7 Tanaman Hias Jenis Anthurium yang Kaya Manfaat. Cantik-cantik Semua!

Jenis anthurium

Popularitas tanaman hias meningkat pesat sejak pandemi covid-19. Banyak orang yang mengisi waktu selama di rumah aja dengan berkebun dan merawat tanaman hias. Salah satunya tanaman dari keluarga araceae, yakni jenis anthurium. Tanaman hias jenis anthurium memang begitu digandrungi banyak orang karena memiliki keindahan warna bunga dan bentuk daun yang beragam.

Advertisement

Jenis Anthurium ini cocok dijadikan tanaman indoor untuk mempercantik ruangan. Selain karena keindahannya, beberapa jenis tanaman ini memiliki banyak manfaat lo. Mulai dari membersihkan udara hingga bermanfaat untuk kesehatan dan menyembuhkan luka. Nggak heran jika tanaman jenis anthurium memiliki harga yang cukup variatif, mulai dari puluhan ribu hingga ada yang jutaan. Penasaran dengan jenis-jenis anthurium, ciri-ciri, hingga manfaatnya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Jenis Anthurium crystallinum atau kuping gajah bisa untuk menyembuhkan penyakit kulit

jenis anthurium kuping gajah

Anthurium crystallinum | Credit by dinkum on commons wikimedia

Sesuai namanya, jenis Anthurium crystallinum ini berbentuk seperti kuping gajah. Sekilas, tanaman ini mirip dengan tanaman keladi. Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berwarna hijau tua dengan urat hijau muda keputih-putihan. Selain sebagai tanaman hias, jenis anthurium kuping gajah ini ternyata bisa menyembuhkan penyakit kulit lo.

Caranya cukup sederhana, haluskan daun kuping gajah, lalu balurkan pada area yang ingin diobati, diamkan hingga kering. Kandungan saponin, flavonida, dan tanin pada daun kuping gajah memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

Advertisement

2. Jenis anthurium corong mampu mengurangi racun benzena, trichlorethylene dan racun formaldehyde di dalam ruangan

jenis anthurium corong

Anthurium corong atau anthurium brownii | Credit by Pixabay

Anthurium corong memiliki bentuk daun yang hampir mirip seperti kuping gajah, hanya saja pada jenis ini nggak memiliki tulang daun yang berwarna mencolok. Selain itu, sudut-sudut di pangkal daunnya lebih dalam dan bagian tepinya bergelombang, sehingga berbentuk seperti corong. Anthurium jenis ini memiliki beberapa variasi warna, ada yang hijau, oren, dan merah.

Selain sebagai tanaman hias, anthurium corong ini bisa menyaring racun udara seperti benzena, trichlorethylene, dan racun formaldehyde. Kemampuan ‘ajaib’ tersebut membuat anthurium jenis ini paling cocok diletakkan di dalam kamar tidur.

3. Gelombang cinta yang memiliki daun lebar efektif untuk menyegarkan udara di dalam ruangan

Advertisement
jenis anthurium gelombang cinta

Gelombang cinta atau anthurium plowmanii | Credit by Mikkie on commons wikimedia

Gelombang cinta merupakan salah satu jenis anthurium yang banyak tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bahkan jenis anthurium ini sudah populer di kalangan pecinta tanaman hias Indonesia sejak tahun 2005. Daunnya yang lebar, dan bagian tepinya yang bergelombang, membuat gelombang cinta terlihat cukup unik dan cocok dijadikan penghias ruangan.

Selain itu, daunnya yang hijau, lebar dan bergerombol mampu memproduksi menghasilkan udara yang sejuk dan dapat digunakan sebagai pendingin ruangan alami. Tanaman ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara yang sulit dijangkau di dalam ruangan.

4. Jenis anthurium keris dapat membantu proses relaksasi, dan  menghilangkan stres. Cocok untuk teman meditasi di dalam ruangan

jenis anthurium keris

Anthurium keris hitam | Credit by commons wikimedia

Anthurium memiliki daun yang ramping yang memanjang, dengan tepian bergelombang mirip keris. Jenis anthurium keris ini memiliki beberapa varian warna yakni hijau, ungu, dan merah. Pada beberapa jenis memiliki aroma yang menyegarkan. Warna dan aroma tersebut bisa membantu efek relaksasi pada tubuh sehingga menjadikan tubuh terasa ringan, rileks dan menghilangkan stres.

5. Anthurium andraeanum, jenis anthurium bunga yang efektif untuk menghilangkan amonia yang ada di udara

jenis anthurium

anthurium andraenum | Credit by Falco on pixabay

Jenis anthurium andraeanum merupakan spesies tanaman berbunga yang asli dari Kolombia dan Ekuador. Jenis anthurium ini salah satu tanaman hias yang terdaftar di NASA Clean Air Study di mana jenis anthurium ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan formaldehida, xylene, toluene, serta amonia yang ada di udara. Tanaman ini paling cocok ditaruh di ruang kerja atau sudut-sudut ruang dekat dengan perabot elektronik seperti komputer dan televisi.

6. Flamingo lily atau jenis anthurium scherzerianum biasa digunakan untuk pengharum tembakau

Jenis anthurium flamingo

| Credit by JJ Horrison on commons wikimedia

Jenis anthurium ini sekilas mirip dengan jenis anthurium andraeanum. Bedanya, bagian seludang pada anthurium flamingo ini mengkelung ke dalam. Tanaman hias yang masuk dalam jenis anthurium bunga ini memiliki beragam warna mencolok dengan lapisan lilin di bagian mahkota bunganya. Warnanya yang cantik dan bisa bertahan lama di dalam ruangan, membuat anthurium jenis ini paling cocok dijadikan tanaman indoor.

Selain keindahannya, ternyata tanaman ini juga digunakan secara tradisional dalam pengobatan atau untuk mengharumkan tembakau.

7. Beberapa jenis anthurium bunga yang memiliki aroma menyegarkan, cocok untuk hiasan dan pengharum ruangan

jenis anthurium

Midori, Jose, Fugo | Credit by Pixabay

Sebagian jenis anthurium yang memiliki bunga masuk dalam jenis andraeanum dan memiliki berbagai macam jenis. Beberapa di antaranya memiliki warna yang cantik dan aroma yang menyegarkan. Anthurium bunga ini pun sering dijadikan sebagai bunga potong atau sekadar hiasan di dalam ruang. Beberapa di antaranya yakni anthurium midori, anthurium jose, anthurium fugo. ketiga jenis anthurium bunga ini memang memiliki bentuk yang sama, hanya warnanya yang berbeda.

Nah, itulah beberapa tanaman jenis anthurium yang punya banyak manfaat. Selain bentuknya yang unik, warnanya yang beragam dan bisa untuk mempercantik ruangan, bisa juga untuk pembersih udara. Kamu bisa meletakkan jenis anthurium di atas sesuai kebutuhan dan desain ruangan, supaya tambah cantik dan makin segar udaranya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE