Menjalani hari-hari menjadi anak kosan selalu penuh dengan kejutan yang nggak pernah kamu duga sebelumnya. Mulai dari kehabisan listrik ketika sampai di kosan padahal hari sudah malam, hilangnya bahan makanan yang sudah kamu simpan di dapur untuk akhir bulan, jemuran yang tiba-tiba diangkat padahal belum kering dan kejutan-kejutan seru yang menantimu setiap harinya.

Dengan segala aktivitas kamu yang padat sebagai mahasiswa atau pekerjaanmu yang nggak ada habisnya, kamu seringkali luput memberikan perhatian pada barang-barang yang selalu kamu gunakan setiap harinya ini. Sebelum kamar kosanmu berubah menjadi gudang kuman, Hipwee mau ngasih tau beberapa hal yang seharusnya kamu berikan perhatian untuk rutin kamu bersihkan dan ganti secara berkala.

1. Karpet yang kamu gunakan sebagai alas lantai di kamar kosan sangat bisa mengandung ribuan kuman. Jangan cuma disapu aja! Ingat, kutu dan kuman hobi banget bersarang di sana

nggak cukup cuma di vacum cleaner via www.pexels.com

Advertisement

Makan di kosan di atas karpet, mengerjakan tugas di atas karpet juga, apa kamu nggak ngerasa kalau karpet yang kamu gunakan sehari-hari itu kotor dan semakin kotor? Kayaknya kalau cuma di-vacuum cleaner nggak mempan deh mengilangkan ribuan kuman yang bersarang. Cuci karpetmu setiap 2 bulan sekali biar nggak ngeres dan gatal ketika digunakan!

2. Sprei yang kamu gunakan untuk tidur adalah sarang kuman, tungau dan kawan-kawannya. Ganti dan cuci spreimu setiap seminggu sekali

sprei di kasurmu via www.pexels.com

Ketika kamu pulang dari kegiatan di kampus atau nongkrong, kamu nggak sadar kalau di badanmu sudah menempel ribuan bakteri kuman yang akan menempel pada benda yang langsung berinteraksi dengan badanmu. Kebayang nggak sih karena kemalasanmu mengganti sprei (yang sudah kamu tiduri dengan kuman-kuman itu), badanmu lama-kelamaan timbul biduran dan merah-merah, hiii jijay kali ye~

3. Handuk, kain yang selalu kamu gunakan untuk mengelap tubuhmu setelah mandi ternyata bisa tumbuh jamur jika tidak dicuci selama 2 minggu

handuk via www.pexels.com

Setiap kali kamu mandi dalam sehari yang 2 kali itu ya satu kali lah kalau lagi malas,  pastinya setelah mandi, badan akan kamu keringkan menggunakan handuk kan? Bayangkan saja, kalau rutinitas tersebut terus menerus kamu lakukan sehingga tingkat kelembapan dari handukmu pun tinggi meskipun sudah dijemur. Apalagi buat kamu yang hanya menjemur handuk di dalam kamar kosan. Idiih nggak geli apa kumpulan jamur kamu gosok ke badanmu. Cucilah handuk minimal seminggu sekali, atau panu dan kurap menanti.

4. Curtain atau gorden yang kamu gunakan menghalau sinar matahari di jendela kamar kos itu kapan terakhir dicuci? Kebayang kan berapa banyak debu yang sudah menempel di situ?

gorden via www.pexels.com

Advertisement

Meskipun terlihat tidak kotor karena tidak ada debu yang terlihat dengan mata telanjang, sebenarnya gordenmu tetap saja kotor. Nggak percaya? Coba deh kamu rendam gorden yang udah kamu gunakan selama ini, pasti warna rendaman airnya butek kaya masa lalu kamu sama dia. Alangkah baiknya jika gordenmu dicuci dan jangan lupa di rendam dulu ya, jika sudah kamu gunakan selama 1-2 bulan, agar kebersihan kamarmu terjaga.

5.  Sikat gigi merupakan salah satu tempat dengan banyak bakteri apabila nggak kamu ganti secara berkala. Jangan nunggu megar baru ganti, jijik tau!

sikat gigi via www.pexels.com

Alih-alih ingin membersihkan gigimu setelah makan, tau nggak sih kamu kalau sikat gigi justru menyimpan banyak sekali bakteri kalau kamu nggak menggantinya secara berkala? Kenapa bisa begitu, karena setelah digunakan untuk menyikat gigi, biasanya sikat gigi akan kamu gantung atau letakkan begitu saja di kamar mandimu. Nah, selama berjam-jam itulah bakteri yang terkandung dalam udara menempel. Idealnya, ganti sikat gigimu jika telah kamu gunakan selama … bulan.

6. Keset yang kamu gunakan di depan pintu kamar kosanmu sudah menyerap debu dan kotoran di telapak kakimu setiap harinya, yakin nih nggak mau dicuci secara berkala?

keset via www.pexels.com

Setelah beraktivitas seharian, kamu pasti akan melepaskan sendal atau sepatumu dan masuk ke kamar kosan. Tahukah kamu, kalau bau apek yang menempel pada kakimu selama seharian dapat dibilang bersih meskipun tertutup oleh sepatu? Debu dan kotoran bisa masuk lewat celah sekecil apapun, lagipula apa kamu lupa kalau kakimu juga berkeringat? Lebih baik ganti dan cuci kesetmu jika sudah digunakan selama 3 minggu ya, guys!

7. Selimut yang selalu kamu gunakan untuk tidur setiap harinya ini, yakin kalau nggak ada bakteri yang menempel? Keringat bahkan ilermu ketika tidur tiap malam, ada berapa banyak tuh.. Euwh!

selimut kesayangan via www.pexels.com

Pernahkah kamu merasa kepanasan ketika tidur menggunakan selimut? Atau terbangun tengah malam dan merasakan iler di wajah yang menempel pada selimutmu? Bisa kamu bayangkan kan berarti seberapa menjijikannya selimut kesayangan yang selalu kamu peluk-peluk ketika tidur? Cucilah selimutmu setiap sebulan sekali, atau ketika kamu merasa sudah tak nyaman ya. Tak perlu ditunda lagi.

Nah itu tadi, beberapa barang anak kosan yang selama ini kamu gunakan tetapi luput dari perhatianmu untuk merendam, mencuci atau bahkan menggantinya dengan yang baru. Berikan perhatian lebih untuk barang-barang ini ya biar kehidupanmu sebagai anak kos nggak lagi dipenuhi oleh bakteri dan kuman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya