Siapa sih yang nggak kesal dengan manuver kecoak terbang yang sulit banget ditebak? Konon, hewan yang paling banyak ditakuti cowok macho ini adalah hewan yang tingkat menyebalkannya sudah stadium akhir. Bayangkan saja jika salah satu dari mereka bertandang ke kamarmu dan kemudian terbang-terbang tak terduga di sekitar kasur, bantal, dan selimutmu. Wah, ini mimpi buruk yang jadi nyata!

Hewan yang menurut ahli sudah hidup sejak zaman dinosaurus ini memang sangat menjengkelkan. Ia bahkan sering hinggap di makanan dan membawa kotoran. Selain karena pertimbangan menakutkan, menggelikan, jijik, dan membawa penyakit, sebaiknya kecoak ini diusir segera dari rumahmu. Biar hidupmu aman, damai, dan pulas tidurmu. Nggak usah bingung caranya, Hipwee punya tips buat kamu. Simak baik-baik, ya!

1. Kebersihan adalah yang utama. Kalau ada kecoak di rumahmu, artinya sistem sanitasi beberapa sudut rumah memang kurang bersih

Yuk, bersih-bersih yuk!! via rebloggy.com

Advertisement

Kecoak hidup di beberapa tempat kotor dan penuh bakteri. Nggak heran kalau kehadirannya saja bisa menyebarkan kuman. Jika hewan ini tiba-tiba berkeliaran di rumah atau kamarmu, artinya ada yang kurang bersih dari ruanganmu. Bersih-bersih nggak ada salahnya kok. Upaya ini bisa mencegah kecoak betah dan balik lagi ke rumahmu.

2. Pastikan dulu nggak ada air yang luber dan bocor dari pipa pembuangan. Mereka datang karena ini lho!

Anti lobang-lobang club! via www.zipwater.com

Kecoak berkeliaran karena tertarik dengan makanan yang kamu tinggalkan begitu saja. Termasuk sisa makanan yang menempel di pipa wastafel, atau makanan dan cairan yang tercecer di sela meja dan rak-rak dapur. Pastikan dulu semua pipa dan lubang yang bocor ditutup rapat. Sembari kamu mengusir yang sudah terlanjur berkeliaran di rumah, cara ini bakal mencegah kecoak datang lagi.

3. Air sabun bisa membunuh kecoa lho. Kalau kamu punya hewan peliharaan lain di rumah, cara ini tergolong sangat aman

Tapi jangan keenakan begini ya, malah dibuat mandi sendiri~ via www.zipwater.com

Caranya mudah, ambil botol bekas yang memiliki kepala spray lalu masukkan sabun ke dalamnya dan rendam dengan air. Letakkan ramuan penyemprot ini di area yang mudah dijangkau sehingga ketika kecoak muncul, semprotkan langsung cairan ini ke tubuhnya. Kecoak pun bakal mati kehabisan napas. Seperti banyak serangga lain, kecoak bernapas melalui jaringan kulitnya, ketika jaringan kulit ini terpapar air sabun, kecoak bisa mati lemas.

4. Pakai cara simpel nan alami, cuma butuh potongan mentimun dan wadah aluminium!

Cukup mentimun saja yang dipotong-potong, hatiku jangan~ via www.mrswages.com

Advertisement

Potong-potong mentimun segar lalu masukkan ke sebuah wadah aluminium. Cairan mentimun yang bertemu aluminium menimbulkan bau menyengat yang bisa bikin kecoak klepek-klepek. Letakkan wadah alumunium yang berisi potongan mentimun ini di bawah wastafel, di belakang lemari pendingin, sekitar kompor, dan di belakang lemari-lemari atau rak buku. Lihat hasilnya di kemudian hari.

5. Campuran baking soda dan gula juga nggak kalah ampuhnya buat basmi kecoak

Kecoak pun dijemput ajal via lovebackyard.com

Ambil baking soda yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan kue, lalu campurkan dengan gula. Letakkan ramuan ini di sekitar kecoa berkeliaran. Gula akan menjadi umpan kecoak, sementara baking soda justru akan membunuhnya. Lihat saja berapa banyak kecoak yang kena jebakan batman karena memakan campuran gula dengan baking soda. 😀

6. Meski kamu gemas, jangan sampai injak kecoak untuk membunuhnya. Banyak resiko mengerikan di baliknya!

Kecoak merupakan serangga pemakan segala yang hidup di lingkungan kotor dan penuh kuman. Kalau kamu berniat membunuhnya, jangan bunuh dengan cara diinjak. Hal ini akan menyebabkan isi perut kecoak justru keluar dan mengotori lantai. Isi perut bisa dipastikan bukan hal yang bagus ya, sebagian berisi larva atau ulat yang membawa banyak sekali penyakit sehingga akan sangat bahaya kalau mengenai kulit manusia. Akan lebih bijak jika kamu menyemprotkan cairan anti serangga dan menunggu hewan pengganggu ini mati keracunan.

7. Kalau kamu terlanjur ingin berhadapan langsung dengan sang kecoak, jebak mereka untuk masuk botol kaca

Ucapkan selamat tinggal, sayang~ via jessaiduk.blogspot.com

Pada dasarnya, kecoak memang hewan yang mudah dijebak. Meskipun fungsi pertahanan mereka untuk hidup sangat luar biasa, seperti mampu bertahan berhari-hari tanpa kepala, hingga bisa tahan tanpa oksigen beberapa jam. Tapi kecoak punya banyak banget kelemahan, termasuk terhadap jebakan yang dibuat manusia.

Kamu hanya perlu botol kaca yang terbuka, taburkan kopi atau bahan makanan manis seperti gula ke dalam botol. Letakkan botol itu di sekitar tempat kongko kecoak, lalu tunggu mereka memasuki botolnya. Kalau sudah masuk, tinggal tutup botolnya.

Dengan begitu, kamu bisa langsung membunuh kecoak-kecoak dengan air sabun, atau barangkali memaki-maki mereka dulu biar puas. 😀 Bisa juga langsung dibuang kok kalau kamu nggak ingin membunuh serangga.

Setelah kamu baca artikel ini, coba langsung praktikkan tips ini di rumah, ya! Semoga saja nggak akan ada lagi kejar-kejaran dengan kecoa terbang dan teriak histeris karenanya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya