“Lu, kenapa Ji? Kok sedih amat kayaknya”
“Gue cuman dapet C+ nih pas ujian. Padahal gue udah belajar semalaman”
“Yaaah… Yang sabar, ya… Hahahaha”

Kamu mungkin pernah mengalami masa dimana kamu udah belajar semalaman tapi hasil ujian masih gitu-gitu aja. Kesel pasti. Udah dibela-belain belajar tiap hari sampai begadang pas mau ujian, eh dapetnya segitu-segitu aja. Kamu mungkin bakal berpikir,

Advertisement

“Mungkin emang gue gak pinter kali, ya?”

Sabar. Sebelum kamu bilang kalau kamu gak pinter, ada baiknya kamu evaluasi dulu cara belajarmu. Siapa tau cara belajar yang selama ini dipakai emang gak cocok sama kamu. Nah, berikut Hipwee berikan beberapa tips cara belajar baru biar belajarmu lebih efektif lagi.

Buat kamu yang fokusnya gampang teralihkan oleh hal-hal sepele, coba deh mulai dengan matikan HP. Urusan gebetan bisa sejenak diabaikan dulu ‘kan…

Coba deh matiin hapemu~

Coba deh matiin hapemu~ via www.technobuffalo.com

HP itu benda paling mengganggu. Meski udah kamu silent, tapi tiap ada SMS atau chat masuk, kamu pasti tau. Bahkan tanpa ada notif apa-apa, kamu juga tetep aja rajin periksa HP (mungkin berharap ada chat dari gebetan kali, ya).

Advertisement

Tapi justru hal itu bisa merusak konsentrasimu dalam belajar. Alih-alih bisa fokus dengan materi pelajaran, kamu malah lebih sibuk memeriksa HP dengan harapan dapat chat dari gebetan.

Lebih baik gak usah belajar sambil dengerin musik. Kalau itu justru bikin kamu susah fokus, lepas headphone-mu dan matikan segala sumber suara.

We found love right where we are~

We found love right where we are~ via www.shemazing.net

Walau ada berbagai penelitian yang bilang bahwa belajar sembari mendengarkan musik itu bisa meningkatkan kemampuan belajar, tapi kalau kamu orang yang susah fokus mending jangan deh. Bukan berarti kamu gak boleh belajar sambil dengerin musik. Kalau musik yang kamu puter musik klasik gitu sih masih oke. Tapi kalau udah lagu favorit yang diputer bisa jadi masalah. Bukannya belajar, yang ada malah kamu ikutan nyanyi pada akhirnya.

“I’m the man who can’t be moved~”

Apalagi kalau lagunya lagu baper. Ilang sudah mood buat belajarnya…

Cara terbaik untuk menghafal adalah dengan menuliskannya. Kamu bisa bikin catatan kecil biar lebih mudah mengingat semua materi.

Kamu butuh buat bikin catetan!

Kamu butuh buat bikin catetan! via ibwoes.tumblr.com

Kalau kamu adalah tipe orang yang susah menghafal materi pelajaran, kamu perlu mencoba cara ini. Menulis ulang materi bisa jadi cara alternatifmu untuk mengingatnya. Dalam menuliskan ulang materinya, kamu bisa mereview materi yang sudah diberikan.

Nah, saat mereview tersebut kan kamu bisa sekalian mengingat-ingat materi pelajaran. Toh, kalau kamu punya bentuk catatan dari materi, kamu bisa baca-baca lagi kapanmu kamu mau.

Atau, kamu bisa aja menandai bagian penting dalam catatanmu. Biar gampang kalau nanti mau baca-baca lagi, apalagi pas mau ujian.

Naah.. Bisa dicoba nih

Naah.. Bisa dicoba nih via www.mbsdirect.net

Kebanyakan materi yang diberikan oleh guru atau dosen di kelas kan sudah ada versi tertulisnya di dalam buku pegangan, nah kamu bisa memberikan tanda pada materi yang kamu anggap susah buat dihapalkan. Lebih asik lagi kalau tandanya warna warni. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus belajar pada materi tersebut.

Apalagi kalau udah mau ujian. Ketepatan materi yang mau kamu pelajari dan keefektifan belajar bisa dengan cara ini bisa jadi andalanmu (selain buat contekan tentunya :p ).

Daripada sekadar menghafal materi, coba deh fokus menghafal poin-poin pentingnya aja. Cara ini dijamin bikin kamu lebih cepat menguasai materinya.

Poin-poin kunci ini bisa memudahkanmu belajar

Poin-poin kunci ini bisa memudahkanmu belajar via wandering-writing.tumblr.com

Salah satu kesalahan pelajar Indonesia dalam belajar adalah kecenderungan mereka untuk menghafal setiap detil materi yang disampaikan. Alih-alih bisa hafal, kamu malah cepat pusing dan bosan kalau cara belajarmu seperti itu.

“Nah, terus harus gimana?”

Ada baiknya kalau kamu memfokuskan belajarmu pada poin-poin penting dalam materi itu saja. Selain mempermudah menghafal, pemahamanmu terhadap materi juga lebih mudah berkembang.

Tempelkan catatan kecilmu di dinding kamar. Supaya kamu selalu ingat sama materi pelajaran, bukan cuma terus-terusan ingat sama mantan!

Dalam urusan pemahaman materi, kamu bisa lebih cepat menghafal dan memahami kalau setiap hari kamu terekspos dengan materi tersebut. Untuk itu kamu perlu untuk membuat catatan kecil yang bisa ditempel di dinding kamarmu.

Kalau tiap kamu mau tidur dan bangun tidur kamu tempel catatan materi, lama-lama ‘kan kamu jadi ingat dan paham dengan sendiri. Cobain sendiri deh kalau gak percaya~

Ada ‘kan orang yang susah belajar kalau hanya baca. Kamu yang seperti itu bisa kok merekam penjelasan guru di kelas supaya rekaman itu bisa didengar di rumah.

Di rekam ajaa...

Di rekam ajaa… via www.youtube.com

“Ji, ngapain hape lu ditaruh depan gitu?”
“Mau ngerekam materinya pak Johanes. Hehe”

Merekam materi pelajaran saat di kelas bisa menjadi alternatif belajar buat kamu yang gak bisa belajar dengan cara biasa. ‘Kan ada tuh orang yang susah masuk kalau belajarnya hanya lewat membaca, nah cara ini bisa kamu praktekkan.

Rekaman pelajaran tersebut bisa kamu dengerin lagi di rumah sembari belajar. Yah, daripada capek-capek baca terus ‘kan ya. Hehe.

Jangan lupa untuk mengatur waktu belajarmu. Baiknya kamu punya jadwal yang jelas demi menyeimbangkan dengan waktu istirahat dan tidurmu.

Bikin jadwal belajar deh biar otakmu gak overload hehehe

Bikin jadwal belajar deh biar otakmu gak overload hehehe via work-hard-and-dream.tumblr.com

Semangat belajar sih boleh, bagus malahan. Tapi jangan lupakan istirahat juga. Kamu boleh belajar dengan semangat dan rajin demi menata masa depan, tapi istirahat itu perlu. Kalau kamu gak menyediakan waktu yang cukup untuk istirahat, kasihan tubuhmu.

Otakmu bisa-bisa kecapekan dan malah susah untuk dibuat belajar. ‘Kan percuma kamu belajar setiap hari dengan porsi yang berat kalau pas ujian otakmu gak bisa ingat materinya.

Biar kamu usaha sekuat tenaga, hasilnya bakal gak maksimal kalau tanpa dibarengi doa. Jadi jangan lupakan hal yang satu ini, ya!

Ini poin yang paling penting. Dalam setiap usaha yang kita lakukan, ada campur tangan Tuhan yang bakal menentukan hasil akhirnya. Jadi selain berusaha giat dengan cara belajar, kamu juga jangan sampai melupakan upaya dengan cara doa. Dengan doa yang tulus dan diterima oleh Tuhan, hasil belajarmu gak mungkin jadi sia-sia.

Cobalah untuk berdoa sebelum belajar dengan tujuan agar belajarmu dimudahkan oleh Tuhan. Pun demikian setelah belajar, berdoalah agar ilmu yang kamu dapatkan bisa bermanfaat bagi sesama.

Semoga bisa membantu, ya. Kalau kamu punya cara lain yang bisa memudahkanmu untuk belajar, yuk dibagi di sini! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya