Artikel ini adalah hasil partnership antara Hipwee dan Clean & Clear®, pembersih wajah dengan formula Active Clear yang ampuh mengatasi jerawat.

Kamu si cewek aktif dengan segudang kegiatan. Terkadang kegiatan juga mengharuskanmu berada di luar ruangan seharian. Menjadi sibuk memang sah-sah saja. Namun, kesibukan jangan sampai membuatmu lupa untuk mengurus diri. Perihal merawat wajah agar tidak kusam dan tiba-tiba mucul jerawat itu penting untuk kamu perhatikan.

Kalau nggak sempat melakukan perawatan wajah ke salon atau klinik kecantikan, kenapa kamu nggak coba perawatan wajah sendiri di rumah? Caranya juga nggak sulit kok! Nih, kamu coba ya beberapa perawatan wajah yang sudah Hipwee dan Clean & Clear® siapkan. Selamat mencoba!

1. Buat kamu yang punya banyak kegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen atau pelembab.

pakai suncreen biar wajah sehat

pakai suncreen biar wajah sehat via www.tashiara.com

Meski kulitmu nggak tergolong sensitif, memakai sunscreen harus tetap jadi kamu lakukan. Selain melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari, beberapa kandungan lain di dalamnya juga bisa menutrisi kulitmu. Tapi kalau kegiatanmu di dalam ruangan, mengaplikasikan pelembab ke wajah sudah cukup, kok! Sebagai catatan, kalau kulitmu cukup berminyak, pilihlah sunscreen dalam bentuk gel yang bisa mencegah munculnya jerawat. Selain itu, kandungan air yang mendominasi pada suncreen jenis gel dapat membantu menjaga keseimbangan minyak di wajah.

2. Dua atau tiga hari sekali sebelum tidur, kamu bisa menguapi wajah di rumah.

Menguapi wajah bukan cuma berfungsi melembabkan kulit, tapi juga sebagai detoksifikasi. Saat pori-pori kulitmu terbuka, sisa kotoran yang nggak hilang dengan sabun serta racun, sel kulit mati, minyak dan blackheads bisa lebih mudah terangkat. Kamu nggak perlu repot menguapi wajah ke salon karena kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, cukup dengan bermodalkan mangkok yang berdiameter seukuran wajahmu, lalu handuk dan pastinya air panas. Mudah ‘kan?

3. Jika dalam seminggu harimu penuh dengan kegiatan ini itu, liburan adalah waktunya kamu mencoba masker alami yang mudah dibuat.

Kalau bisa, maskeran itu dilakukan seminggu dua kali, tapi kalau nggak bisa, sekali saja juga sudah cukup, kok. Dan kalau kamu mau maskeran yang lebih sehat dan minim resiko alergi, maka masker DIY perlu kamu coba. Karena kamu yang membuatnya sendiri, sudah pasti kamu tahu kandungan yang ada di dalamnya. Tapi cobalah untuk lebih berhati-hati. Sebelum mencoba memakai masker DIY, kamu perlu berkonsultasi dengan pakar yang lebih mengerti.

4. Kalau maskeran dirasa cukup repot, mengkompres wajah dengan irisan mentimun juga bisa menjadi solusi mencegah jerawat. Lebih praktis, bukan?

Kegiatan maskeran memang agak repot, karena harus dioleskan ke seluruh wajah sampai rata, lalu ditunggu sampai dirasa cukup kering, dan setelah itu masih harus dibersihkan dengan air hangat. Namun kamu nggak perlu khawatir, karena potongan mentimun nggak cuma ampuh menghilangkan mata pada yang sembab atau bengkak, tapi juga bisa menjadi antiseptik yang membunuh kuman penyebab jerawat. Buat kamu yang sudah terlanjur didatangi jerawat, mentimun juga mengandung anti-inflamasi yang bisa meredam jerawatmu.

5. Memperbanyak minum air putih nggak cuma mencegah dehidrasi, tapi juga membuat kadar air di kulitmu terjaga.

Kegiatan yang banyak membuat cairan ditubuhmu lebih mudah hilang. Karena itu, kamu harus minum air putih lebih banyak. Percaya deh, nggak cuma berfungsi menjaga tubuhmu dari dehidrasi atau mencegah keriput di kulitmu, tapi air putih juga merupakan salah satu pelarut racun di organ dalam tubuh dan kulitmu. Setelah tahu banyaknya manfaat minum air, masih ada yang malas minum?

6. Kalau jerawat telanjur muncul, atasi dengan tepat. Oleskan tea tree oil atau obat jerawat. Perlahan tapi pasti, jerawat akan pergi.

Mau gimana lagi, jerawat terlanjur sudah terlanjur menghampiri kulit wajahmu. Tapi kamu nggak usah panik, dan jangan langsung memencet jerawat itu biar cepat hilang. Sikapi saja dengan baik dan penuh kesabaran, supaya nantinya nggak meninggalkan bekas yang justru menyebalkan. Caranya cukup oleskan jerawatmu dengan tea tree oil. Kandungan zat anti jamur dan anti bakteri pada tea tree oil bahkan sama efektifnya dengan benzoil peroksida. Yakin nggak mau pakai?

7. Terpenting: sesibuk apapun dirimu, jangan lupa untuk cuci muka kalau kamu nggak mau jerawat muncul tiba-tiba.

Paling penting dan wajib kamu tahu. Semua perawatan di atas nggak akan maksimal menjaga kulitmu dari jerawat kalau kamu malas mencuci muka. Jadi sesibuk apapun dirimu, jangan lupa mencuci muka, ya.

Jangan lupa juga memilih produk pembersih wajah yang cocok buatmu, seperti dengan Active Clear dari Clean & Clear® yang bisa membuat pori-pori lebih bersih dan pastinya bantu mencegah timbulnya jerawat di mukamu.

Rutinlah mencuci wajah sampai kamu bisa melambai dan bilang… bye bye jerawat dan bekasnya!

Nah, buat kamu yang peduli dengan penampilan dan kesehatan kulitmu, tips-tips di atas perlu kamu terapkan. Jangan sampai jerawat merajalela di wajahmu dan meredupkan rasa percaya dirimu. Jangan lupa, pilih produkpencuci muka yang tepat ya. Ingin tahu lebih lanjut lagi soal produk pencuci muka yang tepat buat kamu? Segudang info bermanfaat bisa kamu temukan di sini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya