7 Feng Shui Rumah yang Bikin Hunian Jadi Nyaman dan Lancar Rejekinya

Feng shui rumah

Setiap orang tentu menginginkan rumah yang nyaman untuk ditinggali. Kenyamanan tersebut biasanya bermuara pada hubungan yang harmonis dan juga kesehatan lahir batin bagi penghuni rumah. Seperti yang kita tahu, kenyamanan bisa lo diusahakan, salah satunya adalah menggunakan ilmu kuno dari Cina yakni feng shui.

Advertisement

Feng shui sendiri berarti mengatur keseimbangan unsur penting dalam hidup manusia. Sesuai dengan namanya, feng (angin) dan shui (air), kedua hal tersebut merupakan unsur yang terpenting dan tak boleh diabaikan. Ilmu kuno ini sangat populer sebagai dasar dalam penataan rumah, agar tercipta kehidupan yag berimbang bagi penghuni rumah tersebut. Seperti apa ya, feng shui rumah yang bikin nyaman bahkan bisa mendatangkan rezeki?

1. Dalam dunia feng shui, rumah menghadap utara dan selatan diyakini paling membawa keberuntungan

Rumah / Photo by Curtis Adams from Pexels

Dalam perhitungan feng shui, rumah menghadap selatan dan utara ini memiliki keuntungan yang lebih banyak dibanding yang lain. Peruntungan tersebut berupa energi positif yang masuk dan dirasakan oleh semua penghuni rumah. Keunggulan lainnya, penghuni rumah bisa mendapatkan pasokan sinar matahari yang berimbang. Tak perlu merasakan kepanasan tiap pagi seperti rumah yang menghadap timur, dan tiap sore hari seperti rumah yang menghadap ke barat.

Namun, bukan berarti arah rumah selain selatan dan utara melulu buruk. Feng shui rumah menghadap timur identik dengan keberuntungan dalam bidang kesehatan. Selain itu, Feng shui rumah menghadap barat mewakili keberuntungan keluarga, keturunan, dan keberuntungan anak-anak, cocok untuk pasangan yang menginginkan keturunan. Feng shui rumah hadap barat laut diartikan pertolongan dari langit, pemimpin, wewenang, pengaruh, kekuatan keluarga, dan pekerjaan.

Advertisement

2. Ruang terbuka luas, sortir dengan baik dan jangan ada banyak barang yang tak terlalu penting

Ruang longgar / Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Ruangan komunal yang terbuka perlu dimiliki dalam sebuah rumah, ruangan tersebut baiknya tak memiliki perabotan yang nggak terlalu penting fungsinya. Ruangan ini diutamakan dekat dengan pintu utama seperti halnya ruang tamu. Pastikan barang telah disortir dengan baik dan menatanya dengan minimalis.

Dengan ruangan terbuka ini, alur keluar-masuk rezeki dan energi baru lebih lebih besar serta luas. Ruangan yang terbuka membentuk energi yang baik untuk rezeki, serta keberuntungan akan datang dan bertahan dalam rumahmu. Poin pentingnya adalah sediakan ruangan yang terbuka, walaupun rumah nggak terlalu luas, hal ini juga bisa menjadi penerapa feng shui rumah kecil.

3. Dipercaya membawa energi positif, maka wajib menempatkan kaca atau cermin di dalam ruangan

Jangan lupa tempatkan cermin / Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Kaca atau cermin dipercaya sebagai pembawa energi positif dalam feng shui yang dipercaya sebagai magnet rezeki dan keberuntungan. Kaca dan cermin juga disebut menghadirkan cahaya serta kebahagiaan dan mendukung energi ‘air’. Dalam feng shui, air yang mengalir erat kaitannya dengan rezeki yang mengalir dari penghuni rumah. Penempatannya tentunya saja dalam ruang tengah atau ruang tamu, bahkan dalam kamar.

Advertisement

4. Usahakan kamar tak dibangun di garasi atau terlalu dekat dengan dapur, bising bisa mengganggu waktu istirahat

Tambahkan bunga segar di kamar tidur / Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Hindari membangun kamar dekat dengan garasi, kebisingan yang akan terdengar dari garasi ke kamar tidur. Hindari pula membangun kamar di dekat atau berseberangan dengan dapur. Feng shui rumah yang tidak baik ini diyakini akan merusak keharmonisan hubungan suami-istri dan keberuntungan keluarga. Sebenarnya, hal ini masih masuk akal mengingat hawa panas dari kompor dan suara memasak bisa menjadi sumber kebisingan.

Agar kamar lebih nyaman, nggak ada salahnya turut memberikan bunga segar sebagai pajangan. Hal ini dipercaya bisa menghilangkan rasa sumpek serta perasaan tak nyaman.

5. Merupakan pusat kemakmuran dan kesejahteraan, warna-warna pada dapur juga perlu disesuaikan

Dapur / Photo by Dmitry Zvolskiy from Pexels

Dapur, menurut feng shui rumah adalah salah satu pusat atau jantung dari rumah yang dipercaya membawa kemakmuran dan kesejahteraan. Namun, hindari membangun dapur di tengah rumah karena asap dan panas dari api kompor bisa sampai kemana-mana.

Untuk posisi dapur yang terletak di area barat rumah, maka gunakan warna-warna api seperti merah, kuning, dan oranye. Kalau dapur di arah selatan maka kombinasi warna panas dari elemen api merupakan rekomendasi terbaik. Kalau dapur ada di bagian utara maka gunakan warna yang dingin seperti biru, navy, abu-abu, hitam, dan putih. Sedangkan kalau ada di bagian timur, maka dapur dengan tema alam adalah desain yang pas.

6. Berperan dalam menjaga keharmonisan rumah, penataan tangga juga harus diperhatikan

Tangga / Photo by CJ Cauley from Pexels

Tak hanya berfungsi sebagai penghubung dua lantai, tangga menurut feng shui ikut memengaruhi keharmonisan bagi keluarga. Pastikan jumlah anak tangga adalah kelipatan lima ditambah satu atau dua. Selain itu, jangan letakkan tangga di ruang tamu karena bisa mengurangi keharmonisan dan membuat privasi kurang terjaga. Jangan pula letakkan tangga di tengah ruangan, karena bisa mengganggu aktivitas dan pergerakan. Yang terpenting, pastikan tangga nggak curam dan aman ya, SoHip!

7. Kamar mandi selayaknya bebas bocor dan terawat dengan baik

Kamar mandi / Photo by Victoria Borodinova from Pexels

Memastikan kamar mandi terjaga dengan baik dan bebas bocor sangatlah penting dalam dunia feng shui. Dipercaya hal ini sangat berhubungan dengan rezeki para penghuninya. Sementara itu kerusakan seperti lampu mati, air yang bocor, dan kerusakan lain pada kamar mandi berdampak buruk pada keseimbangan yin dan yang. Maka dari itu kamar mandi harus terus dijaga kebersihan dan kelayakannya.

Itu tadi beberapa aturan feng shui rumah yang bisa dijadikan pertimbanganmu saat membeli hunian maupun menata rumah. Keseimbangan merupakan hal yang penting, maka nggak ada salahnya kita banyak mencari tahu, bisa melalui buku feng shui rumah maupun literatur lainnya. Selamat berbenah!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE