6 Gerakan Sederhana untuk Meredakan Sakit Punggung. Tenang, Nggak Bikin Ngos-Ngosan kok!

gerakan untuk sakit punggung

Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan yang paling umum terjadi jika kamu sering duduk dalam jangka waktu yang lama. Melansir dari laman Merdeka, peneliti dari Brasil dan Australia menemukan bahwa berolahraga sekitar dua hingga tiga kali seminggu bisa menurunkan risiko nyeri punggung hingga 35 persen! Nah, lantas bagaimana kalau kamu adalah seseorang yang malas berolahraga?

Advertisement

Tenang, ada beberapa gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri punggungmu. Mudah dipraktikkan dan nggak bikin ngos-ngosan kok!

1. Dengan melakukan posisi extension in standing ini, kamu bisa meredakan sakit punggungmu dengan mudah

berdiri dan tekuk badanmu via www.thephysicaltherapyadvisor.com

Untuk melakukan posisi, ini kamu hanya perlu berdiri dengan posisi kaki yang terbuka selebar pinggul. Jangan lupa juga untuk menekuk sedikit lututmu. Letakkan tangan di atas pinggul dan posisikan tangan seolah-olah sedang memegang sesuatu di belakang. Setelah itu, posisikan punggung, leher, dan kepala belakang sedikit melengkung. Rasakan tarikannya yang membuat punggung kamu terasa nyaman.

2. Kalau malas berdiri atau duduk, kamu bisa mencoba posisi abdominal bracing kayak gini

sambil rebahan juga bisa via www.youtube.com

Cobalah berbaring telentang dan tekut lutut ke atas dengan telapak kaki menapak lepas di atas tanah. Kencangkan otot perut lalu ratakan dengan punggung. Tahan posisi ini selama lima detik sebelum kembali ke posisi awal. Lakukan satu kali pengulangan hingga punggungnya terasa seperti ditarik.

3. Posisi rebahan lain yang bisa kamu coba ialah abdominal bridging. Di posisi ini kamu harus mengangkat sedikit tubuhmu, ya!

angkat sedikit tubuhmu via www.stack.com

Posisi ini bisa kamu lakukan dengan berbaring dan menekuk lututmu. Kencangkan otot perut dan tekan ke bawah dengan menggunakan kaki. Setelah itu, angkat bokong dan punggung dari lantai dengan bertumpu pada kaki. Angkat bokong hingga punggung, pinggul dan kaki membentuk garis lurus dan tahan selama lima detik.

4. Cat pose atau camel pose ini bisa kamu coba dengan membuat tubuhmu seperti kucing saat sedang berjalan. Tapi tetap ditambah dengan gerakan yang disesuaikan dengan otot punggung

cat pose via yogiyogawear.com

Buat posisi tubuhmu seperti sedang merangkak. Luruskan tangan dengan bahu dan lutut tepat di bawah pinggul. Kencangkan otot perut dan lepaskan. Lakukan dengan membiarkan punggung rileks dan tahan selama 10 detik. Perlahan lepaskan punggung hingga jatuh ke lantai dengan nyaman.

5. Jika kamu memiliki kekuatan pada lengan, cobalah posisi plank untuk membantu meredakan sakit punggungmu

memang agak pegal sih via wanitaindonesia.co.id

Buat dirimu seolah sedang merangkak, lalu turunkan lengan bawah dan bahu di atas siku. Posisikan kaki seperti saat kita melakukan push up. Tarik bahu ke bawah dan belakang tapi pertahankan posisi agar tak membungkuk. Kencangkan otot perut agar pinggul tetap sejajar dengan bahu sehingga membentuk garis lurus yang panjang. Rentangkan kaki untuk mendukung gerakan. Tahan posisi ini selama 45 hingga 60 detik.

Advertisement

6. Posisi locust ternyata juga bisa berguna untuk meredakan sakit punggung yang kamu alami lo!

dengan tengkurap via www.yogajournal.com

Lakukan dengan posisi berbaring tengkurap di lantai dengan kaki telentang lurus dan lengan di samping serta telapak tangan ke bawah. Rentangkan jari-jari kaki dan otot punggung bawah saat mengangkat kepala, dada, lengan, dan kaki dari matras dan putar lengan sehingga ibu jari menunjuk ke arah langit-langit. Tahan selama 30 detik, lalu kendurkan kembali ke lantai selama 5 detik.

Aktivitas fisik dipercaya mampu membuat otot-ototmu jadi lebih hangat, sehingga aliran darah dalam tubuh jadi lebih lancar. Nah, kondisi inilah yang kemudian mendorong penyembuhan dan mengurangi sakit punggung yang kamu derita. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE