Pamor instagram, beberapa tahun terakhir ini memang sedang naik daun. Bahkan dari yang dulunya dinobatkan jadi satu-satunya media sosial yang nggak ada iklannya, sekarang gelar itu pun harus hilang. Sejak sekitar September 2015 kemarin, akun instagram mulai dibanjiri iklan berbagai produk. Hal ini pun menunjukkan bahwa instagram memang menjadi salah satu media sosial yang mulai diminati banyak orang. Efek selanjutnya adalah makin banyak orang yang ingin terlihat keren di aku instagram mereka. Orang-orang pun berlomba mengunggah foto atau video sekeren mungkin untuk dapat like terbanyak.

Ngomong soal foto keren, selain outfit yang kamu kenakan, lokasi foto juga menentukan tingkat kekerenan hasil fotomu. Buat dapet jepretan yang instragamable ala selebgram, kamu nggak perlu jauh-jauh kok pergi ke tempat yang mahal dan eksklusif. Kamu cuma perlu buat lebih peduli dengan sekitarmu. Karena sebenarnya di sekitarmu banyak lokasi foto keren yang selama ini jarang kamu sadari.

1. Mau OOTD? Tepi jalan raya bisa jadi background-mu yang bikin kamu keliatan kayak model yang membelah keramaian.

Seperti berjalan di catwalk via www.instagram.com

Kamu bisa jadi obyek foto ala #OOTD keren ini. Yang perlu kamu siapkan adalah outfit yang kamu banget, sedikit polesan makeup, dan berani malu. Karena nggak semua orang bisa berpose natural kayak gini. Saat berjalan di lampu merah, kamu akan merasa seperti berlenggak lenggok di atas catwalk dan mendapat perhatian dari para pengendara kendaraan bermotor. Udah kayak model beneran, deh.

2. Berpose di gang kecil ternyata bisa jadi keren banget kalo di-upload. Kuncinya adalah pemilihan angle yang pas.

Kamu jalan di gang kecil aja tetep ganteng, Mas Keenan… via www.instagram.com

Advertisement

Cuma modal foto di gang kecil dekat rumahmu saja kamu pun bisa sekece pacar Raisa ini, Keenan Pearce. Kuncinya sih pada pemilihan angle yang pas. Pastikan tempat yang nantinya jadi background kamu foto nggak terlalu rame. Kan nggak lucu kalau kamu lagi foto, ternyata jalannya masih dibuat lalu lalang orang jalan.

3. Perpustakaan tempatnya anak kutu buku? Salah besar! Spot ini nggak boleh lewat buat masuk feeds instagram-mu

Bukunya kece, sama Mbaknya juga. via www.instagram.com

Buang jauh-jauh deh pemikiran kalo perpustakaan adalah milik anak-anak kutu buku. Kamu salah! Perpustakaan adalah milik siapa saja. Para pemburu foto-foto kece juga harus coba cari spot di sini. Caranya? Keliling aja ke tiap rak, cari spot dan pencahayaan yang pas, trus tinggal cekrik deh. Asal ngga boleh berisik juga yaaa. Ntar dilempar pulpen lagi sama Rangga. #eh

4. Mau foto unyu pake latar batu bata merah nggak perlu ke cafe. Cari bagunan yang belum jadi aja. Dijamin banyak yang nge-like.

Rumah orang belum jadi via www.instagram.com

Cari background buat foto instagrammu? Nggak perlu pusing. Latar batu bata merah bisa kamu pake lho. Kamu bisa nemuin di sekitar kamu, guys. Nggak perlu kamu jalan-jalan jauh ke cafe, bayar mahal buat makanan dan minuman demi satu atau dua jepretan. Mending kamu cari rumah yang baru dibangun dan belum jadi deh. Banyak kan yang pake batu bata sebelum ditembokin? Hehehehe.

5. Batu warna putih juga bisa buat background kok. Cek belakang rumah tetangga aja, siapa tau nemu.

Tembok tetangga nih via www.instagram.com

Tembok akan menjadi salah satu spot untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Tembok warna putih bisa jadi alternatif buat kamu lho. Coba deh kamu jalan-jalan di sekeliling rumahmu buat cari tembok putih yang kira-kira bisa buat foto. Siapa tau tembok belakang rumah tetanggamu punya spot ini. Karena mau foto keren nggak perlu mahal, guys.

6. Lapangan tenis nggak cuma buat petenis. Kamu juga bisa dapet hasil jepretan yang oke.

Kepanasan nih, tapi likers dapet banyak via lookbook.nu

Kamu bisa memanfaatkan segala spot sih sebenernya, guys. Semua itu tergantung pada pencahayaan dan pemilihan sudut yang tepat. Di lapangan tenis? Bisa banget nih kamu pake. Kenapa? Dari segi pencahayaan udah banyak dan pas. Tinggal kamu arahkan aja kameramu untuk dapet spot terbaik demi hasil yang kece pula.

7. Piring berwarna putih ini akan bikin makananmu makin menggiurkan untuk diunggah ke Instagram

terlihat menggiurkan via www.mldspot.com

Belajar memotret memang bukan hal yang mudah. Pasti ada trik-trik khusus untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kalo kamu mau mencoba memotret makanan, coba aja pake piring berwarna putih. Selain untuk menonjolkan tekstur dan warna makanan itu sendiri, akan lebih mudah untuk buat fokus.

8. Meja kayu yang khas dengan warna cokelatnya nggak akan mengecewakan hasil fotomu, lho.

meja kayu tak pernah mengecewakan via wanderbites.com

Masih banyak perabotan yang menggunakan kayu dengan warna alaminya, coklat. Dengan warna coklat ini, kamu nggak akan membuahkan hasil yang mengecewakan. Karena termasuk warna yang netral, kamu bisa menambah properti lainnya yang mendukung jepretanmu yang instagram banget. Kayak gambar di atas nih. Foto teh sama mangga aja hasilnya bisa keren banget.

9. Dulu emang terkesan horor, tapi sekarang lorong nggak boleh absen buat dijadiin latar foto di instagram. Hukumnya wajib.

Lorongnya keyen. via www.instagram.com

Nggak jarang lorong-lorong panjang dan sepi diasosiasikan dengan hal-hal horor. Tapi itu udah jaman kapan? Sekarang jaman yang serba digital, semua tempat bisa jadi tempat keren. Contohnya lorong di atas. Asalkan pencahayaan yang memadai dan cukup, dijamin fotomu di sana akan jadi salah satu dari popular posts di instagram.

10. Selain jadi tempat keluar masuk, pintu pun punya fungsi lain sebagai spot foto di era kekinian ini.

Pintu yang multifungsi via www.instagram.com

Nggak cuma jadi obyek penghubung antara satu ruangan dengan ruangan yang lain, pintu kini sudah memiliki fungsi bermacam-macam. Selain sebagai tempat gantungan baju, pintu juga bisa jadi spot foto favoritmu. Nggak perlu menjadikan orang sebagai objek foto, jadiin pintunya aja jadi focus-nya udah bikin jepretanmu semakin instragammable.

11. Nggak mau kalah sama soulmate-nya, jendela akan melengkapi keindahan fotomu.

Foto makin indah di jendela via www.instagram.com

Nggak mau kalah sama si pintu, jendela bisa banget kamu pakai sebagai latar fotomu. Dengan bentuk jendela yang klasik dengan ukuran yang lebih besar akan mendukungmu mendapat foto yang keren. Dan kesan vintage juga akan kamu dapat. Mau coba?

12 . Parkiran, spot foto terhits masa kini. Seakan semua mobil yang lagi parkir kamu miliki.

Parkiran eug nih hehehe via www.instagram.com

Kenapa parkiran lagi sering banget dipake buat foto ganteng dan cantik? Mungkin aja karena tempatnya nggak ramai dan bukan tempat tongkrongan, siapa aja bisa leluasa buat berpose di sana. Pilar-pilar yang berdiri kokoh di sana bisa kamu jadikan sebagai background juga, lho. Atau mobil-mobil yang terparkir. Biar keliatan banyak mobilnya. Hehehehe.

13. Tangga juga bisa jadi pendukung kekecean fotomu, lho.

Hitam putih tetap keliatan ganteng. via www.instagram.com

Kalau kamu termasuk orang yang pandai melihat keadaan dan tanggap, kamu tidak akan melewatkan tangga sebagai objek fotomu. Karena bentuknya yang tidak datar dan berundak, kamu bisa tentukan posisi dimana aja agar hasilnya OK. Kamu beri tambahan effect hitam putih juga pilihan yang tepat, nih.

14. Semakin tinggi pohonnya, semakin tinggi pula nilai fotonya buat dipajang di Instagram!

Nutupin muka dikit ah malu via www.instagram.com

Pohon, sering banget kamu liat dan lewatin setiap hari. Kamu pun kadang ngak peduli sama keberadaannya. Tapi jangan salah, pohon bisa kamu manfaatkan buat jadi properti fotomu. Semakin tinggi pohonnya, kekecean fotomu di instagram akan meninggi juga. Kamu juga bisa pake daunnya buat menutupi sebagian wajah atau outfit kamu. Biar bikin yang liat penasaran gitu. Hehehehe.

Dari 14 hal yang ternyata bisa kamu manfaatkan buat foto-foto kece di Instagram, mana nih yang jadi favoritmu?