Inilah 7 Fakta Kenapa Kamu Sering Merasa Dingin, Walau Udara Lagi Panas Terik

Fakta kenapa sering kedinginan.

Selama ini kamu mungkin bertanya-tanya kenapa sering merasa kedinginan sendiri, padahal udara lagi terik. Hal ini bikin kamu kerap dicap salah kostum gitu. Saat orang lain pakai kaus, sementara kamu malah tambahkan outer semisal jaket. Sering dibilang aneh sih, tapi mau gimana, dingin kok!

Advertisement

Banyak faktor yang membuat kondisi tubuh seperti ini. Sebagaimana dilansir dari Reader’s Digest, beberapa di antaranya karena tubuhmu memerlukan lebih banyak vitamin B12, berat badan di bawah standar, dan kurang cukup istirahat. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini yuk.

1. Kadar zat besi yang rendah bisa berakibat tangan dan kakimu dingin

tangan terasa dingin via unsplash.com

Bagian tubuh yang kerap terasa dingin biasanya pada tangan dan kaki. Hal ini terjadi karena kadar zat besi yang rendah. Sel darah merah dalam tubuh membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke dalam darah. Dengan demikian, kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan oksigen nggak terbawa secara merata ke seluruh tubuh. Untuk meningkatkan kadar zat besi, kamu sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran hijau, kacang polong, dan jangan lupa konsumsi vitamin C seperti cabai merah agar penyerapannya lebih maksimal.

2. Sering merasa dingin juga menandakan kalau tubuhmu perlu lebih banyak vitamin B12

perbanyak makan telur via www.pexels.com

Sering terasa dingin menandakan kalau tubuhmu perlu lebih banyak vitamin B12. Nah, vitamin B12 ini banyak terdapat dari pangan hewani seperti telur dan keju. FYI, vitamin B12 dan zat besi membantu mendistribusikan panas ke seluruh tubuh. Maka dari itu kalau kandungannya kurang, maka sel darah merah nggak bisa bekerja secara efektif dan mengakibatkan tubuh kedinginan.

Advertisement

3. Punya berat badan kurang ideal dan jauh di bawah standar jadi salah satu penyebabnya

berat badan di bawah standar via www.pexels.com

Bertubuh kurus menjadi salah satu penyebab kamu sering banget kedinginan. Hal ini karena lemak di tubuhmu jumlahnya sedikit, sehingga tubuh sulit menahan panas dengan baik. Untuk meningkatkan berat badan, kamu bisa perbanyak konsumsi makanan padat kalori dengan lemak baik seperti selai kacang dan yogurt penuh lemak.

4. Kamu terlalu sering begadang dan enggan tidur siang

kamu sering begadang via unsplash.com

Begadang hampir tiap malam demi selesaikan tugas atau sekadar main ponsel semata bikin kamu kedinginan. Misalnya saat kamu bangun di pagi hari pasti tangan dan kaki dingin, bahkan nggak jarang juga pilek dan bersin-bersin. Hal ini diperparah dengan kamu yang enggan tidur siang. Tubuh yang sudah lelah dan dipaksa tetap beraktivitas ini dapat memperlambat metabolisme, makanya saat siang hari kamu tetap merasa dingin.

5. Bukan cuma kurang tidur, tapi kamu juga dehidrasi

kamu dehidrasi via www.pexels.com

Ketika tubuhmu kekurangan air, maka tubuh tidak dapat mengedarkan darah secara efektif. Maklum, tubuh manusia terdiri dari 60 persen air, sehingga air berperan penting untuk mengontrol suhu tubuh. Maka tak heran kalau kamu jadi sangat sensitif pada suhu. Karena itu, kamu sebaiknya cukup konsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari. Terutama sebelum dan setelah beraktivitas yang banyak mengeluarkan tenaga.

Advertisement

6. Bukan cuma kurang berat badan, tapi asupan lemak karena kamu diet rendah lemak juga jadi alasan lain

kurang asupan lemak via www.pexels.com

Tak hanya yang memiliki berat badan kurang, tapi kamu yang lagi program diet rendah lemak bisa juga mengalami. Ingat nggak saat udara lagi dingin, kamu pengen makan makanan berlemak supaya tubuh kenyang dan merasa lebih hangat? Diet rendah lemak bukan berarti kamu sama sekali puasa konsumsi makanan berlemak ya.

7. Sirkulasi tubuh yang buruk menyebabkan tubuhmu kerap merasa dingin

sirkulasi buruk via unsplash.com

Sering kedinginan berasal dari sirkulasi tubuh yang buruk. Misalnya kalau cuma tangan dan kaki saja yang dingin, kemungkinan ada masalah pada sirkulasi darahmu. Hal ini bisa dikarenakan penyakit jantung – yang membuat jatung nggak bisa bekerja maksimal seperti memompa darah secara efektif. Makanya, darah nggak mencapai jari-jari tangan dan kaki dengan baik. Disarankan, kamu perlu berolahraga ringan secara teratur.

Kini, kamu bisa mulai memperbaiki segala hal yang tubuhmu perlukan. Demi tubuh tidak terasa dingin terus di siang hari.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE