Pernikahan jadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap orang. Eits, tapi ini bukan cuma soal pasangan yang sudah ada di sisi. Pernikahan juga tentang menyelenggarakan perhelatan demi berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Untuk kesempurnaan perhelatan seumur hidup ini– uang, tenaga dan pikiran rela kamu curahkan bahkan 12 bulan sebelum hari bahagia.

Gak sedikit orang yang memilih menggelar pesta di gedung dengan konsep formal. Padahal, pernikahan outdoor lebih menyenangkan dan asyik lho. Kamu bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan yang gak didapat dari pernikahan indoor. Gak percaya?  Berikut ini Hipwee uraikan alasannya.

1. Pemandangan dan aneka tanaman di luar ruangan bisa kamu manfaatkan untuk dekorasi pernikahan. Jadi uang tabunganmu bisa sedikit lebih aman.

Alasan memilih outdoor wedding

Alasan memilih outdoor wedding via www.weddingelation.com

Advertisement

Demi pesta yang meriah dan menarik, mendekorasi venue pernikahan menjadi indah adalah hal yang mesti kamu lakukan. Gak jarang kamu akan menghabiskan banyak uang untuk mewujudkannya. Apalagi jika di dalam ruangan, kamu harus melapisi tembok kosong dengan bunga-bunga segar.

Nah, demi menghemat uang, kamu bisa pilih tema outdoor wedding saja. Pemandangan alam di kebun atau taman dan beberapa tanaman alam bisa kamu jadikan sebagai pangganti dekor yang lebih unik. Misalnya, pohon sebagai pintu gerbang, ranting dijadikan sebagai latar photoboth, atau daun berguguran juga bisa kamu manfaatkan sebagai “karpet” yang nyeni. Hanya dengan sedikit sentuhan tambahan bunga dan hiasan, membuat venue pernikahan yang indah jadi tak menguras banyak uang.

2. Tak perlu lagi butuh banyak lampu untuk penerangan. Cahaya matahari rela menyinari venue pesta saat siang.

Alasan memilih outdoor wedding

Alasan memilih outdoor wedding via ruffledblog.com

Meski matahari sedang terik, kamu tetap saja harus menyediakan penerangan atau lampu agar pestamu lebih nyaman. Padahal, penyediaan lampu juga butuh dana yang tidak sedikit lho.

Advertisement

Berbeda ceritanya dengan outdoor wedding. Matahari yang bersinar terang di luar ruangan sudah bisa bikin lokasi pernikahan jadi terang. Kamu tak perlu lagi lampu-lampu besar agar kecantikanmu jelas terlihat. Kamu juga tak perlu mencari genset jika beban listrik terlalu berlebihan. Nah, jika kamu ingin pesta pernikahan yang tak lebih ekonimis namun tetap unik, outdoor wedding bisa menjadi solusi.

3. Pajak bangunan dan perawatan adalah alasan kenapa sewa gedung makin mahal. Dengan sewa lahan, uang tabunganmu bisa terselamatkan.

Alasan memilih pernikahan di luar ruangan

Alasan memilih pernikahan di luar ruangan lebih hemat via www.inspiredbythis.com

Selain penyediaan katering prasmanan, biaya sewa gedung adalah hal yang paling menguras tabungan. Uang belasan juta rupiah harus kamu gelontorkan hanya untuk sewa tempat sehari saja. Ada alasan logis di baliknya. Pajak bangunan dan biaya perawatan gedung yang semakin membengkak membuat harga sewa gedung makin tak masuk akal saja.

Nah untuk mengatasinya, kamu bisa menggelar pernikahan di luar ruangan saja. Sewa taman, lapangan, halaman gedung, pantai dan hutan bisa lebih murah. Atau kamu juga bisa menggunakan halaman belakang rumah biar gak perlu sewa.  Dengan begitu, anggaran sewa gedung yang mahal bisa dialihkan untuk yang lainnya.

4. Angin semilir dan tenda sederhana di luar ruangan siap memberikan kesejukan. Tak perlu boros listrik untuk pendingin ruangan.

Alasan memilih pernikahan outdoor

Alasan memilih pernikahan outdoor via www.inspiredbythis.com

Tak hanya sinar matahari saja yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat uang, angin sepoi-sepoi dan atmosfer sejuk di sekitar lokasi juga bisa jadi solusi praktis. Mungkin kamu memilih lokasi di kebun atau hutan yang banyak pepohonan, maka udara sejuk bisa tercipta secara alamiah. Mungkin kamu memilih pantai atau lapangan terbuka, angin semilir di sini serasa kipas angin alami.

Nah, kondisi alam seperti ini sangat menguntungkan, karena kamu tak perlu lagi menyediakan kipas angin ata pendingin ruangan untuk menciptakan suasana nyaman. Tapi pastikan kamu membuat tenda di beberapa tempat ya. Selain untuk berteduh, perubahan atmosfer yang tiba-tiba juga tak bikin pestamu kacau berantakan.

5. Konsep outdoor wedding yang terbuka bikin pernikahan lebih asyik bagi para undangan. Hal-hal formal dan kekakuan pesta bisa sedikit ditinggalkan.

Alasan kenapa pilih tema outdoor wedding

Alasan kenapa pilih tema outdoor wedding via www.davistaphotography.com

Lokasi resepsi yang terbuka bikin suasana pernikahan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Biasanya, konsep pernikahan luar ruangan lebih cocok dikemas dengan tema-teman santai dan bebas, seperti rustic, kinfolk, atau country. Tema-tema seperti ini tak menuntut aturan yang ribet dan kaku. Jadi suasana pesta juga lebih asyik dan cair. Nah, jika kamu ingin mengundang anak-anak muda, tema ini bisa jadi pilihan yang tepat.

6. Tak hanya siang, pesta yang diselenggaran saat malam juga lebih hemat uang. Cahaya remang-remang dari lampu seadanya justru bikin suasana lebih romantis.

Alasan memilih outdoor wedding

Alasan memilih outdoor wedding via www.popsugar.com

Menghemat dana pernikahan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan outdoor wedding saja. Tak hanya pesta di siang hari saja yang bisa mengurangi penggunaan lampu. Pesta yang diselenggarakan saat malam justru bisa menawarkan dua keuntungan. Hanya dengan mengandalakan lampu flip flop atau lampu kecil warna kuning, pestamu bisa terkesan lebih romantis dan megah.

Pernikahan memang identik dengan keromantisan. Tapi tak melulu harus menggunakan bunga mawar, lampu-lampu kuning saat malam juga bisa memberikan sensasi yang sama. Dan outdoor wedding bisa jadi cara untuk mewujudkannya.

7.  Tempat terbuka membuat tamu dan pengantin bebas kemana saja. Gak heran kalau suasana pesta jadi lebih akrab dan bersahabat.

Alasan memilih outdoor wedding

Alasan memilih outdoor wedding via www.weddingsteps.com

Pesta pernikahan outdoor  biasanya digelar di taman, lapangan, halaman, atau bahkan di hutan. Lokasi ini menawarkan suasana yang lebih lapang tanpa banyak sekat atau pembatas. Dengan begitu para tamu undangan lebih bebas kemana saja ingin melangkah.

Selain itu, pesta pernikahan outdoor juga menawarkan atmosfer yang hangat. Para tamu bisa membaur satu sama lain karena suasana yang bebas. Antara anggota keluarga, tamu VIP dan tamu biasa juga tak terlalu terkotak-kotakkan. Dengan begitu, nuansa pernikahan yang bersahabat bisa kamu buat dengan cara yang cerdas.

Nah, masih gamang memilih tema dan lokasi resepsi pernikahan? Menggelar pesta pernikahan tak melulu kudu di dalam ruangan kok. Lokasi luar ruangan, seperti taman, halaman, hutan, dan pantai justru lebih menyenangkan.

Semoga bahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya