Trik Membuat Iklan Minuman yang Menarik Hati. Pengen Jualan Kopi Nggak Bingung Promosi Lagi

Iklan minuman

Seenak apapun minuman yang kamu jual, nggak bakal laku kalau tak diiklankan dengan benar.

Advertisement

Membuat iklan minuman yang menarik memang bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi sampai saat ini sudah semakin banyak brand minuman baru yang bermunculan. Mau nggak mau harus siap bersaing, salah satu caranya adalah dengan membuat iklan minuman yang menarik dan meninggalkan kesan yang baik bagi calon pembeli.

Sebenarnya, iklan minuman termasuk jenis iklan yang tak bisa dikelompokkan secara khusus. Sebab, kadang beberapa kontennya justru dibuat secara tersirat meski tujuannya tetap persuasif. Misalnya, memasukkan iklan minuman ke dalam iklan layanan masyarakat. Kamu yang tengah merintis brand minuman baru, sepertinya perlu belajar bagaimana cara membuat iklan minuman yang menarik. Agar lebih terarah, simak panduan singkatnya berikut.

Strategi agar iklan minuman buatanmu menarik minat konsumen dan menghasilkan rupiah yang lumayan

biar iklan berhasil via www.scarletmedia.net

1.Ā Ā Menentukan target pasar yang sesuai

Advertisement

Iklan yang dibuat akan jauh lebih efektif jika target konsumenmu jelas. Sebelum beriklan, lakukan riset kecil seperti mengecek umur konsumen hingga minat mereka.

2. Buatlah headline atau teks iklan semenarik mungkin

Advertisement

Meski singkat, namun teks iklan bisa memikat hati para pembeli lo! Apalagi jika bahasa iklannya disesuaikan dengan target pasarmu.

3. Untuk menarik minat, sajikan minuman dengan visual yang memikat

Misalnya dibuat dengan desain warna yang menggugah atau lewat foto produk yang menyegarkan. Selain foto, sebenarnya iklan minuman juga bisa disajikan dalam bentuk video lo! Dibuat dalam video ASMR misalnya.

4. Pastikan iklan yang dibuat berjalan dengan baik dan dilihat banyak orang

Jika beriklan menggunakan Facebook atau Instagram, insight atau hasil iklan dapat dipantau dengan mudah. Atau, kalau memang diiklankan secara manual, bisa ditanyakan ke konsumen di mana mereka melihat brand minumanmu.

Panduan membuat headline yang ciamik dan tepat sasaran

bikin headline yang menarik via www.teacheracademy.eu

1. Buat teks iklan sesuai struktur

Jadi, dalam gambar iklan minumanmu nanti mesti ada judul, nama produk, dan deskripsinya. Tulislah teks sesingkat mungkin agar informasinya mudah diterima.

2. Atau, bisa juga dengan menambahkan tagline khusus

Biasanya sih tagline dibuat supaya brand jadi punya ciri khas. Tagline juga nggak harus panjang yang penting bisa mengambarkan brand minuman secara jelas.

3. Gunakanlah kata yang unik dan bersifat persuasif

Karena tujuannya untuk menarik pembeli, maka teks iklan mesti dibuat seperti ajakan. Tapi buat kalimat ajakan sehalus mungkin agar pembeli tak merasa sedang dirayu.

Tips singkat membuat tampilan iklan minuman yang menarik

Untuk foto minuman, kalian bisa sontek gambar iklan makanan sehatĀ  karena cara pengambilan gambarnya hampir sama. Berikut tips sederhana memotretnya

foto minuman via www.kopiyor.com

  1. Maksimalkan pencahayaan dengan memanfaatkan kaca bening agar sinar matahari bisa membuat minuman kelihatan lebih segar.
  2. Tambahkan beberapa warna cerah di sekitar minuman supaya makin menggugah selera.
  3. Gunakanlah gelas atau botol yang menarik dan sesuai dengan kemasan produknya.
  4. Jika yang dijual adalah minuman dingin, maka biar es pada gelas sedikit mencair dan menyisakan tetesan air di kacanya. Walau tampak sepele namun keringat air ini bisa menambah efek kesegaran foto minumanmu lo!

Ketika membuat video promosi untuk minuman, lakukan beberapa tips berikut

video iklan minuman via www.medicalnewstoday.com

  1. Pastikan gambar dan tulisan yang ada dalam video benar-benar jelas. Tulisan dibuat sesingkat mungkin karena hanya digunakan sebagai pendukung visual saja.
  2. Komposisi gambar dan tulisan juga mesti dibuat proposional. Makanya, penting untuk mempertimbangkan ukuran serta warna tulisan agar menyatu dengan video.
  3. Penting nih! Isi video harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya review minuman, maka buatlah video yang berisikan testimoni dari pembelimu. Bisa dalam bentuk screenshot teks atau testimoni langsung.

Berikut contoh iklan minuman dalam bentuk poster yang bisa dijadikan referensi

1. Iklan minuman Sprite

iklan Sprite via www.youtube.com

Iklan ini dibuat dengan mengedepankan komposisi. Bisa dilihat, titik-titik air embun dari botol minumannya membuat siapa pun yang melihatnya haus seketika. Menariknya, Sprite menggunakan tagline ā€˜No Bokisā€™ yang bahasanya sudah disesuaikan dengan target marketnya.

2. Iklan minuman Good Day

iklan Good Day via www.nesabamedia.com

Good Day menggunakan pendekatan personal untuk membuat tagline mereka. Sesuai dengan produk yang mereka jual, minuman kopi instan dengan aneka rasa.

3. Iklan minuman Floridina

iklan Floridina via www.wingscorp.com

Lewat taglineĀ yang dipakai, Floridina berusaha menegaskan kalau rasa minuman ini dibuat dari buah jeruk florida asli, baik lewat teks maupun dari nama produknya. Calon pembeli bakalan lebih percaya karena rasa minuman ini sudah divalidasi langsung oleh figur publik yang menjadi brand ambassador-nya.

4. Iklan minuman PepsiĀ 

Iklan minuman segar ini didesain to the point dan sesimpel mungkin dengan teks iklan yang cukup mudah diterima meski menggunakan Bahasa Inggris. Untuk visual, mereka menggarapnya sesuai dengan warna identity brand-nya, yakni biru tua.

5. Iklan minuman Yakult

iklan Yakult via www.romadecade.org

Iklan minuman sehat ini memanfaatkan informasi kesehatan sebagai tagline mereka. Plusnya lagi, tagline ini pun berfungsi sebagai jingleĀ lagu yang bikin siapa pun pendengarnya mengingat produknya. Kamu pun boleh menggunakan metode dengan memanfaatkan info kesehatan, asal sesuai dengan minuman yang dijual.

6. Iklan minuman es kopi Janji Jiwa

iklan Janji Jiwa via twitter.com

Janji Jiwa seringnya membuat poster sesuai dengan campaign yang tengah dijalankan. Misalnya saja seperti poster di atas. Sebenarnya metode ini juga bisa kamu pakai, malah jadi alternatif menarik agar iklan minuman lebih bervariatif.

7. Iklan minuman boba Xi Bo Ba

iklan Xi Bo Ba via www.scanharga.com

Nah, kalau brand ini memanfaatkan momen untuk dijadikan sebagai ajang promosi. Jadi, iklan yang dibuat sesuai campaign promonya saat itu.

8. Iklan minuman cokelat Nuguy

iklan Nuguy via nuguy.biz

Meski tampilan desainnya sederhana, namun iklan minuman lucu ini tetap kelihatan menarik berkat pilihan kata untuk slogannya. Padahal simpel tapi enak dibaca dan gampang diingat.

Kalau sudah mengecek gambar poster iklan minuman,Ā  lihat juga beberapa teks iklannya

teks iklan minuman via studioantelope.com

Contoh iklan Bahasa Jawa tertulis

Seneng jus nanging wedi diabetes?
Iki solusineā€¦
Jus enak, digawe saking buah-buahan asli mboten ngangge pemanis buatan.
Rasane segerā€¦
Regane murah lan manfaate kathah.

Contoh iklan minuman Bahasa Indonesia

Kini semua varian minuman di Koemi tersedia dalam kemasan 1 liter. Lebih hemat, lebih puas!

Contoh iklan minuman dalam Bahasa Inggris

Are you a mobile coffee lover and looking for a delicious coffee drink?
Try Starbuck Frappuccino coffee drink, a creamy perfect blend of the finest Arabica coffee and milk.
Once you pop the cap and savor each of the coffee sips, you will fulfill your coffee daydream in our Frappuccino coffee drink.

Pada prinsipnya, contoh iklan minuman ini sama dengan contoh iklan produk kecantikan maupun yang lain. Tapi mungkin akan ada perbedaan pada visual dan teks iklannya. Misalnya, pada teks produk sabun kamu tentu harus mengungkap keunggulan produknya, seperti mencerahkan kulit atau melembapkan. Sedang pada teks produk minuman akan lebih ditekankan mengenai rasanya. Membuat iklan memang tak mudah, tapi semua bisa dipelajari kok. Yuk, kamu yang lagi buka usaha minuman, semangat!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE