Apa sih rahasianya mendapatkan pagi yang produktif? Apa juga yang harus kamu lakukan supaya energimu bisa terpelihara sampai siang atau sore nanti? Kalau kamu termasuk orang yang sering suntuk di awal hari dan mudah kehilangan motivasi, ada baiknya kamu mengikuti tips-tips di artikel ini.

1. Abaikan separuh tugas yang tertulis di to-do list milikmu

b

Abaikan to-do list via ridiculouslyefficient.com

Kadang-kadang, gara-gara ingin produktif kita akan memasukkan semua hal yang terlintas di kepala ke dalam daftar tugas atau to-do list. Padahal meskipun hal-hal itu memang penting, belum tentu mereka harus dituntaskan saat ini juga. Pastikan bahwa apa yang kita masukkan ke dalam daftar to-do list memang hal yang benar-benar harus diprioritaskan olehmu.

Advertisement

Untuk membuat to-do list yang lebih efektif, ingatlah hal-hal berikut:

  • Jangan hanya menuliskan apa yang perlu kamu lakukan. Tuliskan juga kapan dan pukul berapa kamu harus menyelesaikannya.
  • Buatlah tiga kategori tugas: yang penting dan harus segera dilakukan, yang penting tetapi bisa ditunda, dan tugas-tugas ekstra
  • Kamu juga bisa membuat dua kolom: hal yang harus kamu lakukan–seperti menghadiri rapat dan conference–serta hal-hal yang ingin kamu dapatkan melalui rapat atau conference itu.
  • Simpan to-do list milikmu agar bisa dievaluasi di hari berikutnya.

2. Jangan mandi lama-lama. Waktumu lebih berharga jika digunakan untuk kegiatan yang lainnya

Mandi bebek aja

Mandi bebek aja via fox5sandiego.com

Tahukah kamu bahwa cara mandi yang benar bukanlah dengan menyabuni seluruh tubuh? Menurut dr. Elizabeth Tanzi dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, lebih baik jika kamu menyabuni dan menggosok bagian-bagian lipatan kulit saja. Misalnya bagian bawah ketiak, bagian dada, bagian selangkangan, serta leher dan wajah. Di bagian-bagian lipatan kulit inilah kuman banyak bersarang. Bagian tubuh yang lain, seperti tangan dan kaki, sebenarnya hanya tinggal dibilas dengan air.

Advertisement

Selain itu, ini juga hal-hal yang sebenarnya kurang tepat kamu lakukan di kamar mandi:

  • Mandi terlalu lama dengan air yang terlalu panas (ini dapat menipiskan lapisan pelembab alami kulit)
  • Mengeringkan badan dengan cara menggosok-gosokkan handuk. Cara yang benar adalah menepuk-nepuk kulit lembabmu dengan lembut.

3. Demikian juga, jangan habiskan waktumu untuk bersolek di depan kaca. Cobalah agar kamu bisa sampai 15 menit sebelum waktu masuk kantor

orang-orang akan mengenali kamu dengan mudah

Jangan kelamaan ngaca! via thestyleidle.com

Ini adalah salah satu peraturan yang sudah sering kita lupakan: waktu kita untuk berdandan atau berkaca tidak boleh lebih dari waktu kita mandi. Kalau kamu perlu 15 menit di kamar mandi, jangan habiskan setengah jam di depan kaca! Kecuali kalau kamu memang harus dandan rapi untuk datang ke acara formal, ya.

Untuk sekedar ke sekolah atau kantor, kamu nggak selalu perlu berdandan komplit. Kamu nggak perlu pakai foundation dan bedak kompak — apalagi mengingat fakta bahwa iklim tropis Indonesia bisa bikin foundation dan bedakmu lumer. Cukup pulaskan bibir, rapikan alis, dan oleskan pelembab pada wajahmu. Tidak usah tebal-tebal. Kamu bisa memoleskannya ulang pada jam makan siang dan break sore hari.

4. Demi produktivitasmu, kamu bisa mendengarkan musik-musik tertentu

Mendengarkan musik bisa meningkatkan produktivitasmu — demikian yang diungkapkan dr. Amit Sood dari Mayo Clinic, Amerika Serikat. Suara merdu atau musik bermelodi juga dapat membuat mood kita lebih positif dengan memicu produksi dopamin dalam otak.

Musik yang paling ideal adalah musik tanpa lirik, ungkap Dr. Teresa Lesiuk dari University of Miami. Cobalah mendengarkan musik dari J.S. Bach, Frideric Handel, dan komposer-komposer musik Barok yang lainnya. Beat dan melodi komposisi musik klasik dengan gaya Barok dapat memicu produksi gelombang otak alfa, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya fokus dan konsentrasimu.

5. Agar kamu lebih tenang dalam menghadapi hari, ambillah napas panjang-panjang

Ambil napas pelan

Ambil napas pelan via wordfromthewell.com

“Mengambil napas panjang bisa membuatmu lebih menghargai apa yang kamu punya dan dimana kamu berada pada detik ini,” menurut Michael Kerr, penulis, motivator bisnis, dan CEO di Humor at Work. Banyak orang yang datang ke sekolah, kampus, atau kantor dengan terburu-buru. Begitu sampai di kelas atau bilik kerja, mereka akan langsung memikirkan deadline-deadline pekerjaan yang menghadang siang nanti, atau rapat dengan teman satu UKM malam nanti. Ujung-ujungnya, mereka akan lupa untuk menghargai waktu yang sedang melintas saat itu.

Dengan lebih menghargai detik ini, saat ini, dan masa sekarang, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih tenang, fokus, dan produktif. Ambillah napas panjang, dan tahan selama 5 detik sebelum menghembuskannya pelan-pelan.

6. Fokuslah pada tugasmu, dan jangan buang waktu dengan memikirkan orang lain

mikirin kemungkinan buruk

Jangan buang waktu dengan memikirkan orang lain via www.mentaltoughnesstrainer.com

Terutama saat kamu baru akan memulai hari. Pagi hari adalah waktumu untuk diri sendiri. Seharusnya, sejak bangun pada pukul 05.00 atau 06.00 pagi sampai masuk kantor/sekolah di pukul 07.00 atau 09.00, kamu bisa menghabiskannya untuk berolahraga, bermeditasi, relaksasi pagi, dan menyiapkan sarapan.

Jangan membuat slot waktumu ini “terkorupsi” dengan memikirkan orang lain. Stop mengecek email yang ada di kotak suratmu. Stop memikirkan cuitan negatif orang di linimasa Twitter-mu. Stop menghabiskan setengah hari untuk mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentangmu.

7. Perhatikan siklus produktivitas alamiahmu

biar lebih produktif

Perhatikan siklus produktivitasmu yang alami via www.youmotivation.com

Setiap orang punya “zona nyaman”-nya sendiri dalam hal bekerja dan menuntaskan tugas. Dalam “zona nyaman” ini, kamu bisa mengoptimalkan kemampuanmu dan mengerjakan tugas dengan lebih cepat dan baik. Temukanlah zona nyamanmu dengan cara-cara berikut:

  • Begitu masuk kelas atau kantor, perhatikan baik-baik berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk benar-benar “on”.
  • Perhatikan apakah kamu termasuk orang yang sering lemas atau mengantuk di saat siang. Jika iya, tambah asupan gizi pada makananmu.
  • Cobalah untuk tidur siang. Perhatikan apa dampaknya pada produktivitasmu di sore dan malam hari.

Dengan menemukan dan menjaga zona nyamanmu, kamu bisa lebih mengatur waktu untuk bekerja atau beristirahat. Kamu juga bisa menciptakan sebuah sistem yang pada akhirnya akan mendukung kinerjamu secara keseluruhan. Bukankah sistem yang baik adalah inti sebenarnya dari produktivitas?

Nah, itu dia 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan hari ini lebih produktif. Selamat mencobanya, semoga sukses!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya