • 4 buah kiwi
  • 400 gr nata de coco
  • ¾ botol sirup merah
  • 2 sdm biji selasih
  • 1 buah melon
  • Es batu

Cara Pembuatan

Apabila seluruh bahannya telah kamu persiapkan, saatnya kaum meracik minuman es ini. Ikuti cara berikut:

Advertisement
  1. Ambil panci lalu tuangkan bubuk agar-agar, air, sekaligus gula pasir. Setelahnya, didihkan larutan sembari diaduk supaya tidak menggumpal.
  2. Jika telah mendidih, matikan kompor lalu tuang larutan agar-agar ke dalam loyang berbentuk kotak. Biarkan suhunya menurun dan teksturnya mengeras.
  3. Sembari menunggu agar-agar mengeras, potong kiwi menjadi bentuk dadu. Lalu, ambil daging buah melon memakai baller dan tempatkan di wadah yang berukuran besar.
  4. Selanjutnya, parut agar-agar yang telah mengeras menggunakan parutan keju. Lakukan step ini hingga seluruh agar-agar diparut tuntas.
  5. Menggunakan wadah buah-buahan, masukkan kiwi, parutan agar-agar, melon, air, sirup, nata de coco, biji selasih, sekaligus es batu. Setelahnya, mix seluruh bahan menggunakan sendok sayur.
  6. Apabila seluruh bahan sudah tercampur seluruhnya, koreksi rasa dan sesuaikan level manisnya sesuai seleramu.
  7. Hidangkan minuman lalu santap selagi dingin.

Tak sulit, bukan, meracik bahan-bahan tersebut menjadi minuman dingin yang menyegarkan? Nah, selain manis dan segar, es sarang burung juga kaya akan isian sehingga cukup mengenyangkan saat dikonsumsi. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE