Sebagai cewek, pastinya nggak bakal jauh-jauh dari yang namanya kosmetik demi mendapatkan penampilan wajah yang lebih rupawan. Biasanya kamu tergiur untuk membeli dan menggunakan produk kecantikan impor yang punya merk bagus. Nggak peduli produk tersebut cocok untuk jenis wajah mereka atau sesuai dengan isi kantongnya. Sehingga makin banyak kosmetik abal-abal beredar, baik yang dijual di pasaran maupun online.

Biar kamu nggak kecewa, terapkan tips untuk membedakan kosmetik yang asli dan yang palsu berikut ini…

1. Cek identitas penjual. Jika bukan distributor resmi, bisa jadi itu kosmetik abal-abal

biasanya pakai embel-embel kayagini nih.. via 3.bp.blogspot.com

Carilah online shop yang memang menjual 100% kosmetik yang original, bukan dengan embel-embel ori Singapura, ori Thailand, atau yang lainnya.

Sebelum membeli kosmetik incaranmu, baiknya kamu cek terlebih dahulu apakah si penjual adalah distributor resmi atau bukan. Jika kamu mencarinya via online, kamu akan banyak menemukan online shop yang menjual produk kecantikan yang sama. Teliti terlebih dahulu, pastikan kamu membeli kosmetik yang dijual oleh distributor resmi agar kamu terhindar dari ancaman kosmetik palsu.

2. Beberapa kosmetik mengandung zat berbahaya, pelajari dulu kandungan produk kosmetik yang aman untuk dipakai

Advertisement

hindari kosmetik yang mengandung zat berbahaya via beauty-zone.org

Jika kamu menemukan zat-zat seperti hidrokinon, merkuri, retinoat, raksa dan resorsinol, jangan sekali-kali membelinya!

Jangan cuma menggunakannya, kamu juga wajib tahu apa saja zat yang terkandung dalam produk kecantikan. Kosmetik yang asli biasanya aman dan nggak mengandung zat-zat berbahaya bagi penggunanya. Sebagai konsumen, kamu harus teliti terhadap label kandungan yang terdapat pada produk kecantikan.

Hindari produk yang mengandung zat berbahaya karena bisa berakibat iritasi, kerusakan organ dalam bahkan syaraf. Ih, ngeri!

3. Kenali produk kosmetik mulai dari penulisan nama hingga kemasannya. Bila perlu, bandingkan dengan yang ada di web aslinya!

teliti kemasan dan nama produknya via www.lips-n-eyes.com

Jika kamu memang konsumen setia produk kosmetik kesayanganmu, harusnya kamu tahu persis bagaimana karakter produk tersebut jika dilihat secara kasat mata. Cek terlebih dahulu produk tersebut di web aslinya, perhatikan bagaimana kemasan dan penulisan yang benar dari produk yang asli. Jika berbeda, maka sudah jelas produk tersebut adalah PALSU.

4. Produk asli pasti mencantumkan kode ijin edar dan tanggal kadaluarsa. Produk incaranmu gimana?

cek label ijin edar dan tanggal kadaluarsanya via 1.bp.blogspot.com

Selain mengecek langsung pada kemasan produk, kamu bisa mengecek langsung di situs BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk mengetahui apakah sebuah merk produk kosmetik punya kode izin edar atau tidak. Jangan lupa untuk mengecek pula tanggal kadaluarsanya. Jika kamu nggak menemukan kode ijin edar atau tanggal kadaluarsa pada produk kosmetik incaranmu, mending urungkan niat untuk membelinya, ya!

5. Jangan tergiur harganya yang murah, justru kamu harus mencurigainya

murah bukan berarti bagus kualitasnya via thecambelles.com

Jangan keburu tertipu dengan harga murah dengan alasan apapun. Karena harganya nggak akan jauh berbeda dengan aslinya, entah itu alasannya nggak akan diproduksi lagi atau sedang promo besar-besaran. Apalagi jika harganya di bawah separuh harga normal, sudah pasti produk tersebut adalah ABAL-ABAL!

6. Perhatikan jumlah produk yang dijual, kosmetik asli nggak akan jual lusinan

hindari juga kosmetik yang dijual partai besar via 2.bp.blogspot.com

Coba telusuri, berapa banyak jumlah produk yang penjual sediakan? Jika ketahuan bahwa produk yang ditawarkan unlimited tapi ternyata si penjual punya banyak stok, waspadalah bahwa produk tersebut produk palsu atau KW. Satu lagi hal yang paling mencurigakan dan terlihat bahwa itu kosmetik palsu adalah dijual lusinan, padahal kosmetik asli biasanya dijual satuan.

7. Waspada produk limited edition atau diskontinyu, bisa jadi produk itu juga palsu

Jika kamu nggak pernah lihat suatu produk kosmetik diiklankan di media apalagi wujud aslinya, lalu tiba-tiba ada seorang penjual menawarkannya secara online, tanyakan dengan detail tentang produk tersebut. Kalau si penjual bilang bahwa produk tersebut diskontinyu atau limited edition, udah gitu nggak dijual di tempat lain, ketahuilah bahwa produk tersebut 80% palsu.

8. Atau, kamu bisa cek dari testimoni konsumen, sesama konsumen nggak akan menyesatkan

perhatikan testimoni konsumen terkait produk via 1.bp.blogspot.com

Terakhir, sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk kosmetik terutama via online, baca dan telusuri testimoninya. Temukan apakah pernah ada konsumen yang komplain bahwa produknya palsu atau nggak ori. Testimoni konsumen bisa kamu percaya, karena nasibnya sama sepertimu.

Faktanya, sudah banyak kosmetik palsu dijual kiloan tanpa menyertakan izin edar, sekaligus mengabaikan tanggal kadaluarsa

cream muka dijual kiloan??? via xiaovee.com

Akibatnya, kondisi wajah atau anggota tubuh lainnya jadi rusak parah. Begini contohnya…

akibat kosmetik abal-abal 1 via ikakyungsoo12.blogspot.com

akibat kosmetik abal-abal 2 via tipscaraterbaik.com

akibat kosmetik abal-abal 3 via warungkopi.okezone.com

Hiiii…. syereeeem! 🙁

Kalau kamu kurang teliti, jangan salahkan kosmetiknya tapi dirimu sendiri. Apa salahnya sih jadi pribadi yang lebih jeli dan hati-hati? So, semoga tips ini membantu ya, Ladies!