7 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Mendatangkan Kesuksesan. Nyaman Aja Nggak Cukup!

Feng shui kamar tidur

Memiliki kamar tidur yang nyaman untuk beristirahat ternyata nggak cukup sebagai kamar yang ideal, lo. Kalau menurut feng shui atau ilmu Cina kuno, kamar tidur merupakan tempat yang cukup berpengaruh untuk kehidupan, karena digunakan paling lama dalam sehari-hari, dibanding dengan ruangan lain di rumah. Apalagi jika kamu yang jadi anak kos, sudah pasti kamar adalah tempat untuk berbagai aktivitas.

Advertisement

Dalam ilmu feng shui, kamar tidur yang ideal memiliki energi-energi positif yang diperlukan untuk meraih kesuksesan seperti pendidikan dan karier. Maka dari itu feng shui kamar tidur penting banget untuk kita pertimbangkan. Feng shui kamar tidur akan mengatur tata letak tempat tidur, pencahayaan, warna, dan apa saja yang baik serta harus dihindari di dalam kamar. Supaya lebih jelas, yuk simak seperti apa feng shui kamar tidur yang baik dan bermanfaat untuk kesuksesan!

1. Posisi tempat tidur ‘komando’ yang jauh dari pintu dan jangan berhadapan langsung dengan pintu masuk

Feng shui kamar tidur

Tempat tidur tidak berada tepat di depan pintu | Credit by Spacejoy on Unsplash

Dalam ilmu feng shui menata tempat tidur yang baik dan bisa mendatangkan energi positif, kita harus mempertimbangkan letak pintu masuk kamar. Tempat tidur harus diletakkan jauh dari pintu dan nggak boleh persis berada di depan pintu. Posisi ini dinamakan posisi komando, di mana tempat tidur menghindari aliran chi atau aliran energi alam yang bisa menerpa tubuh saat tidur. Selain itu, pintu juga tetap harus terlihat ketika kita berada di tempat tidur.

Menurut ilmu feng shui, aliran chi dapat mengurangi kualitas tidur bahkan mengganggu kesehatan. Hal ini akan membuat tubuh kurang sehat dan semangat saat bangun di pagi hari. Kondisi ini akan berpengaruh pada motivasi dan kekuatan kita dalam meraih kesuksesan. Jika kondisi tempat tidurmu sulit diubah dan berhadapan dengan pintu, kamu bisa menyiasatinya dengan meletakkan lemari atau furnitur lain yang bisa menjadi penghalang antara tempat tidur dan pintu.

Advertisement

2. Maksimalkan cahaya alami untuk membantu meningkatkan semangat dan produktivitas

Feng shui kamar tidur

Pencahayaan alami yang maksimal | Credit by NewAfrica on depositphoto

Salah satu tips feng shui kamar tidur yang nggak boleh kita abaikan adalah soal pencahayaan. Kamar dengan pencahayaan alami dari sinar matahari yang maksimal akan membantu pelepasan energi positif dan meningkatkan kadar serotin dalam tubuh. Sehingga, ketika bangun tidur kita bisa merasakan semangat untuk beraktivitas dan lebih produktif.

Jika kamarmu nggak memiliki jendela yang cukup ideal untuk pencahayaan alami yang maksimal, kamu bisa membuka pintu saat siang hari. Menurut feng shui kamar tidur, hal ini juga bermanfaat untuk kesehatan, karena cahaya matahari bisa mengurangi kelembapan ruangan dan mencegah bakteri serta jamur.

3. Gunakan elemen kayu di kamar yang melambangkan kemakmuran dan kelimpahan rezeki supaya bisa mendatangkan hoki

Advertisement
Feng shui kamar tidur

Kamar dengan elemen kayu | Credit by Dmitry Zvolsky on Pexels

Dalam ilmu feng shui, elemen kayu memiliki makna positif dalam kehidupan manusia. Kayu bermakna pertumbuhan dan kesehatan serta melambangkang kemakmuran. Feng shui kamar yang baik untuk rezeki dengan cara menggunakan elemen kayu di dalam kamar, misalnya untuk furnitur, lantai, langit-langit, hingga pelapis dinding. Feng shui ini juga diyakini bisa mendatangkan hoki, lo.

Kayu juga dinilai mewakili alam seperti air, pohon dan hutan sehingga bisa menghadirkan suasa alam yang menambah kenyamanan saat beristirahat. Jika kamu masih kesulitan menghadirkan elemen kayu di dalam kamar dalam bentuk yang nyata, bisa kok pakai cara yang mudah dulu misalnya menggunakan lantai vinyl atau wallpaper motif kayu. Hal ini bisa menyiasati feng shui kamar tidur dengan elemen kayu.

4. Letakkan beberapa tanaman indoor di dalam kamar untuk menambah energi positif

Feng shui kamar tidur

Tanaman di dalam kamar | Credit by Taryn Elliot on Pexels

Tanaman memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen di dalam ruangan sehingga menghadirkan kesan yang sejuk. Menurut feng shui kamar tidur, tanaman juga bisa menghadirkan energi positif yang menambah kenyamanan saat beristirahat dan meningkatkan semangat. Energi positif dari tanaman ini juga bisa mendatangkan keberuntukan dan berperan dalam kesuksesan, lo.

Kamu bisa memilih tanaman yang nggak membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tumbuh dan perawatan yang mudah. Misalnya beberapa jenis tanaman indoor seperti sirih gading, lidah mertua, peach lily dan sebagainya.

5. Gunakan warna kamar tidur yang menyimbolkan kesejahteraan dan kesuksesan berdasarkan arah mata angin

Feng shui kamar tidur

Warna hijau menyimbolkan kemakmuran | Credit by photograpee.eu on depositphoto

Dalam memilih warna kamar tidur menurut feng shui harus mempertimbangkan unsur-unsur alam dan maknanya. Beberapa pilihan warna juga bisa menjadi pertimbangan berdasarkan arah mata angin yang sesuai dengan posisi kamar. Berikut feng shui warna kamar tidur yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kamarmu:

  • Tenggara: hijau yang menyimbolkan kemakmuran
  • Barat dan barat laut: putih, emas, dan perak yang menyimbolkan kesuksesan dan kesejahteraan
  • Timur, timur laut dan dan barat daya: cokelat, kuning dan merah muda, dianggap mampu meningkatkan fokus dan produktivitas
  • Selatan: merah yang menyimbolkan keberanian
  • Utara: biru dan hitam yang menyimbolkan ketentraman

6. Jangan tempatkan meja kerja atau meja belajar di dalam kamar karena akan mengganggu kualitas istirahat

Feng shui kamar tidur

Jangan letakkan meja kerja di kamar | Credit by thestandingdesk on Unsplash

Berdasarkan nilai-nilai feng shui, kamar tidur merupakan tempat istirahat sehingga nggak boleh disatukan dengan tempat untuk beraktivitas seperti bekerja. Maka dari itu, penempatan meja kerja atau meja belajar di dalam kamar menurut feng shui harus dihindari karena bisa mengganggu kualitas istirahat yang berpengaruh pada penurunan produktivitas.

Namun, jika kondisinya nggak memungkinkan untuk meletakkan meja kerja di luar kamar, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat sekat antara meja dan tempat tidur menggunakan furnitur atau kain. Jika masih nggak memungkinkan, maka kamu harus menata meja serapi mungkin tanpa ada buku belajar atau dokumen pekerjaan yang berserakan saat hendak tidur.

7. Jangan terlalu banyak menyimpan barang di dalam kamar untuk menghadirkan energi chi positif dan mendatangkan hoki

Feng shui kamar tidur

Kamar yang rapi | Credit by Serezny on depositphoto

Menurut ilmu feng shui, menyimpan barang terlalu banyak di dalam kamar dapat menimbulkan energi negatif dan menyebabkan kemalasan. Apalagi jika barang nggak terpakai dan berantakan. Maka dari itu kita harus meminimalkan penyimpanan barang di dalam kamar dan rajin menatanya supaya tetap rapi.

Buat kamu anak kos yang mau nggak mau harus menyimpan semua barang di dalam kamar, kamu bisa menggunakan storage untuk menyimpan barang serapi mungkin berdasarkan fungsi atau kegunaannya. Berdasarkan ilmu feng shui, kamar yang rapi bisa menghadirkan energi chi positif dan melambangkan penghuninya rajin sehingga bisa mendatangkan hoki.

Nah itulah beberapa tips feng shui kamar tidur yang bermanfaat untuk kesuksesan. Ternyata kondisi kamar yang ideal nggak cukup hanya nyaman untuk istirahat saja, ya. Penting juga untuk memenumbuhkan energi positif, bermanfaat untuk kesehatan dan mampu meningkatkan produktivitas. Gimana, tertarik make over kamar tidurmu berdasarkan ilmu feng shui?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE