Hampir semua orang pernah bermasalah dengan yang namanya jerawat. Meskipun terlihat sepele, jerawat itu penyakit kulit yang menyebalkan. Setiap bulan pasti ada aja yang muncul di pipi, kening, dagu, atau dimana aja sesuka hatinya. Dan yang makin bikin sebel adalah ketika si jerawat ini datangnya main keroyokan, alias banyak banget!

Meskipun ada banyak cara buat mengobati jerawat, tetap aja makhluk satu itu masih sering banget nongol di wajah kita. Tapi kita nggak harus nunggu sampai mereka nongol kok. Kita bisa mencegahnya sebelum mampir ke wajah kita.

Nah, kalau memang niat mencegah timbulnya jerawat, kamu harus melakukan perubahan gaya hidup. Perubahan macam apa sih? Simak di bawah ini guys!

1. Tidur yang cukup dan teratur

Tidur yang cukup dan jangan begadang via www.wattpad.com

Risiko stres akan naik 14% untuk setiap jam kita begadang, sementara stres bisa menyebabkan jerawat. Sonia Badreshia-Bansal, seorang dermatologis di Danville, California mengungkapkan, “Stres dapat meningkatkan produksi glukokortikoid yang dapat menyebabkan kelainan pada struktur dan fungsi kulit. Ini dapat memicu dan memperburuk kondisi kulit yang sedang berjerawat.” Jadi kalau kamu punya kebiasaan begadang, jangan heran kalau ada banyak jerawat di wajahmu (terutama di dahi).

Advertisement

Tidur dan beristirahatlah yang cukup. Kalau kamu orangnya susah tidur, coba untuk mengatur suhu kamarmu menjadi sekitar 18-23 derajat Celsius. Suhu tubuh yang dingin bisa membuat kita lebih mudah tertidur.

2. Kurangi konsumsi gula

Kurangi konsumsi gula via www.teenkidsnews.com

Makanan yang bisa meningkatkan dan memperparah timbulnya jerawat adalah makanan yang memiliki indeks glisemik yang tinggi. Indeks glisemik adalah “ranking” sebuah makanan berdasarkan efeknya terhadap kadar glukosa dalam darah.

Nah, makanan yang menyebabkan glukosa darah meningkat pesat bisa memicu dorongan insulin dalam darah. Kelebihan kadar insulin dalam aliran darah bisa menyebabkan kelenjar minyak dalam kulit jadi terlalu aktif. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi diet rendah glisemik, seperti gandum, kacang-kacangan, dan sayuran terbukti memiliki  lebih sedikit jerawat.

3. Bersihkan Keringat Hasil Olahraga

Keringat hasil olahraga bikin iritasi kulit via www.freenet.de

Olahraga bisa bikin kita lebih bugar, mengurangi risiko stres, mengatur kadar hormon dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi yang menyalurkan banyak oksigen ke sel-sel kulit dan pastinya meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Tapi ada hal kecil yang kita lewatkan dari sini. Tahukah kalau keringat dari berolahraga ternyata dapat menyebabkan iritasi kulit, sehingga bisa memicu timbulnya jerawat? Kalau kamu punya jerawat yang timbul di punggung, perut, atau dada, mungkin keringat akibat olahraga ini adalah salah satu penyebabnya. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk segera mandi dan mencuci bersih baju olahragamu.

4. Jangan Malas Minum Air Putih

Air putih membersihkan racun yang ada di dalam tubuh via holadoctor.com

Semua orang juga udah tau kalau air putih itu punya banyak banget khasiat buat kesehatan. Tapi nyatanya masih ada juga sebagian dari kita yang males buat minum air putih. Padahal, sesehat-sehatnya jus atau smoothies, air putih adalah minuman yang paling dibutuhkan tubuh.

Para peneliti dari Missouri, Amerika Serikat, menemukan bukti bahwa minum 2 gelas air putih dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan kulit. Tubuh kita butuh air putih untuk menetralisir racun dan limbah hasil metabolisme tubuh.  Ketika sistem kekebalan tubuh kita melemah, tubuh kita nggak cukup kuat buat melawan racun-racun itu. Tingkat racun di dalam tubuh kita pun semakin banyak, dan sistem detoksifikasi kita juga menurun. Inilah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

5.  Pakai Tabir Surya Yang Ada SPF-nya

Pakai pelembab yang ada SPF-nya via seaning.diandian.com

Beberapa dari kita pasti ada yang malas untuk menggunakan pelembab kulit yang mengandung SPF. Pelembab yang mengandung SPF memang kadang terasa lengket di kulit dan kurang nyaman.

Padahal, pelembab kulit yang mengandung SPF berfungsi untuk melindungi kulit kita dari sengatan terik matahari yang bisa membuat kulit kita terbakar (sunburnt). Kulit yang terbakar ini bisa memicu peradangan pada pori-pori kulit, dan membuat luka jerawat yang sudah ada mengalami peradangan juga. Kamu yang berkulit sensitif wajib pakai SPF.

Kalau kulitmu termasuk kulit berminyak, kamu bisa memakai tabir surya yang ringan. Bacalah kandungan yang terdapat di dalamnya, dan carilah yang mengandung avobenzone, oxybenzone, metoksisinamat, atau octocyclene. Cari juga yang memiliki label non komedogenik, alias tidak menyumbat pori-pori kulit.

6. Konsumsi makanan yang mengandung Omega 3

konsumsi makanan yang mengandung omega 3 via www.kitchenbug.com

Asam lemak Omega 3 udah terkenal punya banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang mampu mengontrol produksi leukotrien B4, sebuah molekul yang dapat memicu sebum penyebab peradangan jerawat.

Omega 3 sangat banyak manfaatnya bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan setiap harinya. Asam lemak ini bisa didapat dari makanan seperti ikan salmon, kenari, alpukat, minyak biji rami dan walnut.

7. Cuci muka saat pagi dan malam hari

Cuci muka minimal sehari dua kali via www.stilenaturale.com

Wajah adalah bagian dari tubuh kita yang memiliki kelenjar minyak lebih banyak daripada bagian tubuh yang lain. Itulah kenapa kita sering mendapati wajah kita berminyak. Selain itu, wajah kita hampir setiap hari terkena makeup, keringat, asap, debu, dan kotoran. Keadaan inilah yang menyebabkan pori-pori kulit wajah jadi tertutup dan tersumbat, yang kemudian melancarkan jalan bagi komedo dan jerawat.

Jadi penting banget bagi kita untuk membersihkan wajah kita dengan benar. Cuci muka setidaknya 2 kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur. Usahakan menggunakan pembersih muka yang punya label non komedogenik.

8. Bersihkan wajah menggunakan scrub

Rajin bersihin wajah pakai scrub via civilai.com

Nggak cuma kulit wajah berminyak doang yang berpotensi untuk jadi lahan subur jerawat. Kulit wajah yang terlalu kering juga bisa timbul jerawat. Kulit yang kering memiliki celah-celah kecil yang bisa jadi sarang kuman untuk berkembang biak. Pengelupasan kulit yang berlebihan juga dapat membuat pori-pori tersumbat.

Untuk mengatasi problem ini, kita bisa melakukan perawatan sederhana pada wajah kita. Cukup gunakan scrub wajah untuk membersihkan wajah kita, lalu lembabkan wajah dengan pelembab non komedogenik.

9. Bersihkan Ponselmu Juga

Bersihkan permukaan ponselmu via www.costaneracenter.cl

Ponsel mungkin adalah barang pribadi yang paling kamu sayangi. Hampir setiap waktu ponsel nggak bisa lepas dari genggaman kita. Tapi ponsel adalah tempat berkumpulnya ribuan bakteri.

Kita sering menempelkannya pada wajah kita saat sedang menelpon dan menggenggam permukaan ponsel yang menjadi sarang kuman. otomatis kuman-kuman itu akan berpindah ke wajah.

Untuk mencegah hal ini terjadi, rajin-rajinlah untuk membersihkan ponsel. Setidaknya ini cukup efektif untuk mencegah kuman-kuman bersarang di ponsel kita.

10. Cuci muka setelah pakai produk perawatan rambut

Cuci muka setelah pakai produk perawatan rambut via www.visualphotos.com

Jerawat yang muncul di muka kita juga bisa disebabkan oleh produk-produk perawatan rambut yang kita pakai loh, seperti minyak rambut, kondisioner, sampo, dan hairspray. Minyak-minyak yang terkandung dalam produk-produk tersebut bisa meresap ke dalam kulit wajah yang berada di sekitar garis rambut. Minyak dari produk-produk itu juga bisa jadi menutup pori-pori kulit, sehingga terjadi peradangan dan timbullah jerawat.

Untuk menyiasatinya, gunakanlah produk perawatan rambutmu dulu, dan setelah itu cucilah wajahmu sampai bersih!

Nah, itu tadi beberapa cara sederhana untuk mencegah timbulnya jerawat pada muka dan badan kita. Jerawat memang masalah klasik yang sampai sekarang masih jadi musuh besar kita. Tapi, kalau kita mau mencoba mempraktikkan cara-cara di atas, kemungkinan besar kita jadi lebih tahu bagaimana cara yang ampuh untuk mencegah supaya jerawat nggak sering-sering  menyambangi muka kita lagi. Selamat mencoba ya guys!