Waspada, ini 5 Gejala Vertigo yang Paling Sering Dirasakan. Beda dengan Sakit Kepala Biasa

Gejala vertigo

Kamu pasti udah nggak asing dan sering mendengar kata vertigo. Vertigo merupakan kondisi yang bikin penderitanya mengalami pusing sampai dirinya atau hal di sekelilingnya serasa berputar. Meski begitu, vertigo bukan penyakit kronis atau berbahaya. Lantas, apakah vertigo bisa sembuh?

Advertisement

Penyebab vertigo kambuh atau muncul di setiap penderita antara lain seperti efek konsumsi obat, infeksi telinga bagian dalam, parkinson, diabetes, sampai penyebab vertigo mendadak seperti perubahan posisi kepala yang tiba-tiba. Orang yang kerap melakukan kebiasaan penyebab vertigo seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga lebih berisiko terserang. Terus, apa gejala vertigo awal yang harus kita tahu?  Berikut penjelasannya!

1. Gejala awal dan yang paling utama dari penyakit vertigo adalah merasa pusing berlebihan atau pusing tujuh keliling

pusing menjadi gejala awal vertigo/Credit: Wikimedia Commons via commons.wikimedia.org

Meski vertigo bukan termasuk penyakit kronis, bahaya penyakit vertigo cukup riskan. Dalam tahap gejala, vertigo bisa mengganggu penderitanya sampai nggak bisa beraktivitas seperti biasa. Salah satu gejala vertigo ringan adalah pusing yang berlebihan. Biasanya, penderita akan merasa pusing dengan perasaan berputar seolah-olah kamu atau hal di sekelilingmu bergerak, padahal badan kita diam. Pusing ini adalah gejala utama dari vertigo.

Rasa pusing dan perasaan berputar tersebut akan menyebabkan sensasi terjatuh. Kondisi ini akan hilang lalu muncul kembali selama beberapa menit, jam, atau bahkan beberapa hari. Karena rasa pusing berlebihan tersebut, penderita vertigo biasanya mengalami rasa mual yang cukup menyiksa. Hal ini membuat mereka kesulitan juga untuk menelan.

Advertisement

2. Mata menjadi gelap setelah bangun dari tempat tidur yang disebabkan oleh nystagmus yakni kondisi mata bergerak nggak terkendali

ilustrasi pandangan yang jadi gelap/Credit: Unsplash @korpa via unsplash.com

Gejala vertigo ada beberapa jenis, yakni gejala vertigo sentral dan perifer. Gejala vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf pusat. Sementara gejala vertigo perifer disebabkan organ keseimbangan yang ada dalam bagian dalam. Nah, gejala lain yang dirasakan penderita vertigo adalah pusing, mata menjadi gelap, dan nggak seimbang setelah bangun dari tempat tidur.

3. Gangguan pendengaran tahap awal umum dirasakan oleh penderita vertigo ringan atau vertigo yang cukup akut

gangguan pendengaran/Credit: Unsplash @enginakyurt via unsplash.com

Pada gejala vertigo ini, penderita akan ada dalam kondisi yang disebut meniere atau perbedaan tekanan dalam telinga, tinitus yang menyebabkan telinga berdenging atau labirinitis yaitu kondisi di mana adanya infeksi yang berhubungan dengan keseimbangan yang merupakan jenis vertigo perifer.

4. Pingsan dan kehilangan kesadaran secara mendadak karena kekurangan suplai oksigen ke otak

pingsan/Credit: Verywell Health via www.verywellhealth.com

Gejala vertigo yang cukup berat ini biasanya terjadi pada mereka yang menderita vertigo akut. Gejala ini juga merupakan gejala vertigo kambuh. Lantas, kenapa pingsan masuk dalam gejala vertigo kumat? Kehilangan kesadaran yang sering terjadi secara mendadak dalam waktu singkat ini disebabkan oleh suplai oksigen yang nggak memadai. Bisa jadi juga karena zat makanan kurang sempurna masuk ke otak yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah. Nggak perlu khawatir, semua gejala tersebut bersifat sementara saja kok~

Advertisement

5. Selain gejala-gejala di atas, ada juga gejala-gejala lain seperti demam, penglihatan berbayang sampai sulit berjalan, dan sulit berbicara

demam/Credit: Pixabay via pixabay.com

Selain gejala-gejala yang sudah dijelaskan di atas, terdapat juga gejala lain yang bisa terjadi pada setiap orang. Berikut ini daftar gejalanya:

  • Anggota tubuh terasa sangat lemah
  • Penghilatan berbayang atau menjadi banyak
  • Sulit berbicara
  • Pergerakan mata yang nggak normal
  • Penurusan kesadaran
  • Respon melambat
  • Sulit berjalan
  • Demam

Jika kamu merasakan gejala-gejala vertigo di atas, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti mengonsumsi obat khusus, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, duduk dan diam sejenak jika bangun tidur, gerakkan kepala secara perlahan, dan hindari posisi membungkuk agar vertigo nggak kembali kambuh.

Nah, itu dia beberapa gejala vertigo yang harus kita tahu. Sementara untuk pertanyaan apa ada makanan untuk penderita vertigo yang harus dikonsumsi atau makanan penyebab vertigo yang harus dihindari, Hipwee bakal bahas lain kali. Semoga saja setelah membaca artikel ini, kamu bisa mengenali bahaya penyakit, gejala vertigo dan cara mengatasinya. Yuk, mulai peduli dengan kesehatan kita~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE