8 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Sebabkan Sakit Pinggang. Yuk Dikurang-kurangi~

Hal sepele penyebab sakit pinggang

Sakit pinggang bisa menyerang siapa saja, entah itu orang dewasa, remaja, pria hingga wanita. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang sering menyebabkan seseorang untuk datang mengunjungi dokter. Selain itu menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), sakit pinggang ini adalah salah satu penyebab umum yang menjadi penghambat seseorang untuk bekerja. Sakit pinggang ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari cidera atau keseleo. Bahkan sakit pinggang juga terkadang berkaitan dengan beberapa penyakit berat lho, seperti kanker sumsum tulang belakang, radang sendi atau infeksi ginjal.

Advertisement

Tetapi ternyata tanpa disadari, sakit pinggang ternyata juga bisa disebabkan oleh beberapa hal sepele yang terlalu sering kita lakukan secara nggak sadar. Nah biar kamu nggak sakit pinggang, coba deh kamu periksa apakah kamu pernah melakukan hal-hal di bawah ini, kalau pernah coba ubah kebiasaan kamu biar nggak sakit pinggang!

Salah posisi tidur ternyata tanpa disadari bisa membuat kamu menderita sakit pinggang, coba yang tidurnya suka rusuh, hati-hati

Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan kamu menderita sakit pinggang | Credit: Vladislav Muslakov via unsplash.com

Biar kamu nggak terkena sakit pinggang karena posisi tidur yang salah, ada baiknya kamu mengambil posisi yang nyaman sebelum tidur. Kamu bisa berbaring dengan punggung lurus dan meletakkan bantal tipis di bawah punggung untuk mengurangi ketegangan pada leher dan punggung bawah. Kalau kamu kesulitan untuk tidur terlentang, kamu juga bisa tidur telungkup dan menempatkan bantal tipis di bawah pinggul kamu.

Advertisement

Kasur terlalu keras juga bisa menjadi masalah dan menimbulkan sakit pinggang jika kamu biarkan berlarut-larut

Kasur yang nyaman dan empuk bisa mengurangi risiko sakit pinggang | Credit: Greg Rivers via unsplash.com

Bukan cuma posisi tidur, ternyata kasur yang kurang nyaman juga bisa menjadi salah satu pemicu sakit pinggang. Maka dari itu kasur yang nyaman menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan, selain bisa mengurangi risiko menimbulkan sakit pinggang, kasur yang nyaman juga bisa meningkatkan kualitas tidur kamu.

Salah bantal ternyata bukan cuma istilah aja, hal ini ternyata bisa menjadi penyebab utama sakit pinggang

Salah bantal nggak cuma bisa bikin sakit leher, tapi juga bisa menyebabkan sakit pinggang | Credit: Bruce Mars via unsplash.com

Bantal ternyata memiliki peran penting untuk mencegah sakit pinggang. Bantal yang baik bagusnya bisa berguna untuk mendukung atau mengganjal kurva tulang belakang hingga leher. Cobalah gunakan banyal dengan bahan yang terbuat dari viskoelastik atau bantal yang diisi dengan air jika kamu merasa bantal yang kamu gunakan sekarang kurang nyaman.

Kegemukan atau obesitas juga bisa menyebabkan sakit pinggang karena badan yang sudah nggak bisa ditopang oleh tulang belakang

Berolahraga dengan teratur dapat membuat kamu terhindar dari obesitas yang bisa menyebabkan banyak permasalahan kesehatan, salah satunya sakit pinggang | Credit: Jonathan Borba via unsplash.com

Tidak hanya faktor eksternal, faktor internal seperti kegemukan juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Ketika berat bada sudah melebihi angka ideal, hal tersebut akan memberikan tekanan yang lebih berat kepada tubuh, utamanya tulang belakang. Tekanan ini dapat menimbulkan sakit pinggang jika kamu nggak segera menurunkan berat badan kamu.

Advertisement

Otot tegang karena kegiatan yang nggak biasa kamu lakukan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit pinggang

Sebelum berolahraga, ada baiknya melakukan pemanasan untuk menghindari otot tegang yang bisa menyebabkan sakit pinggang | Credit: Svem Mieke via unsplash.com

Ketika tubuh kamu melakukan gerakan yang nggak biasa kamu lakukan, maka kamu akan memiliki risiko untuk menyebabkan tertariknya otot tubuh. Pada tingkat yang parah otot ligament yang robek ternyata bisa menyebabkan sakit pinggang. Salah satu penyebab terjadinya otot yang tertarik ini adalah kurangnya pemanasan sebelum olahraga.

Buat adik-adik yang masih sekolah, hati-hati ya, membawa tas yang terlalu berat bisa menyebabkan sakit pinggang lho

Membawa tas yang terlalu berat bisa menjadi penyebab munculnya sakit pinggang | Credit: Lina Verovaya via unsplash.com

Seperti halnya obesitas, membawa tas yang isinya terlalu berat nyatanya bisa menyebabkan sakit pinggang. Idealnya pilihlah tas yang nyaman dan memiliki tali yang besar, empuk serta dapat disesuaikan panjangnya. Disarankan untuk tidak membawa tas yang memiliki bobot lebih dari 20% berat badan kamu.

Duduk tanpa berdiri dalam jangka waktu yang lama juga jadi penyebab utama sakit pinggang

Buat kamu yang bekerja, jangan duduk terlalu lama tanpa berdiri ya, hal tersebut ternyata bisa menjadi penyebab utama sakit pinggang | Credit: Arlington Research via unsplash.com

Buat yang bekerja di rumah, jangan duduk terlalu lama ya! Duduk terlalu lama tanpa memberikan jeda untuk berdiri dan berjalan-jalan bisa menyebabkan kamu menderita sakit pinggang lho! Selain itu pilihlah kursi yang nyaman dan dapat menopang tulang punggung dan pinggang kamu. Selain itu berdiri dan bergeraklah selama beberapa menit setiap setengah jam untuk memberikan stimulasi buat punggung kamu.

Buat yang sering tidur di meja, ternyata duduk membungkuk juga bisa membuat kamu sakit pinggang

Terlalu sering duduk membungkuk juga termasuk salah satu penyebab sakit pinggang | Credit: Arun Sarhma via unsplash.com

Posisi duduk yang membungkuk bisa menyebabkan sakit pinggang. Hal ini dikarenakan ketika kamu duduk membungkuk ke depan, kamu membuat sebuah gerakan yang berlawanan dengan posisi alamiĀ  tulang belakang. Hal ini memberikan tekanan yang besar untuk punggung bawah kamu, sehingga bisa menyebabkan sakit pinggang. Untuk menghindari hal ini lakukan peregangan setiap setengah jam untuk meringankan beban di punggung kamu.

Ternyata tanpa disadari, hal-hal sepele yang bisa kita lakukan ternyata berbahaya dan dapat menjadi penyebab sakit pinggang. Meskipun sepele, ada baiknya kamu segera merubah kebiasaan dan gaya hidupmu jika kebiasaan tersebut ada pada daftar di atas. Nah semoga hal ini bisa membantu kamu untuk mencegah sakit pinggang ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE