Pergi ke salon memang bukan rutinitas yang wajib dilakukan. Walaupun banyak cewek yang rutin ke salon tiap minggu atau tiap bulan, ada juga yang cuma ke salon setahun sekali. Cuma kalau rambut udah kepanjangan sementara mereka nggak bisa potong rambut sendiri.

Selain menghemat pengeluaran, salah satu alasan kenapa cewek jarang ke salon adalah karena mereka masih bisa melakukan perawatan di rumah sendiri. Kira-kira perawatan seperti apa saja sih yang bisa diterapkan di rumah? Yuk simak beberapa tips berikut ini!

1. Kamu mungkin jarang facial. Tapi supaya engga jerawatan, usahakan tanganmu selalu terbebas dari kuman

cuci tangan yuk! via tsminteractive.com

Tangan adalah anggota tubuh yang sering banget digunain untuk berbagai hal. Termasuk memegang uang, menyentuh pintu pagar, tangga, dan membuka pintu toilet. Wajar jika debu dan kuman menempel di tangan. Kalau kamu menyentuh wajah dengan tangan yang gak bersih, bakal rawan tumbuh jerawat! Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah mutlak.

Rutinlah mencuci tangan setelah pergi ke toilet dan sebelum makan. Hilangkan kebiasaan menyentuh-nyentuh bagian wajah dengan tangan, apalagi kalau tanganmu belum dicuci. Dengan trik sesimpel ini, jerawat bisa lebih kamu hindari!

2. Agar kulit wajah nggak kusam, jangan lupa bersihkan wajah setiap malam. Mau rajin ke salon atau nggak, yang satu ini tetap wajib dilakukan

Advertisement

Semakin dewasa, aktivitasmu semakin banyak saja. Pergi pagi, pulang sore — bahkan pulang saat larut malam. Nah, hati-hati. Sesibuk apapun kamu dalam berutinitas, usahakan tetap membersihkan wajah ya, terlebih lagi saat malam hari. Produk pembersih wajah saat ini juga sudah menjamur, pilih yang paling sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Misalnya saja: kamu yang punya kulit kering harus menghindari produk pembersih wajah yang berparfum dan berbahan dasar deterjen natrium lauert sulfate. Kamu yang rawan jerawatan harus pilih produk yang bersifat non-komedogenik.

Agenda bersih-bersih wajah setiap malam ini berguna untuk menjaga kesegaran wajah dan menghindari kekusaman. Rajin ke salon atau nggak, siapa sih yang nggak mau kalau wajah terlihat selalu cerah?

3. Please usahakan pakai pelembab. Bahkan walaupun kamu jarang pakai makeup!

kapan lagi pakai pelembab kalau bukan dari sekarang? via www.pinterest.com

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar maupun dalam rumah, memakai pelembab wajah adalah suatu langkah yang baik! Kenapa? Karena pelembab wajah ini bisa membuat wajah terlihat segar, melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet, dan menghindarkan kulit menjadi kering. Dengan demikian, kesehatan dan kecantikan wajahmu semakin terjaga.

4. Males banget ke salon? Tapi jangan males maskeran dong!

pakai masker via www.talkglitz.tv

Sudah gak ke salon, jangan males-malesan ya merawat wajah. Di kala senggang, kamu bisa maskeran, baik masker alami yang kamu buat sendiri maupun masker produk kecantikan yang kamu beli. Kalau kamu punya waktu senggang yang cukup banyak, kamu bisa meramu masker dari bahan alami. Hipwee pernah menulis resep-resep masker alami sederhana di artikel ini. Cobain deh!

Masker alami ini bermanfaat dalam mengencangkan kulit, melancarkan peredaran darah, mengangkat sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit wajah. Dari beberapa manfaat maskeran yang disebutkan, masih malas maskeran? 😉

5. Perbanyak minum air. Ini super penting!

Kenapa sih minum air itu penting? Hal ini karena setiap sel yang ada di dalam tubuh membutuhkan air untuk bekerja secara efektif. Selain itu, konsumsi air yang cukup dapat mencegah keriput, mengurangi jerawat, mengencangkan kulit, dan mengurangi bibir pecah-pecah. Gak mau ‘kan ketika bertemu orang, tampilanmu minus one karena bibir pecah-pecahmu?

6. Gak cuma perawatan wajah aja yang bisa kamu lakukan sendiri. Hair spa juga bisa!

coba hair spa di rumah yuk via homespaessentials.tumblr.com

Kecantikan GAK melulu soal wajah dan kulit, tapi juga tentang mahkota wanita: rambut. Rambut yang seringkali berketombe, bercabang, dan kusut hingga susah disisir ini bisa merusak penampilan kamu. Meskipun begitu, kamu masih bisa memperbaiki tampilan rambutmu itu dengan melakukan hair spa di rumah kok. Yang terpenting dari hair spa sendiri yaitu tersedianya minyak zaitun, masker rambut sesuai jenis rambutmu, shampo, dan kondisioner. Jangan lupa juga sediakan sisir bergerigi dan handuk kecil untuk digunakan saat hair spa sudah selesai!

7. Klise, sih, tapi setiap klise ada benarnya. Tebarkan senyum indahmu agar orang yang melihat “jatuh cinta” ;pp

Senyum tulus via 7-themes.com

Senyum itu murah dan menyenangkan. Jika kamu tersenyum, secara tidak langsung kamu menebarkan aura positif kepada orang-orang di sekitar. Saat kamu dilanda masalah pun dan kamu menghadapinya dengan sebuah senyuman, maka pikiranmu akan lebih jernih dalam menyikapi masalah tersebut. Lagipula, percuma dong udah perawatan kalau muka nggak terlihat bahagia? Hehe 😉

Karena itu, yuk senyum lebih sering. Gak harus sering ke salon lho buat jadi cewek yang murah senyum!

Yang terpenting dari melakukan perawatan kecantikan di rumah yaitu adanya niat dan hindari rasa malas. Gak apa-apa kok ke salon cuma setahun sekali, asal tetap merawat diri. Selamat mencoba!