“Celana dalam adalah kebutuhan dasar manusia” – Rebbeca Bloomwood, Confession Of a Sophaholic

Ladies, penting untuk kamu tahu bahwa pakaian dalam yang kamu gunakan juga harus dirawat dengan benar. Memang sih, kamu nggak bakal tunjukkin kamu lagi pakai bra dan celana dalam warna apa hari ini ke semua orang. Tapi balik lagi ke kesehatan, merawat pakaian dalam sama aja kamu sayang tubuh bagian sensitifmu. Selain itu, kamu juga bisa berhemat dengan nggak terus-terusan beli pakaian dalam setiap waktu.

Lalu gimana caranya? Tenang, Hipwee Tips bakal kasih tahu rahasianya!

1. Jangan percayakan laundry untuk mencuci pakaian dalam, cucilah sendiri dengan tangan

cuci manual dengan tangan via embassycleaners.com

Idealnya, kamu memang lebih baik mencuci pakaian dalam dengan tangan. Mempercayakannya pada laundry hanya cari-cari masalah. Selain soal kebersihannya, pakaian dalam kamu nggak bakal diperlakukan spesial. Nggak lucu kalau tiba-tiba pakaian dalam kamu sobek atau cacat warnanya.

2. Gunakan air dingin dan sabun yang lembut, hindari deterjen dan pemutih atau pakaian dalammu bakal rusak

Advertisement

gunakan air dingin dan sabun yang lembut via hourglassy.com

Cara terbaik untuk mencuci pakaian dalam adalah dengan merendamnya pada air dingin yang telah diberi sabun berformula lembut. Atau kamu bisa gunakan sampo bayi. Jangan gunakan deterjen atau pemutih, apalagi yang berformulasi terlalu keras karena dapat merusak bahan kain pakaian dalam.

3. Sebaiknya langsung cuci pakaian dalam sembari kamu mandi, jangan menumpuk dan merendamnya dengan pakaian yang lain

cuci pakaian dalam bisa sekalian mandi via 2cakesonaplate.files.wordpress.com

Kalau kamu termasuk cewek yang suka menumpuk pakaian dalam berbarengan dengan pakain kotor lain dalam waktu yang lama, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk itu.

Sekali lagi, ini berhubungan dengan kebersihan. Pakaian dalam kotor yang terlalu lama ditumpuk akan menjadi sarang pertumbuhan jamur dan bakteri. Sembari kamu mandi, kamu bisa kok mencuci pakaian dalam menggunakan sabun mandi. Justru cara ini dianjurkan.

4. Khusus bra, jangan mengucek dan memerasnya, karena akan merusak bentuknya

jangan kucek dan peras bra kamu! via www.silhouettelingerie.co.uk

Bra tidaklah sekotor yang orang pikirkan. Untuk mencucinya, kamu hanya perlu membiarkannya di air dingin bersabun selama beberapa menit, cukup tekan-tekan lalu peras perlahan mengikuti bentuk cup-nya. Jangan sekali-kali kamu menguceknya, ya!

Coba perhatikan pola gaya hidup dan kebersihanmu. Jika kamu cenderung melakukan aktivitas berkeringat sehari-harinya, kamu harus mencuci lebih sering daripada orang lain yang kesehariannya mungkin berada di ruang AC. Untuk pemakaian dengan tingkat keringat yang normal, kamu bisa mencuci bra setelah dua kali pakai.

5. Jika terpaksa menggunakan mesin cuci, gunakan kantong berjaring khusus pakaian dalam

gunakan kantong berjaring sebelum dimasukkan ke mesin cuci via g01.a.alicdn.com

Meski pakai mesin cuci, mencuci pakaian dalam juga nggak bisa sembarangan. Kamu bisa gunakan underwear wash bag, yakni kantong yang dirancang untuk melindungi pakaian dalam ketika dicuci di dalam mesin cuci. Bentuknya seperti kantong yang berlubang-lubang atau berjaring-jaring dan beresleting.

Ketika mencuci, gunakan kecepatan mesin cuci yang ringan. Jangan lupa pisahkan dengan baju-baju yang lain. Oiya, jangan lupa juga untuk mengaitkan bra sehingga pengaitnya tidak terkait ke mana-mana ketika sedang dalam proses pencucian.

6. Keringkan di bawah sinar matahari yang teduh, biar nggak lembab dan terhindar dari jamur

jemur di tempat teduh via aos.iacpublishinglabs.com

Mengeringkan pakaian dalam dengan menggunakan pengering mesin cuci mungkin akan lebih cepat dan nggak repot. Jeleknya, bisa merusak elastisitas. Celana dalam akan mudah rusak dan molor, bentuk cup bra bisa menyusut atau bahkan tali bra menjadi tertarik-tarik.

Nah, sebaiknya kamu menjemurnya langsung di tempat teduh supaya nggak lembab dan tumbuh jamur.

7. Pakaian dalam jangan disetrika, ya! Justru kamu akan merusak teksturnya

jangan setrika pakaian dalam kamu, ya! via cdn.shopify.com

Pakaian dalam mah.. jangan disetrika, karena judtru akan membuat teksturnya rusak. Kecuali kalau musim hujan, ketika pakaian dalam kamu nggak bisa kering sempurna, itu pun harus dengan suhu rendah.

8. Susun dengan rapi ketika menyimpan, posisikan cup bra supaya menghadap ke atas

simpan dengan benar, pastikan cup bra tetap di atas via images.takungpao.com

Cara menyimpan bra yang benar, bagian cupnya harus menghadap ke atas, jangan ditonjolkan ke dalam atau dilipat sembarangan. Cup harus tetap berjejer berdampingan dan menonjol ke depan. Jadi, jangan heran kalau bra bisa memakan tempat laci atau lemari kamu, tapi dengan begitu bentuk cup nggak akan cepat berubah. Bagian yang dilipat adalah tali dan belakangnya saja.

9. Memakai bra dengan dikaitkan di pinggang lalu diputar hanya akan membuat bra jadi tambah melar!

pakainya juga jangan kebalik-balik via lovelace-media.imgix.net

Siapa diantara kamu yang punya kebiasaan unik ini? Ternyata memakai bra dengan cara mudah bisa membuatnya cepat melar dan rusak. Untuk bra berpengait belakang, cara memakai yang benar bukan dengan dipasangkan di pinggang dan mengaitkannya di depan lalu diputar sambil di tarik ke atas. Melainkan dengan memasang bra dengan cup di depan langsung pada tempatnya, pengaitnya dipasang dari belakang.

Memang agak susah sih, apalagi kalau tanganmu pendek, ups. Tapi begitulah cara memakai bra yang benar. Kalau kamu ingin praktis, gunakan bra dengan pengait depan.

Merawat pakaian dalam ternyata nggak semudah yang dibayangkan, bukan? Tapi kalau kamu sayang badan, nggak bakal sulit dilakukan, kok.