7 Trik Mengiris Bawang Merah Biar Mata Nggak Perih atau Malah Nangis. Bukan Pakai Kacamata~

Iris bawang merah nggak nangis

“Mama kenapa nangis?”

“Bukan nangis, Dik. Ini mama lagi potong bawang merah, matanya perih sampai nangis…”

Hampir setiap masakan Indonesia selalu menggunakan bawang merah untuk bumbunya. Meski mudah diolah, sayangnya bawang merah butuh effort lebih ketika memotong atau mengirisnya. Pasalnya, kandungan senyawa belerang yang terdapat di dalamnya bisa membuat mata perih, sehingga tak jarang beberapa orang dibuat menangis karenanya.

Advertisement

Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir mata perih saat mengupas atau mengiris bawang merah. Tanpa berlama-lama, cek langsung ulasan Hipwee Tips berikut!

1. Sebelum dipotong, dinginkan atau bekukan bawang merah

taruh di freezer via www.qraved.com

Proses pembekuan atau pendinginan bisa memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan bawang ketika dipotong, jadi bisa meminimalisir rasa pedih di mata. Selain memasukkan bawang ke freezer, kamu juga bisa merendam bawang di es batu atau air es.

2. Ketika hendak dipotong, biarkan akar bawang merah tetap menempel di bagian ujung bawang

biarkan dengan akarnya via tanaman.web.id

Mengutip laman Kumparan, The National Onion Association menyebut bagian akar bawang merah yang nggak dipotong bisa menetralkan senyawa belerang padanya. Sebab, bagian akar inilah yang memiliki kadar senyawa belerang cukup tinggi, sehingga bila ujungnya dihilangkan justru akan menimbulkan efek pedih di mata.

Advertisement

3. Air lemon juga bisa meminimalisir senyawa belerang bawang merah penyebab mata pedih lo!

mengoles pisau dengan lemon via www.staceysnacksonline.com

Bukan dengan merendam bawang di air lemon, tapi oleskan air lemon ke pisau yang digunakan untuk mengiris bawang atau sesederhana membelah lemon jadi dua. Lakukan berulang kalau efek lemon mulai hilang, ya!

4. Potong bawang dari bagian atas dengan menggunakan pisau yang tajam

potong bagian atas via www.pertanianku.com

Sebelum mengupas kulit luar, cobalah potong dulu bagian atasnya. Saat memotong, usahakan untuk menggunakan pisau tajam, agar nggak memicu gesekan yang malah membuat senyawa belerangnya keluar.

5. Cobalah gigit benda tertentu ketika mengiris bawang merah

gigit benda via www.alletop10lijstjes.nl

Kesannya memang konyol, tapi dengan menggigit benda tertentu bisa mengurangi rasa pedih ketika memotong bawang merah lo! Benda-benda seperti roti, pensil, atau korek api kayu bisa menyerap senyawa belerang pada bawang putih. Atau, kunyah permen karet aja biar gampang.

6. Cara simpel yang cukup efektif: semprotkan cuka dan tabur garam di atas telenan

semprot vinegar via thepioneerwoman.com

Campuran senyawa kimia dan garam bisa menghentikan reaksi yang ada dalam bawang putih. Pertama, kamu bisa mengoleskan garam pada talenan, diamkan dulu selama lima menit. Nah, setelah itu, semprot telanan dengan air cuka. Gunakan talenan kayu agar campuran kedua senyawa ini lebih mudah terserap.

7. Usahakan sirkulasi udara tempatmu memotong bawang cukup baik. Bagus lagi kalau nyalakan kipas angin juga!

pakai kipas via nl.pinterest.com

Sirkulasi udara yang baik akan meniup senyawa sulfur yang bisa membuat matamu pedih. Jika memang di dapurmu nggak cukup banyak jendela, manfaatkan kipas angin agar senyawa belerangnya nggak langsung mengenai mata.

Nah, kalau sudah tahu trik-trik ini, kamu nggak perlu khawatir mewek-mewek lagi ketika memotong bawang merah. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE