Sebagai cewek yang telah punya penghasilan sendiri di usia 20-an, kamu jadi lebih perhatian sama kondisi kulit. Hal ini sebenarnya wajar karena pada dasarnya cewek itu memang sangat peduli terhadap tubuh. Selain karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kamu tampil maksimal, hal lain seperti cari pujaan hati tak luput dari niat kamu merawat kulit. Hehe.

Oleh karena itu, nggak heran jika kamu jadi sering mengikuti tren kecantikan terkini. Beberapa produk perawatan tubuh seperti hand cream, body lotion, body butter, dan foot cream tak ketinggalan kamu miliki. Tanpa mengetahui fungsi sebenarnya apa, kamu langsung membelinya saja. Keempat produk tadi memang sama-sama melembapkan, namun faedahnya berbeda lho. Nah, biar produk perawatan tubuh yang kamu punya sesuai dengan kebutuhan kulit, simak 5 perbedaan hand cream, body lotion, body butter, dan foot cream berikut ini.

1. Produk perawatan kulit tersebut semuanya mampu melembapkan. Tapi, fungsinya sendiri berbeda

pakai hand cream

Advertisement

Seluruh produk perawatan kulit pada dasarnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ya, semuanya mampu menjaga kelembapan kulit. Tapi, terdapat perbedaan yang kamu nggak sadari yaitu dari tekstur dan kandungannya. Hal ini ada pada hand cream yang tekstur cream-nya lebih kental dibanding body lotion. Area tangan yang tak tertutupi ini lebih mudah kering karena langsung terkena paparan sinar matahari dan AC.

Hand cream berbeda dengan tekstur body lotion yang lebih cair karena diperuntukkan untuk melembapkan badan. Adanya area tubuh yang tak membutuhkan perawatan ekstra seperti pada tangan membuat kandungan body lotion tidak memerlukan cream yang kental. Selain itu, jika hand cream mampu menjaga kulit tangan dari paparan sinar matahari dan AC, body lotion hanya sekadar menjaga kelembapan kulit setelah mandi.

2. Jika biasanya body lotion dapat digunakan untuk semua jenis kulit, lain halnya dengan body butter. Hanya untuk area kulit yang sangat kering

teksturnya beda via www.nicoleyie.com

Mungkin kamu sulit membedakan antara body lotion dengan body butter. Pemilik kulit normal tentu dapat menggunakan body lotion saja, tapi lain halnya jika ada bagain tubuh yang sangat kering. Seperti area siku, tumit, dan lutut yang perlu perawatan khusus dan tak bisa hanya dioleskan body lotion. Kondisinya yang kering sekali hanya bisa dirawat oleh body butter lantaran kandungannya yang terdapat banyak minyak. Bahan-bahannya seperti shea butter, coco butter, atau coconut butter memiliki kandungan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, area tubuh yang sangat kering sebaiknya dijaga oleh body butter.

3. Tapi, kalau kondisi kulit keringmu masih taraf wajar, kamu dapat memilih body cream dibanding body lotion

untuk kulit kering yang masih wajar via www.sheknows.com

Advertisement

Jika kulit keringmu masih termasuk wajar, maka kamu dapat memilih body cream dibanding body lotion atau body butter. Teksturnya yang lebih kental membuat pemakaian body cream pas digunakan buat kondisi kulitmu yang keringnya masih wajar. Kamu bisa gunakan pada bagian yang cukup kering seperti lengan dan area kaki. Nah, untuk penggunaannya pun kamu bisa pakai ketika sering berada di tempat dingin.

4. Sedangkan buat kamu yang berkulit normal dan suka tekstur yang lebih ringan dari body lotion, kamu bisa gunakan body milk

pilih body milk via hellotobeauty.com

Kalau kamu adalah tipe cewek yang nggak suka kulit lengket karena lama teresapnya produk perawatan, maka kamu bisa gunakan body milk daripada body lotion. Hal ini karena tekstur body milk lebih cair dan lebih ringan, sehingga mudah terserap di kulit. Body milk tak jauh berbeda dengan body lotion yang baik digunakan untuk kondisi kulit normal.

5. Kondisi kaki yang sering terkena debu dan jauh lebih kasar mengharuskan kamu memakai produk khusus, seperti foot cream

ada perawatan khusus kaki via www.rd.com

Kulit kaki kondisinya lebih kasar dan sering terkena debu. Nggak jarang juga kaki mudah terkena paparan sinar matahari, sehingga membuat kondisinya pecah-pecah, kering, dan kasar. Dengan menggunakan foot cream yang khusus untuk kaki, maka masalah kaki kamu dapat terselesaikan dengan segera. Kandungannya mampu melembapkan dan menjaga kemulusan kaki.

Dengan mengetahui kandungan dan tekstur hand cream, body lotion, body butter, dan foot cream kamu jadi tahu fungsi setiap produk. Ditambah lagi adanya body milk dan body cream yang sekarang nggak bikin kamu bingung lagi. Selamat memilih produk perawatan kulit terbaik ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya