“Habis manis sepah dibuang. Habis kopi ampas dibuang.”

Kenyataan banget sih, kita cenderung membuang sesuatu yang kita rasa sudah nggak bermanfaat atau sudah nggak bernilai lagi. Begitu juga dengan kopi, sehabis kita menikmati sensasi pahitnya kopi, kita bakal menyisakan ampas kopi lalu membuangnya begitu saja.

Stop kebiasaan ini, karena ternyata ampas kopi masih punya berbagai manfaat yang sangat berguna bagi kita. Mulai dari mengusir binatang hingga perawatan kecantikan. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak sama-sama!

1. Usir tamu-tamu tak diundang (baca: semut, lintah, siput, dan kawan-kawan) dari rumahmu dengan taburan kopi di daerah yang sering mereka lewati.

tabur kopi di sudut tembok kalau kamu nggak mau lihat pemandangan ini via www.obsidianphotos.com

Tembok kamu sering jadi jalan para siput dan lintah? Atau meja kamu sering dikerubuti semut? Kamu bisa pakai ampas kopi untuk mengusir mereka. Caranya dengan menaburkan ampas kopi di daerah yang kira-kira sering dilewati musuh-musuhmu ini.

2. Ampas kopi ternyata disukai cacing. Maka, manfaatkan ampas kopi untuk mengundang cacing tanah yang akan menyuburkan kebunmu.

Advertisement

bisa jadi pupuk via patshunts2002.wordpress.com

Tahukah kamu, ternyata cacing suka dengan ampas kopi? Nah, kamu bisa ambil kesempatan ini. Kalau kamu punya kebun, kamu bisa undang para cacing buat menggemburkan tanah dengan menaburkan ampas kopi di sekitar tanaman. Hampir sama layaknya pupuk lho!

3. Benci melihat kucing yang berkeliaran atau bahkan mencuri makanan di rumahmu? Usir saja dengan taburan ampas kopi yang dicampur kulit jeruk!

biar nggak ada kucing nakal lagi di rumahmu via patricktillett.blogspot.co.id

Kucing memang binatang yang menggemaskan, tapi seringkali dia bikin ulah. Terkadang dia masuk rumah kamu tanpa permisi, mencuri makanan dan sebagainya. Nah, kamu bisa taburkan ampas kopi di daerah yang sering dilewati kucing. Biar makin manjur, tambahkan saja kulit jeruk. Dijamin kucing nggak bakal lewat-lewat lagi.

4. Siapa sih yang nggak benci sama kecoa? Karena kecoa menyukai aroma kopi, yuk bikin perangkap kecoa dengan memanfaatkan ampas kopi dan double tape!

salah dia sendiri suka kopi, bikin perangkap yuk via www.flickr.com

Kamu suka kopi, kamu nggak suka kecoa. Kecoa suka kopi, kecoa nggak suka kamu. Kalian sama deh. Nah, karena mereka suka kopi, kamu bisa bikin jebakan. Caranya gampang kok. Kamu pasang aja ampas kopi sebagai umpan. Dijamin kecoa bakal berdatangan. Nah, di sekeliling ampas kopi itu, kamu pasang aja double tape yang punya daya rekat tinggi. Begitu mereka menginjak double tape, mereka nggak bisa ke mana-mana lagi.

5. Selesai memasak, cuci tanganmu dengan ampas kopi agar bau amis ikan atau bau bawang nggak menempel di tangan.

gampang kan? via www.aikanekonacoffee.com

Bau amis atau bau bawang yang menempel di tangan terkadang bikin nggak PEDE. Tenang, kamu bisa hilangkan bau itu dengan mencuci tanganmu menggunakan ampas kopi dan sabun.

6. Saat aroma kulkasmu udah nggak karuan, letakkan segelas ampas kopi di dalam kulkas untuk menyerap semua aroma tak sedap itu.

nggak kepikiran kan? via www.thesitsgirls.com

Karena sifatnya yang menyerap bau, kamu bisa juga pakai ampas kopi untuk menyerap bau aneh di dalam kulkas kamu. Dengan begini, kamu nggak perlu lagi khawatir air dalam kulkas kamu rasanya aneh.

7. Ampas kopi ternyata mengandung warna sepia, kamu bisa pakai ini untuk mewarnai atau menggambar sesuatu lho!

bikin lukisan cakep dari kopi via food.ndtv.com

Oh, speechless deh!

FYI, warnanya yang seperti kayu ini bisa kamu pakai untuk menutupi lecet di furniture. Sederhana banget ‘kan? Cukup pakai ampas kopi saja lho!

8. Ingin rambut kamu makin gelap dan berkilau, gunakan ampas kopi saat keramas. Nah, nggak kepikiran ‘kan?

langsung pakai buat keramas atau dicampur sama shampoo via www.wikihow.com

Kalau kamu pengen punya rambut yang berkilau, atau kamu ingin sekadar menggelapkan rambut, kamu bisa pakai ampas kopi. Alasannya sama sih, kopi bisa memberi warna, termasuk rambut kamu. Kamu bisa pakai secara langsung atau mencampurkannya dengan shampoo saat keramas.

9. Ternyata kopi nggak cuma bikin kamu melek aja. Ampas kopi bisa membantu menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilanmu.

dadah kantung mata via diymakeup.com

Nggak kepikiran ‘kan kalau ternyata ampas kopi juga bisa menghilangkan kantung mata kamu. Setelah melek meneguk secangkir kopi, sekarang giliran kulit kamu yang melek menikmati manfaat ampas kopi.

10. Nggak puas hanya kantung mata aja yang dimaskerin? Kamu bisa bikin masker buat ngempesin pipimu yang terlalu chubby.

biar kulit halus dan pipi nggak chubby banget via www.thisrawsomeveganlife.com

Kalau menghilangkan kantung mata masih dirasa kurang, kamu bisa juga kok pakai ampas kopi sebagai masker. Masker dari ampas kopi bermanfaat banget buat menghaluskan kulit wajah. Selain itu ampas kopi juga bisa mengamplas pipi kamu yang terlalu chubby.

11. Nggak cuma muka aja, tubuhmu juga bisa dilulurin pakai ampas kopi + minyak kelapa biar makin halus.

biar kulit kamu makin halus via steptohealth.com

Masih belum puas kalau wajah kamu aja yang dapat perawatan? Oke, bikin aja lulur dari ampas kopi. Resepnya gampang, ambil aja ampas kopi kamu, tambahkan gula dan garam secukupnya, dan tambahkan minyak kelapa. Campur semua resep itu, lalu pakai sebagai lulur saat kamu mandi. Dijamin kulit kamu bakal makin lembut deh!

Gimana? Sudah berniat untuk mencoba? Semoga tips-tips ini bermanfaat buat kamu, ya! 🙂