7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil untuk Mengisi Akuarium. Cepat Adaptasi dan Mau Dicampur

Ikan hias air tawar

Selain berkebun, memelihara ikan hias juga tengah jadi hobi yang diminati selama masa pandemi ini. Bagi pemula, kamu bisa coba memelihara ikan hias air tawar kecil yang cenderung mudah perawatannya. Bahkan jika dibandingkan dengan ikan hias air laut, jenis ikan ini relatif bisa hidup lebih lama karena media airnya mudah disesuaikan dengan air di rumahmu.

Advertisement

Ada baiknya, tempatkan ikan hias kecil dalam satu akuarium supaya lebih mudah mengontrol perkembangannya. Namun pastikan kamu tak menempatkan ikan hias air tawar predator agar nggak memangsa ikan kecil lainnya. Nah, berikut jenis-jenis ikan hias air tawar kecil yang cocok untuk mengisi akuariummu.

1. Pertama, ada ikan mas koki yang dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya

ikan mas koki | credit: Hannah jones via unsplash.com

Ikan hias air tawar yang tahan lama ini memiliki bentuk kepala dan perut yang cukup unik, yakni menonjol atau menggembung. Karena sifatnya yang ramah dan nggak agresif, ikan ini bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya. Harga ikan hias air tawar ini pun bervariasi, tapi biasanya, semakin besar ukuran ikan makin mahal pula harganya. Untuk mengakalinya, belilah ikan mas koki kecil supaya lebih murah harganya.

2. Meski bukan ikan hias air tawar terindah, namun corak ikan guppy ini juga bisa diadu keelokannya

ikan guppy atau ikan cere | credit: commons wikimedia via commons.wikimedia.org

Ikan guppy atau ikan cere merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari karena mudah beradaptasi dan cepat berkembang biak. Sekalipun ukurannya kecil, warna dan corak ikan ini lumayan menarik lo! Bahkan ikan guppy jantan memiliki pola dan garis melintang yang unik di badannya. Meski begitu, bukan berarti ikan guppy betina nggak menarik, sama-sama uniknya meski warnanya agak gelap keabu-abuan.

Advertisement

3. Kalau pengin pelihara ikan yang warnanya cerah, agaknya ikan hias lemon bisa jadi pilihan yang tepat

ikan lemon | credit: pxhere via pxhere.com

Sesuai namanya, ikan hias ini memiliki warna yang 99 persen mirip dengan buah lemon termasuk di bagian sirip dan punggungnya. Meski bisa digunakan untuk mengisi akuariummu, sayangnya ikan hias air tawar tercantik ini tak bisa dicampur dengan beberapa jenis ikan lainnya karena sifatnya yang soliter atau suka sendiri. Supaya nggak gampang stres, tempatkan ikan dalam akuarium berukuran sedang dan beri bebatuan atau hiasan lainnya.

4. Ikan neon tetra termasuk dalam salah satu jenis ikan hias air tawar murah yang mudah ditemui

ikan neon tetra | credit: George Wong via unsplash.com

Ikan ini merupakan lompatan awal bagi para pemula yang tengah belajar aquascape. Spesies ikan hias air tawar aquascape ini relatif mudah dirawat lantaran hanya memerlukan air bersih dan nggak butuh makanan khusus. Biasanya, para penggemar aquascape akan membeli ikan neon tetra dalam jumlah banyak untuk mempercantik tampilan akuariumnya. Apalagi ikan ini suka hidup berkelompok.

5. Ikan molly merupakan jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan ikan lainnya karena memiliki sifat omnivora

ikan molly balon | credit: ivabalk via pixabay.com

Ikan berukuran kecil ini memiliki perut mengembang dengan warna pekat yang cantik. Untuk merawat ikan molly ini, bukanlah perkara yang sulit. Kamu hanya perlu menempatkannya dalam satu akuarium dengan ikan besar lain dan beri pakan seperti cacing rambut, pelet, atau cacing beku. Dengan begini, ikan akan berkembang biak dengan baik dan cepat beranak. Beberapa jenis ikan yang cocok disandingkan dengan ikan molly yaitu ikan angelfish, ikan platy, swordtail dan juga tetra.

Advertisement

6. Karena merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar langka, ikan discus jadi agak susah dicari. Kalaupun ketemu, mungkin harganya jadi sedikit lebih mahal

ikan discus | credit: Robert Balog via pixabay.com

Walau bukan ikan hias air tawar termahal, namun harga ikan ini cenderung lebih mahal daripada jenis lainnya karena agak susah dicari. Meski begitu ikan dari Amazon ini tetap banyak peminatnya karena bentuknya yang unik dan beda dengan ikan lainnya — pipih dengan sirip besar memanjang dan mata menonjol. Panjangnya bisa mencapai 15 hingga 25 cm. Sayangnya ikan ini agak sulit dipelihara oleh pemula karena butuh perawatan yang lebih ekstra jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar aquarium lainnya.

7. Kalau merasa keberatan memelihara ikan discus, bisa beralih ke ikan manfish yang lebih mudah perawatannya tapi tetap unik bentuknya

ikan manfish | credit: Nuri Hasanah via unsplash.com

Pernah nonton Finding Nemo? Nah ikan ini mirip dengan salah satu ikan yang ada dalam akuarium si anak dokter gigi.

Ikan ini sangat mudah dipelihara karena bisa dicampur dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Beda dengan ikan hias kebanyakan, bentuk ikan ini lebih pipih dan memanjang badannya. Ada banyak sekali warna ikan manfish yang bisa dipilih sesuai selera, mulai dari abu gelap hingga putih cerah. Harganya pun tergolong murah dan mudah dijumpai di mana saja.

Demikian tadi tujuh jenis ikan hias air tawar yang dapat dijadikan pilihan untuk mengisi akuarium di rumahmu. Warna, bentuk, dan coraknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Kalau kamu sendiri, tertarik pelihara yang mana nih?

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE