Semua benda berbahan jeans memang sebaiknya nggak usah dicuci, biar awet dan warnanya nggak pudar.

Pernah kah kamu mendengar kalimat tadi di keseharianmu? Jika pernah, Hipwee Tips pun setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa celana jeans akan lebih awet jika tak keseringan dicuci. Bukan berarti jorok atau apa, ini justru akan membantumu berhemat karena tak harus beli celana jeans berkali-kali.

Advertisement

Tapi, adakah cara lain merawat celana jeans selain dicuci? Jawabannya, ada! Nggak percaya? Ini nih buktinya…

1.Tanpa air dan matahari,  freezer bisa membuat jeansmu segar dan bersih lagi

Masukin kulkas dulu via lifescandyjar.com

Lipat jeans kamu dengan rapi lalu letakkan di dalam tas (zip lock bag) lalu masukkan tas ke dalam freezer. Proses pembersihan ini tidak akan menghapus noda tapi katanya bisa membunuh organisme hidup yang ada di dalamnya. Jadi, jeansmu bisa terasa segar dan bersih kembali deh!

2. Jangan pernah sepelekan cuka yang bisa membuat jeansmu bersih tanpa pudar warnanya

Direndam ya via kaufmann-mercantile.com

Rendam celanamu dalam air dingin dan satu cangkir cuka putih selama jam. Ingat cuma direndam ya, buka dicuci. Gantung sampai kering dan nggak perlu khawatir dengan baunya. Saat sudah kering nanti bau cukanya akan hilang, kok! Teknik ini akan menjaga warna jeansmu agar tidak pudar.

3. Buat yang mandinya kebetulan pakai shower dan air hangat, bisa tuh gantung jeansmu sekalian di sana

Gantung tapi jangan kena airnya via alittlewifeshappylife.blogspot.com

Advertisement

Cara ini sangat mudah dan cepat, kamu cukup menggantung jeansmu selama kamu mandi air hangat dengan shower. Tenang, uap air dari shower ini tidak akan membuat kain jeansmu bengkak. Hasilnya nanti akan jeansmu bisa berbau seperti baru, lho. Mau nyoba?

4. Ketika siang hari kebetulan sedang cerah, saatnya gantung jeansmu agar baunya tak lagi merekah

Saat cuaca di luar sedang cerah, cobalah untuk menggantung jeansmu di luar. Sinar matahari dapat menghilangkan bau tapi juga dapat memudarkan warna. So, hati-hati ketika menjemur, jangan sampai terlalu kepanasan. Aroma jeansmu akan kembali “sedap” setelah dijemur di bawah matahari.

5. Noda-noda bandel di jeans-mu akan hilang seketika, kalau kamu pakai sikat gigi dan baking soda

Disikat pelan-pelan via wikihow.com

Campurkan baking soda dan air menjadi pasta lalu oleskan pada bagian yang harum. Biarkan hingga kering benar lalu sikat dengan pelan. Atau, masukkan jeans ke dalam kantong plastik dan tambahkan setengah cangkir baking soda, ikat lalu kocok selama 10 menit. Setelah itu bersihkan baking sodanya. Gampang banget!

6. Nggak cuma segar dan enak diminum, jus lemon juga jago bersihin jeans

Lemon juga harus dipakai via inhabitat.com

Kalau sudah ada yang disediakan oleh alam kenapa masih pakai bahan kimia?

Cukup campurkan jus lemon dan air, lalu gosokkan pada bagian yang terkena noda atau menurutmu berbau. Setelah itu gantung hingga jeansmu kembali mengering.

7. Berkat kandungan khususnya, kopi juga bisa menyerap bau pada jeans-mu. Cukup semalam, tampilan jeans-mu takkan lagi kusam!

Avakadavraaaa… via bloglovin.com

Tahukah kamu kalau kopi bisa bekerja seperti sihir saat harus menyerap bau yang tidak sedap termasuk pada jeansmu. Letakkan semangkuk kopi dalam laci dan tempatkan jeansmu di sana juga. Atau masukkan jeans dalam kantong kertas dan campurkan kopi di dalamnya semalaman tanpa dikocok.

Jadi udah nggak mau repot-repot nyuci jeansmu lagi ‘kan kalau tahu cara-cara ini? Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya