Pernahkah kamu berpapasan atau dilalui oleh orang lain yang punya aroma wangi di tubuhnya? Bukan cuma beberapa saat, tapi aroma wanginya selalu ada dan bertahan sepanjang hari. Kamu jadi betah berlama-lama di dekatnya lantas bertanya-tanya…

“Ini orang kok wangi banget, pakai parfumnya sebotol kali, ya?”

Padahal, selain intensitas parfum yang digunakan, ada beberapa strategi di balik kapan dan bagaimana harus menggunakan parfum itu sendiri. Nggak ketinggalan, pintar memperhatikan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh juga sama pentingnya demi menjaga ketahanan aroma yang wangi setiap saat.

Biar nggak pernasaran lagi, berikut Hipwee Tips berikan bocorannya berikut ini.

1. Memilih aroma parfum nggak bisa sembarangan. Aroma yang spicy atau woody lebih tahan lama ketimbang yang citrusy

parfum beraroma rempah lebih tahan lama via w-dog.net

Advertisement

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah, nggak semua aroma parfum diciptakan sama, baik dari segi baunya ataupun kegunaannya. Aroma spicy atau woody adalah aroma pedas atau khas rempah-rempah dipercaya lebih tahan lama ketimbang aroma citrus atau asam-asam jeruk. Meskipun aroma citrus punya karakter yang menyegarkan dan bisa berbaur dengan baik dengan aroma-aroma lainnya seperti aroma dedaunan, rerumputan, mint atau bunga, namun aroma woody-lah yang akan lebih tahan lama. Keunikan aroma kayu adalah bisa memberikan sentuhan aroma yang lembut, hangat, dan terasa creamy.

2. Ketahui waktu yang tepat untuk menggunakan parfum agar aroma yang ditinggalkan juga bisa bertahan lebih lama di tubuh

pakai parfum setelah mandi via www.verywell.com

Waktu terbaik memakai parfum adalah setelah selesai mandi, yakni saat kulit masih dalam keadaan sangat lembap. Kelembapan ekstra pada tubuh ini akan membantu mengunci aroma parfum di kulit. Mengenakan parfum saat kamu sedang berkeringat justru akan membuat aroma tubuhmu jadi nggak karuan, selain aromanya juga nggak terkunci sempurna. Jadi rutinkan untuk memakai parfum sesaat setelah mandi dan tubuhmu dihanduki bersih, ya!

3. Ketahui pula titik-titik terbaik untuk disemprotkan parfum dan yang mampu menyebarkannya ke seluruh tubuh

pakai di leher via www.refinery29.uk

Memang, hampir semua bagian tubuh bisa disemprot parfum, tapi nggak semuanya bisa mengunci dan menyebarkan aromanya ke seluruh tubuh. Selain pergelangan tangan, cobalah menyemprotkan parfum di bagian tubuh yang lebih hangat, seperti dada, leher, belakang telinga, atau di perut. Panas tubuh akan membantu menyebarkan aroma di seluruh tubuhmu. Alhasil, aroma parfum pun akan lebih menyerap dan tahan lama.

4. Jangan hanya mengandalkan parfum saja, kamu juga perlu melapisi wewangian di tubuhmu dengan produk nutrisi kulit lainnya

pakai produk nutrisi kulit lainnya juga via vitamedica.com

Ternyata bukan cuma dari parfum saja, mereka yang bisa wangi sepanjang hari juga rutin menggunakan produk-produk harian yang mampu menutrisi kulit dengan baik. Mulai dari sabun, body lotion, hingga minyak wangi, biasanya memiliki aroma yang berbeda-beda. Dengan memakai beberapa aroma bersamaan, kamu bisa membangun lapisan aroma yang cenderung akan tahan lebih lama. Selain wangi, tubuhmu juga lebih terawat karena diberi asupan yang baik sepanjang hari.

5. Hindari melakukan kebiasaan yang justru membuat aroma parfum jadi berkurang atau bahkan hilang begitu saja

jangan digosok via www.fsfashionista.com

Meskipun menggosok pergelangan tangan setelah memakai parfum merupakan suatu kebiasaan, tahan dirimu. Kegiatan yang satu ini ternyata dapat memecah aroma parfum. Bukannya terkunci dengan baik di kulit, kebiasaan menggosokkan parfum baik di pergelangan tangan maupun di bagian tubuh lainnya justru akan membuatnya nggak bertahan lama. Mulai sekarang hindari kebiasaan ini, ya!

6. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Caranya, minum air putih secara teratur

minum air putih via www.rd.com

Satu poin yang nggak boleh dilupakan adalah melembapkan tubuh sebelum mengaplikasikan parfum. Melembapkan tubuh bukan hanya dilakukan dengan cara mandi, tapi juga bisa diupayakan dengan cara-cara dari dalam, yakni dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kamu disarankan untuk minum air putih dengan jumlah yang cukup setiap harinya. Kulit yang kering dapat menyerap aroma parfum lebih cepat, tapi juga membuatnya hilang dengan cepat. Berbeda dengan kulit lembap yang bisa mengunci aroma parfum lebih lama di kulit.

7. Pastikan kamu menyimpan parfum dengan baik, hindari dari paparan panas dan terlalu lembap yang bisa memecah molekul parfum

taruh di atas meja rias via ashrocketship.com

Sebaiknya, simpan parfum dalam tempat yang kering dan suhu yang normal agar aroma parfum tetap terjaga dan nggak berkurang. Paparan panas dan kelembapan yang berlebihan dapat memecah molekul aroma parfum. Hindari menyimpan botol parfum di dalam kamar mandi atau tempat-tempat lain yang terpapar panas atau suhu dingin yang berlebih. Simpan parfum selalu dalam keadaan suhu normal, seperti di atas meja rias misalnya.

8. Aplikasikan parfum sebanyak yang kamu perlukan, tapi nggak cukup hanya sekali saja agar aroma tubuhmu tetap wangi sepanjang hari

jangan hanya sekali via www.reference.com

Kulit adalah organ tubuh yang hidup yang juga bisa bernapas. Otomatis, aroma parfum yang menempel juga akan hilang seiring waktu. Nah, untuk menyiasati agar tubuh tetap wangi sepanjang hari, baiknya aplikasikan parfum beberapa kali dalam sehari, tapi juga jangan berlebihan, Jadi, nggak ada salahnya untuk selalu membawa parfum kemana pun kamu pergi, ya!

Sekarang kamu sudah tahu ‘kan rahasia agar bisa wangi sepanjang hari? Yuk, praktikkan trik-trik di atas, dijamin semua orang bakal betah berada di dekatmu. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya