Jika beberapa waktu lalu gaya hidup sehat didominasi oleh infused water dan beragam buah yang jadi isiannya, maka sekarang ada tren baru yang juga layak dicoba– namanya infused cube dan fruit popsicle. Tidak hanya menyegarkan namun tampilan dari minuman baru ini juga memikat dengan perpaduan warna buah dan bentuk yang unik. Penasaran apa itu infused cube dan fruit popsicle? Semuanya akan Hipwee kupas tuntas di artikel ini.

infused cube via www.bystephanielynn.com

Pada dasarnya infused cube hampir sama dengan infused water, hanya saja dengan tampilan yang sedikit berbeda. Jika infused water cukup dimasukkan di lemari pendingin supaya sari buah larut ke dalam air, maka infused cube harus dimasukkan ke dalam freezer hingga membeku. Cara untuk mengonsumsi infused cube sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bagaimana kita mengonsumsi es batu, tinggal dimasukkan ke dalam air sebagai pendingin.

Fruit popsicle sendiri juga hampir sama dengan infused cube, hanya bedanya cara pembuatannya dimasukkan ke dalam cetakan es krim, sehingga bentuk akhirnya menyerupai es krim dengan isian potongan buah-buahan segar.

Jika fruit popsicle dan infused water hanya terbuat dari buah-buahan saja, maka infused cube bisa diisi dengan sayuran, rempah-rempah (jahe dan kayu manis), dedaunan (mint, rosemary, lavender, dsbnya). Bahkan kamu juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti air kelapa, green tea, hingga kopi.

Advertisement

Nah penasaran gak bagaimana cara membuat infused water dan fruit popsicle ini? Kombinasi buah apa saja yang bisa dicoba, dan apa saja khasiatnya?

1.  Infused cube daun basil dan stroberi: es batu unik yang bisa mencegah jerawat dan kaya akan vitamin A

stroberi dan daun basil via www.bystephanielynn.com

Daun basil merupakan sayuran yang memiliki segudang manfaat. Sayuran ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sangat baik bagi penglihatan karena mengandung vitamin A. Selain itu, daun basil dapat juga mencegah jerawat serta menyegarkan mulut. Agar penampilan infused cube-mu lebih berwarna kamu bisa mengkombinasikannya dengan buah stroberi yang juga kaya akan vitamin A dan C.

Cara membuat infused cube ini juga sangat mudah:

  • Untuk membuat infused cube stroberi, kamu bisa memblender stroberi dahulu kemudian menuangkannya ke dalam cetakan dan memasukkannya ke dalam freezer hingga membeku
  • Untuk infused cube daun basil, tinggal masukkan potongan daun basil ke dalam cetakan es batu dan campurkan dengan air, masukkan ke dalam lemari pendingin hingga membeku
  • Tuangkan air putih ke dalam gelas dan masukkan infused cube daun basil dan stroberi ke dalamnya

Selamat menikmati! 😀

2. Bagi kamu yang ingin mengatasi gangguan pencernaan dan masalah kulit, coba deh perpaduan infused cube lemon dan daun mint

lemon dan daun mint via www.bystephanielynn.com

Daun mint dapat mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi gangguan pernapasan, dan alergi. Selain itu daun mint juga bisa mengurangi resiko kanker dan dapat mengatasi bau mulut. Sedangkan lemon bisa mengatasi kulit berminyak serta baik untuk melarutkan batu empedu dan batu ginjal. Untuk membuatnya :

  • Masukkan daun mint ke dalam cetakan es batu, begitu pula dengan lemon
  • Masukkan ke dalam lemari pendingin hingga berubah menjadi beku
  • Setelah beku, nikmati bersama segelas air putih

Tidak sulit ‘kan untuk bergaya hidup sehat?

Selain infused cube yang berbentuk es batu, kamu juga bisa membuat es lilin dari buah-buahan yang bentuknya sangat lucu…

3. Ragam irisan buah warna-warni bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar es lilin bergizi

Perpaduan bermacam buah dengan kandungan ragam vitamin akan sangat baik bagi kesehatan tubuhmu. Kamu bisa memadukan irisan buah favoritmu yang kaya warna dan kaya manfaat.

Untuk membuatnya cukup mudah :

  • Masukkan ragam irisan buah yang kamu inginkan (strawberry, kiwi, anggur, peach) ke dalam satu wadah hingga hampir penuh
  • Tuangkan air putih
  • Terakhir masukkan ke dalam kulkas hingga berubah menjadi es batu

Kamu bisa mengkreasikannya dengan ragam buah favoritmu. Tidak cuma penampilannya saja yang menarik, namun es lilin ini juga baik untuk kesehatanmu karena mengandung ragam vitamin.

4. Perpaduan irisan buah dan air kelapa tidak cuma segar — tetapi juga akan membuat badanmu bugar

with coconut water via photos-a.ak.instagram.com

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa baik bagi kesehatan tubuh. Air kelapa sangat baik karena mengandung elektrolit alami serta mengandung kadar khlor dan kalium yang tinggi. Air kelapa juga dipercaya dapat mencegah kanker dan penuaan dini. Dengan ragam manfaat dari air kelapa, tidak alasan untukmu untuk enggan mengonsumsinya.

Kamu bisa memanfaatkan air kelapa sebagai sebagai bahan baku untuk membuat popsicle dan memadukannya dengan ragam irisan buah favoritmu.

Berikut langkah yang harus kamu lakukan :

  • Masukkan irisan buah ke dalam cetakan (satu cetakan untuk satu macam buah)
  • Tuangkan air kelapa hingga penuh
  • Tusukkan stick es krim
  • Masukkan ke dalam freezer hingga mengeras

Voila! Es lilin unik dan sehat sebagai penghalau gerah kini tersaji di depan mata

5. Es lilin yang terbuat dari sari buah merupakan cara baru untuk menikmati jus buah segar

dengan sari buah via photos-h.ak.instagram.com

Jus buah atau sari buah memang sangat menyehatkan badan. Kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya masih asli dan belum tercampur dengan bahan kimiawi. Tapi sering bosan gak sih jika harus minum jus buah yang itu-itu saja?

Jika kamu bosan dengan cara minum jus buahmu selama ini, kamu bisa menjadikannya es lilin yang tidak cuma bergizi tetapi juga memiliki penampilan yang sangat menarik.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, blender buah yang kamu inginkan
  • Masukkan irisan buah ke dalam wadah cetakan
  • Kemudian tuangkan jus buah ke dalamnya
  • Tusukkan stick es krim dan masukkan ke dalam lemari pendingin hingga mengeras

Kamu bisa menggunakan buah favoritmu untuk membuat es lilin kaya gizi ini.

6. Kombinasikan buah favoritmu demi warna fruit popsicle yang lebih memikat hati dan tentunya kaya nutrisi

Kamu bisa mengkombinasikan lebih dari dua macam sari buah untuk membuat es lilin ini. Kamu bisa menduetkan jus buah stroberi yang kaya akan vitamin A dan C dengan jus pisang yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, dan buah lainnya yang menjadi favoritmu.

Untuk membuatnya cukup sederhana :

  • Pilih jenis buah yang ingin kamu jadikan sebagai bahan dasar (kamu bisa memilih 2 sampai 3 jenis buah)
  • Blender buah yang kamu inginkan
  • Tuangkan cairan jus buah yang pertama sekitar 3/4 bagian wadah cetakan, masukkan ke dalam freezer hingga mengeras
  • Setelah mengeras tuangkan jus buah yang kedua dan masukkan ke dalam freezer lagi, lakukan hal yang sama pada cairan yang ketiga

Selamat berkreasi dengan memadukan jus buah favoritmu ya!

7. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kombinasi fruit popsicle dari yoghurt dan pisang layak dijajal

Gabungan yoghurt dan pisang cocok untuk menurunkan berat badan via thepinkdoormat.blogspot.com

Yogurt merupakan susu fermentasi yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat menekan nafsu makan. Yogurt juga memiliki asupan protein yang cukup bagi kebutuhanmu sehari-hari. Dengan rutin mengonsumsi yogurt, pembakaran lemak di dalam tubuhmu juga akan lebih cepat terjadi.

Kamu bisa mengkombinasikan yogurt dengan buah pisang yang akan mengenyangkan dan sangat membantu program penurunan berat badanmu. Selain pisang, kamu bisa juga menggunakan buah lain yang kamu gemari.

  • Pertama masukkan ragam irisan buah ke dalam wadah cetakan
  • Tuangkan yogurt (plain) ke dalam cetakan hingga penuh
  • Masukkan stick es krim dan masukkan ke dalam lemari pendingin hingga beku

Untuk resep lengkap infused cube, kamu bisa intip di sini.

Setelah membaca ulasan di atas, menurutmu lebih menarik infused water atau infused cube dan fruit popsicle? Beranikah kamu mencobanya mulai sekarang> Yuk bagikan jawabanmu dan alasannya di kolom komentar! 😀